Wednesday, October 28, 2015

Nasehat untuk diri sendiri


Akhwat imut picture
Malam ini... terasa sangat gerah. Mungkin karena musim kemarau sedang dalam masa puncaknya. Beberapa teman sesama penghuni kost lebih memilih duduk di luar menikmati udara malam, beberapa yang lain memilih ngadem di depan kipas angin, sedangkan beberapa lainnya memilih untuk menghilangkan rasa panas dengan meneguk minuman dingin yang di beli dari warung ibu kost. Aku pun merasa sangat gerah. Dan memilih untuk melakukan ketiga hal tersebut sekaligus, duduk di depan kipas angin sambil meneguk minuman dingin dengan pintu kamar terbuka lebar agar angin malam bisa masuk menghalau panas. Tetapi rasa panas dan gerah yang kurasakan sama sekali tak berkurang. Setelah kupikir – pikir lagi, ternyata panas yang kurasakan bukan karena faktor cuaca atau panas bumi tetapi karena hatiku yang terbakar melihat beranda facebook ku dipenuhi dengan foto-foto teman sekolah dulu yang sudah naik pelaminan duluan. Hahahahaha, ternyata aku terbakar rasa cemburu. Agak malu mengakuinya. Tetapi itu benar adanya. (*Istighfar berulang-ulang)

Minggu ini saja, ada 3 orang teman kelas waktu SMP dulu yang melangsungkan pernikahan nya. Sedangkan beberapa orang lainnya sudah meng-upload undangan dan foto prawedding dengan kekasih hatinya. Walaupun ada sedikit rasa iri di hati, tetapi rasa bahagia dan syukur ku jauh lebih besar. Karena akhirnya teman-teman ku itu mengakhiri masa lajang nya dan menggenapkan separuh agama nya serta mengikuti sunnah Rasulullah. Mereka memulai lembaran baru dengan kekasih hatinya.

Aku mulai berpikir lagi, apa yang membuat ku merasa iri dan cemburu??? Hum.. Alasan pertama, mungkin karena aku mulai berpikir bahwa aku telah kalah. Ibarat dalam perlombaan lari, teman-teman ku telah lebih dulu menginjak garis finish. Sedangkan aku, melihat garis finish nya saja, tidak. Nah, Saat kamu juga merasakan hal yang sama dengan ku, kita perlu sama-sama merubah mindset kita tentang sebuah ikatan pernikahan. Bahwa setelah ijab qabul itu terucap, kita harus nya sadar bahwa itu bukanlah akhir perjalanan. Tetapi lebih kepada awal dari sebuah kehidupan baru yang akan kita lewati dengan seseorang yang bernama suami/istri. Dan bukan hanya itu, sebab pernikahan berarti bukan hanya tentang menyatukan dua insan yang saling mencinta tetapi juga mengikat dua keluarga besar yang berbeda.

Alasan kedua, karena ketakutan yang tiba-tiba muncul seiring dengan bertambahnya jumlah kerutan di sekitar mata. Hahahaha, salah. Maksudku seiring dengan bertambahnya usia. Salah satu momok menakutkan bagi wanita adalah ketika usia terus bertamban sedangkan nama yang akan bersanding dengan nama kita di undangan belum juga ditemukan. Ketakutan ini semakin menjadi-jadi tatkala usia sudah hampir menginjak 30 tahun. Takut di cap tidak laku atau di cap perawan tua membuat para wanita terkadang merasa minder dengan status single nya. Padahal jika saja kita mau sejenak merenung dan berpikir jernih, Bukankah Allah sudah menuliskan dalam firman Nya di Al Qur’an bahwa setiap manusia diciptakan berpasang-pasangan. Siang dan malam, terang dan gelap, jantan dan betina, hitam dan putih, serta langit dan bumi. Lalu apa yang kau risaukan??? Garam yang dilaut dan Asam yang digunung kalau memang mereka ditakdirkan bersama toh bakal ketemu juga di belanga. wkwkwwkwk

"Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui" (Al Qur'an: 36-36)

Alasan ketiga, aku mulai takut stock orang baik atau laki-laki sholeh sudah habis. Semakin terlambat menikah berarti semakin kecil peluang untuk menemukan laki-laki yang sholeh. Pendapat ini pun dipatahkan oleh Al Qur’an, Allah telah menjanjikan bahwa Laki-laki yang Shaleh akan mendapatkan wanita yang shalehah. Sedangkan laki-laki pendusta akan mendapatkan wanita pendusta, dan Laki-laki pezina akan mendapatkan wanita pezina. Lalu apa kita meragukan janji dari Allah ini? 
"Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita  yang tidak baik pula. Wanita yang baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik" (Qs. An Nur:26)
So, tugas kita sekarang adalah membenahi diri dulu, memperbaiki kualitas ibadah, memperbanyak doa, menjalin silaturahmi yang baik pada sesama dan semakin mendekatkan diri pada Sang Maha Cinta. Jadi buat aku dan kamu..selamat memperbaiki diri...^_^


Review Buku Dare to Dream - John C. Maxwell



Judul Buku               : Dare to Dream
Penulis                      : John C. Maxwell (Penulis terlaris # 1 Versi New York Times)
Penerbit                     : PT Menuju Insan Cemerlang
Alih Bahasa              : Leopold Christoporus
Editor                          : Selvya Hanna
Cetakan                     : Pertama, Agustus 2014
Layouter                    : Ida
Cover Designer        : Nicko Yoyanda Pratama

Sebuah buku kecil manis berada dalam genggaman ku. Awalnya aku sedikit kecewa karena kupikir buku yang ku pesan ini lebih besar dan tebal karena harganya juga lumayan mahal. Tetapi ternyata buku ini berukuran mini dan hanya berisi 123 lembar. Aku mulai berpikir kira – kira perubahan apa yang akan diperbuat oleh buku ini pada tubuh dan pikiranku. Aku sangat berharap besar pada buku ini sejak pertama kali membaca judul di cover depan nya “Dare to Dream”, berani bermimpi. Akhir – akhir ini hidup ku begitu membosan kan karena hidup ku benar-benar datar dan minim tantangan. Aku benar-benar kehilangan mimpi, harapan dan semangat ku di usia yang hampir menginjak seperempat abad ini. Aku mulai merasa iri dengan teman-teman sekitarku yang begitu menikmati tetesan peluh mereka dalam meraih mimpi.

Review Buku Au Pair - Icha Ayu


Judul Buku        : Au Pair
Penulis            : Icha Ayu
Penerbit           : Stiletto Book
Tahun Terbit      : Desember 2012
Cetakan           : I (Pertama)
Tebal Halaman    : 232 Halaman

Yey... akhirnya bisa buat review buku lagi setelah sekian lama, hehehehe. Kali ini mau review buku terbitan dari Stiletto Book. Sebuah penerbitan yang mendedikasikan diri untuk menerbitkan naskah-naskah fiksi maupun non fiksi yang berkaitan dengan dunia perempuan. Dan ini menjadi buku pertama dari Penerbit Stiletto Book yang menjadi penghuni di rak buku ku. Semoga akan ada buku kedua, ketiga, keempat dan seterusnya. Amin

Pas pertama kali liat buku ini dijual online, saya langsung tertarik sama desain covernya yang menarik. Kebetulan waktu itu, Penerbit Stiletto Book lagi adain promo buku besar-besar an dalam rangka Lebaran Idul Fitri. Jadi deh, beli bukunya. Jadi judul lengkap buku ini adalah Au Pair – Backpacking keliling Eropa dengan menjadi Baby Sitter. Wuih.. judulnya aja keren gini, gimana isinya ya??? Ok let’s check this out.

Au Pair dibaca oper. Mungkin kebanyakan orang masih merasa asing dengan istilah ini. Aku pun begitu,hahahaha. Hingga kemudian aku membaca artikel tentang au pair ini di sebuah majalah online gratis. Bahwa Au Pair adalah salah satu cara untuk terbang ke luar Negeri. Sebenarnya ada banyak cara untuk terbang ke Luar Negeri. Untuk orang kaya terbang ke Luar Negeri mungkin suatu hal biasa yang dilakukan untuk mengisi waktu liburan atau sekedar berbelanja, Sedangkan bagi pelajar atau mahasiswa yang ingin menuntut ilmu di Luar Negeri bisa dengan memburu beasiswa yang mulai banyak ditawarkan saat ini. Sedangkan untuk orang-orang biasa yang ingin mendapatkan uang lebih dengan bekerja di Luar Negeri, banyak yang memilih menjadi TKI. Sedangkan jika kita tak ingin memilih tiga-tiga nya dan masih nekat ingin berangkat ke Luar Negeri. Au Pair ini bisa menjadi pilihan.

Jadi Au Pair adalah sebuah program yang memungkinkan semua orang dengan batasan usia tertentu dapat mempelajari bahasa dan budaya negara yang diinginkan dengan bekerja sebagai baby sitter (pengasuh anak) di rumah host family (keluarga penerima) dengan jangka waktu biasanya enam hingga delapan belas bulan. Jadi dengan mengikuti program Au Pair, ini kita bisa merasakan bekerja di Luar Negeri sekaligus mengikuti kelas bahasa dan langsung berinteraksi dengan native speaker (penutur asli).

Melalui buku ini Mbak Icha Ayu menjelaskan tentang apa itu Au Pair? Ada di negara mana saja? Sejak kapan Program Au Pair ini ada? Kenapa keluarga orang Eropa butuh Au Pair? Hak dan Kewajiban apa yang diperoleh dengan menjadi Au Pair? Cara mendapatkan host family? Dan segala hal yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti Au Pair ini.

Setelah menjelaskan segala detail yang dibutuhkan untuk mengikuti program Au Pair, Mbak Icha Ayu lalu menceritakan pengalaman suka dan dukanya mengikuti program Au Pair di Negara Perancis. Ada cerita tentang host family nya disana, tentang teman-teman sesama backpacker yang ia kenal di komunitas coucsurfing, serta tempat-tempat indah yang berhasil ia kunjungi selama berada disana.

Ah... menarik sekali membacanya, terlebih karena di dalam buku ini ada juga tips-tips yang bisa kita coba saat sudah punya keberanian untuk mengangkat ransel dan menjelajahi Benua Eropa dengan menjadi Baby Sitter. So...berniat untuk belajar bahasa plus dapat uang plus jalan-jalan... Baca buku ini dulu ya ^_^

     

Saturday, October 24, 2015

Go For It Blog Competition Smartfren and Blog Emak Gaoel

Assalamualaikum Emak...

Dapat info blog competition ini dari facebook, awalnya agak ragu untuk ikut an karena saya baru liat infonya tadi pagi pas buka facebook dan ternyata hari ini dead line akhirnya... T_T


Ya udahlah...tak apa. Yang penting kan ikut berpartisipasi. Dan karena berminat ikutan competisi ini akhirnya akun blog yang sudah berdebu dan berhiaskan jaring laba-laba ini karena sudah kelamaan gak pernah diupate akhirnya terbuka lagi. (*tadi sempat pusing nyari kuncinya, hehehehhe)


Menjawab pertanyaan pertama, Apa seh sebenarnya yang sedang kamu kejar dalam kegiatan blogging mu??? Hem...awalnya buat blogging karena ikut-ikutan aja seh. Kebetulan punya teman yang aktif nulis blog tiap hari. Kayaknya seru neh pikirku, Ya udah aku bikin juga satu. Awalnya seh nulis disini untuk ngisi waktu luang aja kalo ga ada kerja an. Nulisnya sesuai mood aja, nulis yang ada di otak plus ungkapin isi hati.. (*Yach..gubrak). Tetapi lama kelamaan mikir, nulis gini mah gak ada guna. Jadilah saya mulai membuat review buku-buku yang saya baca.Ngitung-ngitung bantu orang lain yang lagi nyari koleksi buku baru (*walaupun sebenarnya saya nggak yakin, ada yang berminat baca blog saya)


Sebelumnya sempat juga ikut komunitas bisa menulis di facebook, trus di kasih tantangan untuk nulis tiap hari di blog. Jadi deh blog saya jadi tempat curahan hati saya tiap hari kalo lagi galau, hehehehhe. Selain itu, blog juga jadi langkah awal saya yang bercita-cita jadi penulis kayak Dee, Kang Abik, Mbak Asma, dan Bang Tere Liye untuk merangkai huruf menjadi jalinan kata yang indah dan penuh harmoni. Lebih dari itu semua, saya berharap nya blog saya bisa membawa kebaikan dan manfaat buat orang lain. Setidaknya saya bisa menularkan semangat atau mengingatkan tentang kebiasaan buruk yang sering saya lakukan agar dihindari. Sejak ikut challenge nulis tiap hari di blog, sebulan pertama agak lumayan lancar nulisnya. Pas lewat bulan pertama, tiba-tiba kehilangan semangat lagi. Padahal bermimpi pengen jadi penulis best seller kalo semangat up and down gini gimana bisa terwujud yak...Akhirnya mulai nambah koleksi buku baru lagi.Abis baca langsung dibuat review nya disini. Selain itu, tulisan di blog ini biasanya idenya dari gambar hasil jeprat jepret kalo lagi jalan-jalan pagi.



Pertanyaan Kedua, Aplikasi apa yang dipakai untuk membuat tulisan???
Hm...Karena saya bukan pengguna smartphone canggih jadinya ide tulisan yang biasanya tiba-tiba muncul cuma di tulis di note handphone dan gambar-gambar yang menyertai cuma diambil pake kamera handphone seadanya juga. Belum pake smartphone mak... hari gini masih belum pake smartphone???? masih belum. Bukan karena belum mampu beli tetapi karena merasa belum butuh saja. Yakin??? hemm fifty fifty deh.


So Makasih buat #Emak Gaoel yang sudah mengingatkan saya akan akun blog saya yang mulai di tumbuhi jamur ini karena udah kelamaan ga dibuka. 




http://www.emakgaoel.com/2015/09/blog-competition-go-for-it-with-blog.html" target="_blank"><img alt="Go For It Blog Competition" src="http://4.bp.blogspot.com/-AmYFAkaUy2A/VfmLqOVJD7I/AAAAAAAAOfs/FTmQML9fzo0/s1600/go%2Bfor%2Bit%2B1.jpg" title="Go For It Blog Competition" /></a></center>