Rabu, 28 Oktober 2015

Review Buku Au Pair - Icha Ayu


Judul Buku        : Au Pair
Penulis            : Icha Ayu
Penerbit           : Stiletto Book
Tahun Terbit      : Desember 2012
Cetakan           : I (Pertama)
Tebal Halaman    : 232 Halaman

Yey... akhirnya bisa buat review buku lagi setelah sekian lama, hehehehe. Kali ini mau review buku terbitan dari Stiletto Book. Sebuah penerbitan yang mendedikasikan diri untuk menerbitkan naskah-naskah fiksi maupun non fiksi yang berkaitan dengan dunia perempuan. Dan ini menjadi buku pertama dari Penerbit Stiletto Book yang menjadi penghuni di rak buku ku. Semoga akan ada buku kedua, ketiga, keempat dan seterusnya. Amin

Pas pertama kali liat buku ini dijual online, saya langsung tertarik sama desain covernya yang menarik. Kebetulan waktu itu, Penerbit Stiletto Book lagi adain promo buku besar-besar an dalam rangka Lebaran Idul Fitri. Jadi deh, beli bukunya. Jadi judul lengkap buku ini adalah Au Pair – Backpacking keliling Eropa dengan menjadi Baby Sitter. Wuih.. judulnya aja keren gini, gimana isinya ya??? Ok let’s check this out.

Au Pair dibaca oper. Mungkin kebanyakan orang masih merasa asing dengan istilah ini. Aku pun begitu,hahahaha. Hingga kemudian aku membaca artikel tentang au pair ini di sebuah majalah online gratis. Bahwa Au Pair adalah salah satu cara untuk terbang ke luar Negeri. Sebenarnya ada banyak cara untuk terbang ke Luar Negeri. Untuk orang kaya terbang ke Luar Negeri mungkin suatu hal biasa yang dilakukan untuk mengisi waktu liburan atau sekedar berbelanja, Sedangkan bagi pelajar atau mahasiswa yang ingin menuntut ilmu di Luar Negeri bisa dengan memburu beasiswa yang mulai banyak ditawarkan saat ini. Sedangkan untuk orang-orang biasa yang ingin mendapatkan uang lebih dengan bekerja di Luar Negeri, banyak yang memilih menjadi TKI. Sedangkan jika kita tak ingin memilih tiga-tiga nya dan masih nekat ingin berangkat ke Luar Negeri. Au Pair ini bisa menjadi pilihan.

Jadi Au Pair adalah sebuah program yang memungkinkan semua orang dengan batasan usia tertentu dapat mempelajari bahasa dan budaya negara yang diinginkan dengan bekerja sebagai baby sitter (pengasuh anak) di rumah host family (keluarga penerima) dengan jangka waktu biasanya enam hingga delapan belas bulan. Jadi dengan mengikuti program Au Pair, ini kita bisa merasakan bekerja di Luar Negeri sekaligus mengikuti kelas bahasa dan langsung berinteraksi dengan native speaker (penutur asli).

Melalui buku ini Mbak Icha Ayu menjelaskan tentang apa itu Au Pair? Ada di negara mana saja? Sejak kapan Program Au Pair ini ada? Kenapa keluarga orang Eropa butuh Au Pair? Hak dan Kewajiban apa yang diperoleh dengan menjadi Au Pair? Cara mendapatkan host family? Dan segala hal yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti Au Pair ini.

Setelah menjelaskan segala detail yang dibutuhkan untuk mengikuti program Au Pair, Mbak Icha Ayu lalu menceritakan pengalaman suka dan dukanya mengikuti program Au Pair di Negara Perancis. Ada cerita tentang host family nya disana, tentang teman-teman sesama backpacker yang ia kenal di komunitas coucsurfing, serta tempat-tempat indah yang berhasil ia kunjungi selama berada disana.

Ah... menarik sekali membacanya, terlebih karena di dalam buku ini ada juga tips-tips yang bisa kita coba saat sudah punya keberanian untuk mengangkat ransel dan menjelajahi Benua Eropa dengan menjadi Baby Sitter. So...berniat untuk belajar bahasa plus dapat uang plus jalan-jalan... Baca buku ini dulu ya ^_^

     

0 komentar:

Posting Komentar