Monday, August 8, 2016

Jalan Jalan ke Perpustakan Umum Makassar Yuk...

Yeay... Libur...
Hari ini hari sabtu.. mestinya masih harus masuk kantor. Tetapi karena ahad kemarin masih harus kerja.. jadinya hari sabtu ini bisa libur... Yeay senang nya. Rencana nya mau pulang kampung, lumayan bisa dua hari di rumah. Bisa memecahkan celengan rindu yang rasanya sudah mau meledak.. tetapi gak jadi gara-gara harus menemani adik ku ujian masuk sebuah perguruan tinggi. Tiga tahun lalu aku juga masih ingat saat mengantarnya mengikuti tes Sekolah Menengah Atas. Sekarang dia sudah akan berstatus Mahasiswa. Sepertinya waktu berjalan sangat cepat. Aku dan adikku beda usia 8 tahun, melihat nya sebentar lagi akan masuk Kuliah, membuatku merasa sudah menjadi sangat tua.

Aku gak tua tua amat kok... Iyakan?
Jadi sementara adik ku mengikuti ujian, aku sibuk keliling-keliling kampus mencari perpustakaan, lumayan bisa berteduh sambil baca buku. Tetapi ternyata, eh ternyata perpustakaan kampus lagi gak buka kalo hari sabtu. Em... jadi saya harus nunggu dimana dong? Dan Eng Ing Eng di seberang jalan ada Kantor Perpustakan dan Arsip Daerah. Alamatnya di Jalan Alauddin Km. 7 Talasalapang Kota Makassar, tepat di depan Pintu Gerbang Universitas Muhammadiyah Makassar.



Setelah tiga tahun berada di kota ini, baru kesampaian jalan jalan ke perpustakaan umum. Sebenarnya dari dulu, saya sudah tanya-tanya ke teman dan searching nyari alamat Perpustakaan Umum Wilayah. Tetapi gak pernah punya kesempatan untuk benar-benar berkunjung. Dan ternyata hari ini tanpa sengaja bisa nyampe disini, hehehehe. 

Koleksi buku nya lumayan banyak loh
Karena hari ini hari sabtu, Perpustakaan ini hanya buka dari jam 9 sampai jam 3 sore. Kalau hari minggu buka atau tidak ya??? Hem, saya lupa nanya. Jadi pas masuk, langsung disambut sama petugas perpustakaan. Tas, buku cetak, tempat laptop tidak boleh masuk ke dalam ruang perpustakaan. Jadi harus dititipkan dulu di tempat penitipan tas. Terus di kasih nomor loker seperti ini. 


Add caption
Abis nitip in tas, kita harus isi buku pengunjung. Form pengisian buku pengunjung ada di komputer di atas meja receptionis. Jadi kita disuruh ketik sendiri di komputer. Pertanyaan di komputer nya gak susah kok, gak kayak waktu ujian CPNS kemarin. Form Pengunjung hanya menanyakan nama, alamat, status (ini bukan diisi single atau jomblo ya), alamat, dan tujuan ke perpustakaan. Kali aja kamu ke perpustakaan nya nyari jodoh bukan untuk baca buku... Yeah...

Ada Fasilitas Komputer nya juga loh

Saya masuk sekitar pukul 09.30, pengunjung baru sekitar 5 orang. Tempatnya lumayan bersih, nyaman, luas, dan koleksi buku nya lumayan banyak. Ada fasilitas komputer dan Wifi tersedia. Hanya saja mungkin saat saya datang fasilitas jaringan internetnya sedang kurang bagus. Jadi gak bisa nyambung ke internet. Tetapi ada satu yang perlu saya kritik dari perpustakaan ini. Saat berada disana, aku harus pakai headset supaya bisa fokus membaca soalnya disana lumayan berisik. Ada mahasiswa yang belajar kelompok sambil diskusi. Ada yang putar musik dari hape lumayan keras. Trus ada terdengar suara TV entah dari mana. Tetapi lebih dari itu, perpustakaan ini bisa jadi rekomendasi buat teman-teman untuk nyari buku, kerja tugas, atau sekedar menghabiskan waktu luang kayak saya.

Bersih dan Nyaman juga ^_^
Pas mau pulang, saya nanya-nanya gimana caranya untuk jadi anggota perpustakaan. Jadi kita hanya perlu mengambil formulir anggota perpustakaan dari petugas. Harga formulirnya lima ribu rupiah. Abis itu formulir nya diisi dengan melampirkan foto 3x4 berwarna dan KTP.  Untuk biaya pembuatan kartu anggota, cukup membayar sepuluh ribu rupiah. 

10 comments:

  1. syukron ukhti atas infonya. 20 tahun lebih di makassar cuma sering lewat di jalan raya depan perpus ini. Alhamdulillah infonya memotivasi saya. qadarallah saya sedang mencari literatur referensi. semoga koleksi bukunya memuaskan aamiin. sekali lagi syukron ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Afwan ukh... semoga referensi nya bisa di dapat disana ya ukh ^_^
      syukron udah mampir

      Delete
  2. Bisa pinjam buku ato cuma baca di tempat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dengan perpustakaan pada umumnya kak,, bisa pinjam buku setelah punya kartu anggota perpustakaan. Cara daftar nya cukup isi formulir, foto kopi Ktp dan foto ukuran berwarna serta byar 10.000

      Delete
  3. Replies
    1. hem,, saya kurang tau kak
      Soalnya waktu kesana, saya lupa nanya ke petugasnya buka hari apa aja ^_^

      Delete
    2. kak?
      ane bru 18.. -_-..
      stu berapa emang?

      Delete
    3. Ops maaf ya dek..Sy sllu berasa msh d sweet seventeen. Pdhal aslix sy seventeen tmbh satu dekade.. Skali lg maaf ya dek ^_^

      Delete
    4. oh.. sy 22 kok sbnernya.. cmn mancing doang.
      eh,ternyata tetep lebih tua mbak..#ups.
      salam kenal..
      pindah disamping mi rupanya.. mau ka' pinjam buku tapi aih.. malu" ka' bela.. cuek" ki kuliat pegawainya

      Delete
    5. Salam kenal juga
      Em, biasanya tak kenal maka tak sayang,,
      Coba jalan-jalan kesana dlu, trs dftr jd anggota perpus. Nti kalo udh sering ketemu pegawainya, ndk cuek mi itu ^_^ Tp sy sndiri blm ksampaian buat kartu anggota sampai skrg

      Delete

Terima Kasih sudah berkunjung ^_^
Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan