Skip to main content

Posts

Showing posts from April, 2017

Berkirim Kabar ke Belahan Dunia Lain Part 2

Di postingan sebelumnya saya bercerita tentang keinginan untuk bisa mendapatkan postcard yang datangnya dari luar negeri. Ceritaku bisa diliat disini. Dan kemudian karena keinginan itu, aku akhirnya menemukan sebuah hobbi baru yang begitu menyenangkan. Namanya SnailMailing with Penpals. Kalau bahasa indonesianya berarti kirim-kiriman surat dengan sahabat pena (*ini arti yang gue buat sendiri). 

Kalau berbicara mengenai sahabat pena, istilah itu sempat sangat booming di tahun 1985. Sangking booming nya, istilah sahabat pena ini ada lagunya loh. Dinyanyikan oleh Boy Sandi berjudul Sahabat Pena. Pada masa itu, istilah sahabat pena memang memiliki gambaran kuat tentang tren anak-anak muda kala itu. Jangan tanya saya bagaimana rasanya kirim-kiriman surat dimasa itu, karena saya sendiri lahirnya tahun 90-an. Dulu zaman saya masih SD kira-kira tahun 2000-an, istilah sahabat pena pernah kubaca di Majalah Bobo. Kala itu aku masih gak tertarik untuk menulis surat. Secara... nulis karangan pas li…

Menulislah.. agar kenangan indah itu tak hilang oleh zaman

Beberapa waktu lalu, aku gabung dengan komunitas blogger. Berharap aku juga bisa seperti blogger-blogger kethje yang ada disana. Berharap juga agar salah satu resolusi ku untuk menulis lebih banyak dari tahun lalu bisa tercapai. 
Dan karena gabung dengan komunitas itu, aku mulai meng add beberapa akun facebook orang-orang yang juga memiliki minat yang sama denganku, yaitu ngeblog. Aku juga mulai memberanikan diri untuk share tulisan walaupun aku tak yakin ada yang membacanya. Hahaha. Aku juga mulai memberi comment di beberapa postingan blog saat Blogwalking. Hingga suatu hari salah satu teman FB bertanya di status nya "Disini berasal dari daerah mana aja?" Lalu aku pun ikut memberi comment disitu. Ku katakan kalo aku berasal dari Kota Makassar. Lalu si yang Punya FB bertanya "Mbak Blogger juga?" dan tiba-tiba aku terdiam sesaat, bingung mau jawab apa. Sebenarnya jawabannya cuma dua iya ato tidak. Tetapi aku bingung sendiri, kalau jawab iya berarti aku kepedeaan mela…

Review Buku Habiskan Saja Gajimu

Judul Buku           : Habiskan Saja Gajimu Penulis                 : Ahmad Gozali Penerbit               : Trans Media Pustaka Cetakan                : Keempat, 2016 Tebal                    : 194 Halaman ISBN                      : (13) 978-602-1036-10-5
       Sebuah buku keren yang berbicara masalah keuangan baru saja menjadi penghuni baru kamarku. Judul bukunya, "Habiskan Saja Gajimu". Kubeli beberapa waktu lalu. Covernya cool dengan dominasi warna hitam dan line Orange. Waktu melihatnya pertama kali, saya langsung jatuh hati padanya dan berpikir kalo kayaknya saya membutuhkan buku ini. Soalnya saya tipe karyawan dengan Gaji Dua Belas Koma. Yang Artinya tanggal Dua Belas, yang tersisa di ATM tinggal komanya aja. Yang Lainnya gak tau kemana T_T hahahaha. Buku dengan ketebalan hampir dua ratus halaman ini saya habiskan dengan membacanya satu kali duduk. Tidak memakan waktu lama, hanya sekitar dua jam. Pembahasannya tidak rumit. Sangat jelas dan sangat mudah dimengerti. Cuma pen…

Jalan-Jalan ke Losari dengan Go-Car

Weekend dan Hari Libur itu selalu istimewa buat pekerja sepertiku. itu menjadi hal yang paling kutunggu-tunggu setelah gajian, hahahah. Padahal dulunya, waktu masih berstatus pengangguran pasca kuliah, aku lumutan di rumah gara-gara bingung nggak tau mau ngapain. Waktu itu aku berdoa semoga bisa segera mendapatkan pekerjaan. Terus bisa ngerasain kerja di ruangan Ber AC. Ngerasain berangkat dari pagi terus pulang sore. Abis itu ngerasain stress dan sibuknya pas akhir bulan. 
Dan.. Jeng Jeng.. doaku terkabul. Aku sudah punya pekerjaan, Alhamdulillah... Walaupun bukan di perusahaan besar, tp lumayanlah sudah punya penghasilan sendiri. Belajar banyak hal dari awal. Sekarang sudah benar-benar merasakan susahnya jadi karyawan. Berangkat pagi pulang malam, hampir tiap hari. Bertatapan dengan layar komputer berjam-jam. Meja kerja dipenuhi tumpukan kertas dan stress yang muncul kadang-kadang. Dibandingkan merasa stress, aku malah lebih banyak merasa jenuh dan bosan, karena pekerjaan tiap hari i…

Belajar Bersyukur dari Drakor Radiant Office

Hufffttt... beberapa bulan lalu, rasanya kepalaku mau pecah gara-gara kantorku kedatangan tim audit. Sejak mulai kerja sebagai karyawan tiga tahun lalu, baru kali ini ngerasain diperiksa sama tim audit. Ternyata ribet bener.. semuanya harus mengikuti alur Standar Operasional Perusahaan (*Ya eyalah). Melenceng sedikit akan kena pertanyaan bermacam-macam. Belum lagi semua jurnal yang kubuat haruslah memiliki bukti pendukung dan lampiran. Jika tidak, siap-siap beri alasan yang bagus kenapa itu bisa terjadi. Dan parahnya, aku mendapatkan diri melakukan beberapa kesalahan pengetikan yang ternyata berakibat buruk. Kesalahan yang tidak kusadari ini membuatku ingin menghilang sejenak dari bumi. Aku merasa benar-benar bodoh dan sangat tak becus kerja. Rasanya ingin buat surat resign langsung. Tetapi kalo seperti itu berarti aku seorang pengecut yang lari dari masalah. 

Hufftt,,, lalu kemudian aku nemu drakor baru judul nya Radiance Office. Eh, tiba-tiba aku ngerasa dapat suntikan semangat baru …

Kisah tentang Pengembara terbodoh di dunia

Pada zaman dahulu kala ada seorang pengembara yang melakukan sebuah perjalanan. Ia mendapat julukan sebagai pengembara bodoh. Mengapa??? Karena ia sering tertipu oleh orang yang ditemuinya. Suatu hari ia melalui sebuah perkampungan. Di kampung itu ia lalu bertemu seorang ibu tua yang meminta tolong karena anaknya sakit. Sang Pengembara lalu memberikan uang pada ibu tersebut. Sang ibu tua tadi lalu mengucapkan banyak terima kasih lalu segera berlalu. Keesokan harinya Sang Pengembara lalu bertemu seorang anak laki-laki kecil yang meminta tolong karena sudah berhari-hari tidak makan. Ia pun memberikan bekal makanan yang masih tersisa untuk dirinya kepada anak tersebut. Lalu setelah itu datang seorang nenek tua renta meminta sepatu yang ia gunakan karena kakinya merasa kedinginan. Lalu ia pun memberikan sepatunya. 

        Cerita kebaikan hati Sang Pengembara pun beredar di seluruh kampung. Orang-orang lalu datang menemuinya dan mengarang cerita-cerita sedih untuk mengambil keuntungan dari…

Tentang Waktu

Sejak sekolah dulu aku terbiasa menuliskan kutipan - kutipan favorit ku di jurnal atau buku harian. Jadi saat aku sedih atau sedang tak bersemangat, aku akan membuka dan membacanya kembali. Lumayan, hal itu bisa sedikit mengubah moodku menjadi lebih baik. Tetapi dulu aku selalu lupa untuk menuliskan judul buku atau nama penulisnya. Jadi aku tak tahu kata-kata itu ku kutip dari mana. Hufffft....
Kali ini mau bagi kutipan favoritku "Tentang WAKTU"


Waktu ibarat air laut yang melimpah ruah, terbentang dan terhampar luas, begitu banyak sehingga kita mengira ia tidak akan pernah habis selamanya. Lalu kemudian kita sepelekan dan kita sia-sia kan.
Kita tak pernah mengira bahwa waktu juga ibarat air di padang pasir. Begitu berharga, begitu terbatas, begitu dicari-cari, dan akan sangat disesali begitu ia dilewatkan dengan sia-sia.
Waktu kita tidak akan pernah terputar kembali. Karena manusia, sesungguhnya bukan pemilik sejati waktu. Kita tidak akan pernah bisa menggenggam waktu. Ibarat ai…

Review Drama Korea Strong Woman Do Bong Sun

Yaps setelah tiga bulan kemarin aku absen nonton korean dramanya, akhirnya bulan ini aku mulai nonton lagi. Yah lumayan lah untuk mengisi waktu Me Time ku di akhir pekan. Cukup dua episode saja tiap minggu nya. Aku tidak ingin seperti dulu lagi yang menghabiskan seluruh akhir pekan ku dengan maraton drama korea dari pagi hingga sore hari. Atau kalo enggak tiap malam minggu nonton abis isya sampe menjelang subuh.  Iyah dulu aku seperti itu. Soalnya aku gak bisa penasaran. Yah, kecanduan drama korea stadium akut kayak gitu memang. Tetapi sekarang sudah tidak lagi. Aku benar-benar hanya menonton saat weekend dan saat gak ada kesibukan saja. 
Jadi sekarang aku lagi nonton drama korea yang judulnya Strong Woman Do Bong Soon. Dengan Genre fantasi, Komedi, Romance, dan Action. Mulai tayang sejak 24 Februari 2017 di Stasiun TV Korea Selatan JTBC setiap Jumat dan Sabtu. Jadi di Indonesia kita bisa download drama nya di hari ahad langsung dua episode. Drama korea ini direncanakan akan tayang seb…