Jumat, 14 April 2017

Belajar Bersyukur dari Drakor Radiant Office

Hufffttt... beberapa bulan lalu, rasanya kepalaku mau pecah gara-gara kantorku kedatangan tim audit. Sejak mulai kerja sebagai karyawan tiga tahun lalu, baru kali ini ngerasain diperiksa sama tim audit. Ternyata ribet bener.. semuanya harus mengikuti alur Standar Operasional Perusahaan (*Ya eyalah). Melenceng sedikit akan kena pertanyaan bermacam-macam. Belum lagi semua jurnal yang kubuat haruslah memiliki bukti pendukung dan lampiran. Jika tidak, siap-siap beri alasan yang bagus kenapa itu bisa terjadi. Dan parahnya, aku mendapatkan diri melakukan beberapa kesalahan pengetikan yang ternyata berakibat buruk. Kesalahan yang tidak kusadari ini membuatku ingin menghilang sejenak dari bumi. Aku merasa benar-benar bodoh dan sangat tak becus kerja. Rasanya ingin buat surat resign langsung. Tetapi kalo seperti itu berarti aku seorang pengecut yang lari dari masalah. 

Hufftt,,, lalu kemudian aku nemu drakor baru judul nya Radiance Office. Eh, tiba-tiba aku ngerasa dapat suntikan semangat baru abis nonton Drakor ini.
Source: KoreanDramaupdate youtube.com
Check review nya yuukss..
Drama korea dengan Judul Radiant Office ini mulai tayang sejak 15 Maret lalu dan akan direncanakan tayang sebanyak 16 Episode. Sedangkan untuk minggu ini baru akan tayang eps 9 & 10. Drama korea ini bergenre Office, Romance, Komedi yang menceritakan tentang perjuangan seorang gadis bernama Eun Ha Won (diperankan oleh Ko Ah Sung). Di usianya yang ke 28 tahun, Eun Ha Won belum memiliki pekerjaan tetap. Ia selalu gagal di sesi Wawancara. Hingga di lamaran kerjanya yang ke 100 ia bertemu dengan sosok Seo Wo Jin (diperankan oleh Ha Seok Jin). Seo Wo Jin adalah seorang manajer eksekutif yang dikenal sangat tegas dan Perfeksionis. Hal yang paling di benci oleh Seo Wo Jin adalah karyawan baru yang diterima lewat jalur koneksi. Ia lalu ditugaskan untuk wawancara calon karyawan baru. Saat Manajer Seo membaca CV Eun Ha Won, Ia mengatakan kalo Eun Ha Won tidak memenuhi kualifikasi standar untuk diterima sebagai karyawan karena belum punya pengalaman kerja sama sekali kecuali menjadi pegawai paruh waktu (part time job) dibeberapa tempat.
Seo Wo Jin


Source: dramafever.com (Eun Ha Wo dan Seo Wo Jin)
Eun Ha Won lalu menjelaskan bahwa lewat pekerjaan paruh waktu ia belajar tentang kedisiplinan, kemandirian, dan kesabaran dalam menangani tiap pelanggan. Eun Ha Won lalu diminta berdiri di sudut ruangan selama sesi wawancara, untuk membuktikan bahwa ia memiliki tekad kuat untuk bisa diterima. Eun Ha Won mengiyakan. Ia berdiri berjam-jam selama proses wawancara berlangsung. Ia pun merasa bersemangat dan optimis akan diterima karena salah satu pewawancara mengatakan bahwa ia adalah karyawan yang dicari perusahaan. Tetapi beberapa hari kemudian, perusahaan tersebut telah mengumumkan karyawan baru yang lolos. Dan ternyata Euh Ha Won tidak diterima di perusahaan tersebut. Itu berarti ia telah gagal di percobaan ke 100 kalinya ia melamar kerja. Ia lalu berpikir bahwa penyebab kegagalannya adalah Manajer Seo. 

Ia merasa sangat putus asa hingga memutuskan untuk melompat di Jembatan Sungai Han. Sementara berada di atas Jembatan, tiba-tiba ponselnya berbunyi. Saat akan mengambil ponsel di sakunya, tiba-tiba kakinya tergelincir hingga ia pun masuk ke dalam air. Di saat dirinya tenggelam, ia masih sempat melihat email yang masuk ke Ponselnya. Disana tertera kalau ia lolos seleksi berkas dan berhak mengikuti wawancara kerja di Perusahaan Hauline.
Eun Ha Won tenggelam di Sungai Han 
Syukurlah saat Eun Ha Won terjatuh di sungai Han seseorang melihatnya dan ia pun dilarikan ke Ruang UGD Rumah Sakit. Disana Eun Ha Won ditangani oleh Dokter Seo Hyun (diperankan oleh Kim Dong Wook). Saat Eun Ha Won tersadar, ia mendengar percakapan para dokter bahwa salah satu pasien yang berencana bunuh diri menderita penyakit parah dimana sisa hidupnya tinggal beberapa bulan lagi. Eun Ha Won merasa sangat syok mendengar percakapan dari dokter tersebut. Ia lalu melihat Do Ki Taek (diperankan oleh Lee Dong Hwi), pasien yang berada di seberang tempat tidurnya. Ternyata Do Ki Taek malam itu juga berencana bunuh diri. 

Do Ki Taek lalu mengajaknya kabur dari rumah sakit, karena mereka berdua sama-sama tak punya uang untuk membayar biaya rumah sakitnya. Disaat telah berhasil kabur dari rumah sakit, mereka berdua lalu bertemu Jun Kang Ho (diperankan oleh Hoya Infinite). Kang Ho ternyata mengikuti mereka berdua sejak dari ruang UGD tadi. Ia juga adalah salah satu pasien yang berencana bunuh diri malam itu. Mereka lalu lagi saling bertukar cerita mengapa mereka memutuskan untuk bunuh diri. Ternyata masalah mereka serupa. Mereka sama-sama stress dan depresi berat gara-gara belum memiliki pekerjaan tetap. Parahnya salah satu dari mereka ternyata mengidap penyakit parah dan hanya bisa bertahan hidup beberapa bulan lagi. 


Dokter Seo Hyun
Beberapa hari kemudian, takdir mempertemukan ketiga orang tadi. Mereka bertiga sama-sama mengikuti wawancara kerja di Perusahaan Hauline. Dan beruntungnya mereka bertiga kemudian sama-sama lolos dan diterima sebagai pegawai kontrak. Ternyata keberuntungan mereka bertiga disebabkan kebaikan hati Dokter Seo Hyun yang merupakan anak dari pemilik perusahaan tersebut. Tanpa sengaja, Dokter Seo Hyun berpapasan dengan ketiga pasiennya tersebut di pintu masuk perusahaan. Dokter itu lalu meminta tolong pada GM Park untuk meloloskan ketiga anak muda yang merupakan mantan pasiennya tersebut.

Bergabungnya mereka bertiga di perusahaan Hauline tidak serta merta membuat hidup ketiganya nyaman. Ternyata perjuangan mereka untuk terus bertahan sebagai pegawai kontrak tidak mudah. Tiap hari ada saja masalah yang timbul. Mulai dari belajar beradaptasi di tempat baru. Mengenal karakter para rekan kerja yang tak semuanya baik. Menghadapi para senior yang bertindak semena-mena. Terus diremehkan karena mereka hanya pegawai kontrak yang masa kerjanya hanya tiga bulan. Dan masih banyak lagi.  
Eun Ha Won yang bekerja keras
Eun Ha Won yang baru pertama kali bekerja di sebuah perusahaan besar seperti Hauline, berusaha sangat keras untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Tetapi ada-ada saja hambatan yang harus ia lewati. Belum lagi ia terus merasa resah karena belum tahu penyakit apa yang dideritanya saat ini. Tetapi syukurlah dia punya kawan berjuang yaitu Do Ki Taek dan Jung Kang Ho yang tahu betul kondisi Eun Ha Won saat ini.

 Kang Ho dan Ki Taek
Konflik yang terjadi semakin parah, karena GM Seo Wo Jin akhirnya tahu bahwa ketiga pegawai kontraknya diterima lewat jalur koneksi. Dan hal itu adalah sesuatu yang paling dibenci oleh GM Seo Wo Jin. Ia lalu meminta ketiganya meminta untuk membuktikan bahwa mereka memang benar-benar layak untuk diterima sebagai karyawan. Selain perjuangan ketiga pegawai kontrak tadi ada juga masalah perebutan kekuasaan oleh GM Park sebagai ketua Tim Penjualan dan GM Seo sebagai ketua Tim Pemasaran. Keduanya bersaing ketat untuk membuktikan diri bahwa mereka adalah tim terbaik. 
Dept.Penjualan vs Dept Pemasaran

Sesi pemotretas karyawan Hauline

Seo Wo Jin vs Seo Hyun
Suka sekali sama drama korea ini. Sedikit berbeda dengan beberapa drama korea yang saya saksikan belakangan ini, yang lebih memilih genre fantasi. Sedangkan drama korea ini mengangkat tema Real life, tentang gambaran kenyataan hidup yang sebenarnya. Bahwa tak semua yang kita lihat itu sesuai dengan kenyataan aslinya. Kita harus melihat lebih dekat agar bisa lebih mengerti dan memahami tentang kehidupan orang lain. Selain itu drama korea ini mengajarkan bahwa dalam hidup tak semuanya bisa kita dapat dengan mudah. Selalu ada harga yang harus kita bayar untuk sebuah kesuksesan.

Saya bersyukur karena sebuah nikmat luar biasa kita bisa hidup dengan tubuh yang sehat. Walaupun pada akhirnya suatu hari nanti kita semua akan mati, tetapi mengetahui bahwa diri kita sehat membuat kita jadi lebih bersemangat menjalani hari. Aku bersyukur karena setidaknya aku tak harus melamar kerja sampai 100 kali baru keterima. Aku bersyukur karena walaupun aku tak bekerja di perusahaan besar, tetapi aku punya rekan-rekan kerja yang luar biasa. Dari mereka aku belajar banyak hal. Aku bersyukur atas segala nikmat hidup yang kuterima saat ini. Aku belajar dari Eun Ha Won, untuk terus meyakini bahwa hari ini adalah hari yang luar biasa. Walaupun tak ada alasan untuk berbahagia, cukuplah kesempatan untuk bisa menikmati anugerah hidup di hari ini membuatku tersenyum karena ada orang diluar sana yang tak bisa menikmati indahnya hari ini, sebab jatah hidup mereka cuma sampai kemarin T_T. Yups.. mari tetap semangat.. walaupun hidup ini sulit, kita harus tetap harus berjuang, dan tak lupa untuk terus berbahagia.

Saya jatuh hati sama sosok Seo Wo Jin yang nyebelin tp menggemaskan dan sosok Dokter Seo Hyun yang sangat tampan saat tersenyum. Keduanya mempesona. Liat ahjussi - ahjussi ini, saya jadi lupa sama oppa oppa ganteng. Hahahaha...Tetapi selain itu saya suka sekali sama Ost. Radiant Office yang dibawah ini. Lagu ini dinyanyikan Hyun Jin Ju. Saya gak tau arti lagunya apa, tetapi saat dengar lagu ini rasanya saya ikut merasakan rasa sedihnya Eun Ha Won karena mengetahui sisa hidupnya tidak lama lagi. Tetapi dia tak punya pilihan lain selain berjuang untuk melewati sisa hidupnya dengan hati bahagia. 

Recommended korean drama for you...

video
                                      Source : Youtube.com

8 komentar:

  1. Iya mantap itu ceritanya..kayk ada kemiripanx boy william itu manager seo woo jin...hahahha

    BalasHapus
  2. Iya betul betul.. mirip Ki boy William dip..Hahahaha cm boy William lbh chubby' pipix. Kali ini manajer SEO lbh tirus mukax..Tp sm2 gamtemzzz hahahahah

    BalasHapus
  3. Sampai saat ini saya belum bisa betah nonton drama korea. Padahal kalau genre drama lainnya betah. Entah kenapa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha,,, memang kebanyakan kalo drama korea yang suka yah cewek2..kalo ada cowok yang suka drakor itu sangat jarang,, mgkin karena alur ceritanya tdk cocok buat Mukhsin ^_^

      Hapus
  4. Menariiik bangeet ceritanyaa mbaaak. Aku carii ah filmnyaa. Hehehe makasih sharingnyaaa yaak 😁😁 salaam kenaal ya mbaak 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Lucky ^_^
      Makasih udah mampir lagi

      Hapus
  5. Ini drama awalnya di download di hp niat mau tester, bagus apa enggak? Sempet mau apus sebelum nonton. Tapi hati bilang "jangan apus dulu,coba aja nonton". Dengab iseng nonton ep. 1. Dan langsung jatuh cinta! Ini drama yang bikin aku senyum" sendiri dan gak jelas, gara" GM Seo dan Eun Ho saling memperhatikan tapi yah gtu ckck.
    Tuh kan jadi spoiler kann, pokoknya recomen banget drama ini, mengajarkan dunia kerja, terus kerja keras, gak mudah putus asa, dll. Semoga bermanfaat bagi yang nonton dapet ilmunya 😆😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi bener-bener.. tos dulu dong sesama penggemar Drakor
      Saya juga selalu berusaha mengambil pelajaran dan manfaat dari drakor yang kutonton.. slx banyak bertebaran pesan moral untuk tak pernah berhenti berjuang.. thanks udah mampir Mbak Fidiya

      Hapus