Skip to main content

Belajar Bela diri dan Memanah Bersama Muslimah Hapkido Makassar

Ahad kemarin, pagi-pagi sekali aku sudah sibuk. Pukul 06.30 aku berencana untuk segera berangkat ke gedung Pola Kantor Gubernur Makassar. Aku merasa sangat bersemangat karena akan mengikuti Seminar Olahraga Muslimah Archery and Martial Art yang diadakan oleh Hapkido family. 

Pukul 06.30 aku sudah siap, dan saat membuka pintu, Jeng.. masih agak gelap. Ternyata bukan pengaruh jamku yang salah, tetapi karena mendung sudah bergelantungan di langit. Hari ini pagi-pagi hujan sudah turun mengawali hari. Seandainya tidak ada kegiatan, mungkin aku masih bermalas-malasan di bawah selimut, hehehe. Akhirnya aku baru berangkat sekitar pukul 7 lewat. Aku sedikit bergegas, karena di tiketnya acara akan mulai pukul 07.30 Wita. Setelah naik pete-pete (angkutan umum kota) dua kali, akhirnya tiba juga di Kantor Gubernur Makassar. Ini pertama kalinya bagiku menginjakkan kaki disana. Dan syukurlah setelah sampai, ternyata acaranya belum mulai. Beberapa akhwat sudah mengisi tempat duduk baris depan. Aku yang sudah berniat untuk menuliskan kegiatan ini di Blog harus memilih tempat duduk yang strategis untuk mengambil gambar. Syukurlah ada Ukhty Ani dan Ukhty Nunu yang telah menyimpan tempat duduk untukku di baris depan. Syukron ya Ukh ^_^
Syukron ukh udah disimpankan tempat duduk
Dan setelah menunggu lumayan lama, entah karena alasan apa yang membuat kegiatannya ngaret dari jadwal seharusnya. Akhirnya acara seminarnya dibuka oleh Ibu Dr. Ir. Hj. Majdah M. Sain, M.Si selaku Ketua PERWOSI dan SOina Sulawesi Selatan. Beliau menyampaikan betapa olahraga juga perlu dilakukan oleh para muslimah untuk menjaga stamina dan kebugaran tubuh. Tetapi tetap memperhatikan tempat dan pakaian yang digunakan. 

Setelah itu langsung dilanjutkan oleh pembicara pertama ibu Hasniar A.Radde S.Psi,.M.Si (Dosen Psikologi UNM) beliau memulai dengan menceritakan pengalaman nya saat berkunjung ke Jepang. Dan menjadi terkagum-kagum karena karakter baik para masyarakat Jepang. Saat itu tas Bu Hasniar tanpa sengaja ketinggalan di bangku stasiun, setelah lewat beberapa jam, Bu Hasniar baru sadar kalau ia kehilangan tas nya. Dan ia pun kembali ke stasiun. Ternyata tas itu masih tergeletak disitu. Tak ada yang mengambil atau memindahkannya. Ternyata alasannya adalah karena Orang Jepang tak ingin menyusahkan orang lain dan karakter ini diadabtasi dari karakter Ksatria Samurai zaman dahulu. Lalu bagaimana jika hal tersebut terjadi di Indonesia??? Mungkin saja sudah ada yang mengamankan tas itu ke pos polisi, atau mungkin tas itu sudah berpindah tangan ke orang lain. Wallahu alam... ^_^
Bu Hasniar lalu memaparkan banyak hal tentang pengaruh Latihan bela diri dan Panahan dalam membentuk Karakter dan Pribadi Unggul dan Ksatria. Diantara ciri-ciri pribadi unggul dan ksatria yaitu:
  1. Bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Memiliki kecerdasan Intelektual 
  3. Memiliki kejujuran dan dapat dipercaya
  4. Disiplin Tinggi
  5. Memiliki kesabaran
  6. Berdaya Juang Tinggi
  7. Mampu membedakan yang haq dan yang batil
  8. Memiliki Komitmen dan Integritas yang tinggi
  9. Tenggang rasa
  10. Peka terhadap Lingkungan
  11. Memiliki kepedulian yang tinggi 
  12. Mampu mengendalikan emosi
Selain membentuk karakter diri seorang Ksatria, rutin berolahraga (bela diri dan panahan) juga memberi dampak positif bagi kesehatan mental diantaranya: Menambah Kepercayaan diri, Mengurangi stress, Meningkatkan kekuatan otak, Melatih fokus, Meningkatkan perasaan bahagia, dan melawan penuaan. Jadi mulai sekarang olahraga yuuuk....
Para pembicara Seminar Olahraga Muslimah
Pembicara selanjutnya ada Kak Zelfia Amran. beliau adalah pelopor Gerakan Muslimah Bisa. Dengan gaya anggun, cerdas, dan menarik Kak Zelfia lalu menceritakan kisah para shahabiyah, Muslimah-muslimah tangguh yang ahli menggunakan pedang dan panahan. Siapa mereka??? Diantaranya adalah Nusaibah Binti Ka'ab yang dijuluki sebagai Srikandi Penolong Rasulullah. Pada perang Uhud, Nusaibah ikut bersama Rasulullah dan Pasukan Islam. Saat itu, Nusaibah mengemban tugas untuk memasok air dan mengobati mereka yang terluka. Tetapi kemudian rencana perang tidak berjalan mulus. Dan pada prosesnya, Nyawa Nabi Muhammad Saw pun berada dalam bahaya. Pasukan musuh merangsek naik dan mengepung. Nusaibah yang saat itu melihat Rasulullah menangkis berbagai serangan sendirian lalu mempersenjatai dirinya dan bergabung dengan yang lain untuk membentuk formasi pertahanan melindungi Rasulullah. Berbagai buku sejarah mencatat bahwa ketika itu Nusaibah berperang dengan penuh keberanian  dan tidak menghiraukan dirinya dalam membela baginda Rasulullah Muhammad Saw. Masya Allah Sungguh luar biasa.. Sungguh kita pun ingin menjadi muslimah yang tangguh karena sesuai dengan Hadits yang diriwayatkan oleh Al Imam Muslim bahwa Rasulullah Saw bersabda:
"Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah Subhanahu Wa Ta'ala daripada mukmin yang lemah"

Tiket masuk dan formulir pendaftara Hapkido
Pembicara ketiga ada Ibu Kusuma Wardhani, beliau adalah salah satu inspirator dari Film Tiga Srikandi yang diperankan oleh Bunga Citra Lestari, Chelsea Islan dan Tara Basro. Nah, di seminar kali ini, kita langsung mendengar penuturan dari Ibu Kusuma Wardhani tentang pengalamannya dari mulai mengenal Panahan hingga terpilih menjadi salah satu atlet yang mewakili Indonesia di Olimpic Seoul tahun 1988. Mendengar pengalaman langsung dari ibu Kusuma, jadi ingin download movie nya 3 Srikandi. Hehehe, soalnya belum sempat nonton movienya. Di akhir seminar, kami juga sempat disuguhkan penampilan langsung dari Ibu Kusuma Wardhani memegang Busur Panah dan menembak sasaran. Wuah,, keren banget.. Jadi ngiler langsung mau ikutan jadi pemanah juga.

Dan pembicara keempat ada Kak Sri Rahmi Mahmud atau biasa disapa dengan Kak Amy. Dengan seragam hitam Hapkido nya, Kak Amy membawakan seminar dengan keren. Kak Amy ini adalah Pendiri dari Hapkido Makassar dan Sikola Makassar. Awal dari berdirinya Hapkido Makassar adalah karena Keprihatinan Kak Amy melihat kondisi saat ini. Dimana para wanita sering menjadi objek kekerasan dan menjadi korban. Dan karena merasa malu dan berada di pihak yang lemah, wanita yang melaporkan tindak kekerasan pada pihak berwajib masih sangat sedikit. Akhirnya Kak Amy ini berinisiatif membentuk wadah bagi para wanita untuk belajar bela diri. Bukan untuk mengungguli laki-laki, tetapi sebagai bentuk pertahanan diri apabila dikemudian hari tiba-tiba kita sebagai wanita menjadi korban kekerasaan atau pelecehan. Selain mengungkapkan alasan-alasan tentang perlunya wanita mempelajari Olahraga Bela Diri, Kak Amy juga memberi sedikit tips praktis bagi wanita untuk melindungi diri, yaitu dengan menyerang lawan di titik-titik vital diantaranya: Kening, Leher atau kerongkongan, selangkangan, ulu hati, tulang iga, paha atas, dan tulang kering.

Mbak Amy selaku pendiri Hafkido family Makassar
Setelah mengikuti seminar ini, pikiranku jadi terbuka bahwa seorang muslimah itu tidak hanya dituntut untuk menjadi anggun tetapi juga harus Berani, Tangguh, dan Berkarakter. "Berani, Tangguh dan berkarakter" itu adalah yel-yel di seminar ini. Entah berapa kali kami peserta di suruh meneriakkan kata-kata itu. Mungkin lebih dari 20 kali. Semoga bisa benar-benar tertanam di otak dan dalam diri. Menjadi Muslimah yang anggun dalam balutan jilbab yang syar'i, senantiasa menundukkan pandangan, tetapi tetap berani menyuarakan keadilan, Memiliki karakter yang kuat dan Pribadi yang tangguh.
Acara Pertunjukkan Panah dari Mushaf (Muslimah Hafkido)
Nah, untuk kawan-kawan yang juga berminat untuk ikut latihan bela diri dan memanah di Hapkido family, bisa langsung datang ke alamat Markas Besar Hapkido Family di Jalan Naja Dg Nai Lorong 3 No. 11 Kelurahan Rapokalling Kecamatan Tallo Kota Makassar Sulawesi Selatan. Selain di Markas Besar, kita juga bisa ikut latihan di Salon Muslimah Aromatik Makassar, Sekolah Al Biruni Jipang Makassar, dan Butik Iffah Abdesir Makassar. Jadwal latihan tak sama, tergantung dari tempat nya masing. Untuk biaya pendaftaran dan Iuran: 
Mahasiswa Rp 75.000/ bulan
Umum       Rp 150.000/bulan

Untuk Contact Person nya bisa hubungi Ukh Putry di nmr 085 242 832 946


Rasulullah bersabda:
"Sesungguhnya Allah Azza Wajalla akan memasukkan tiga orang kedalam surga lantaran satu anak panah, orang yang ketika membuatnya mengharapkan kebaikan; orang yang menyiapkannya di Jalan Allah serta orang yang memanahkannya di Jalan Alah". Beliau bersabda lagi : Berlatihlah memanah dan berkuda. Dan jika kamu memilih memanah maka hal itu lebih baik daripada berkuda"

Comments

  1. Afwan, ini terbuka untuk umum??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ukh, setahuku ini hanya terbuka untuk para akhwat/wanita
      Dan kelas untuk anak-anak dipisahkan dengan kelas dewasa

      Delete
  2. Assalamu'alaikum ukh,jadi itu nggak bisa yah ukh ngambil hapkido sama panahan?? ? harus salah satunya yah ukh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam warahmatullah Ukh, bisa kok ambil kelas hapkido dan panahan langsung
      Setahu saja jadwal panahan dan hapkido nya terpisah.
      Banyak juga kok akhwat yang ambil hapkido dan panahan langsung ^_^

      Delete
  3. Ukh.. Ada kelas panahan pemula di al biruni jipang? Jadwalnya setiap hari apa dan jam berapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelasnya tidak setiap hari kok ukhty...Biasax cuma tiga kali seminggu. Untuk lebih jelasnya silahkan ke tempatnya langsung ukh..Makasih udh mampir..Salam kenal

      Delete
  4. Ukh.. Ada kelas panahan pemula di al biruni jipang? Jadwalnya setiap hari apa dan jam berapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk saat ini saya juga kurang tahu apa di Al Biruni Jipang buka kelas panah atau tidak. Soalnya ada batas minimal untuk pembukaan kelas panahan. Jadi kalo pendaftar belum mencapai kuota peserta minimal, kelasnya belum bisa dibuka. Tetapi untuk lebih jelasnya silahkan hubungi Ukh Putry di 085242832946 untuk info lebih lanjut

      Delete
  5. Assalamualaikum... Sy tertarik dgn hapkido dan panahannya. Jika ingin tau lebih lanjut, sy harus kemana?alamatnya dimana? Adakah no tlp/wa yg bisa di hubungi?

    ReplyDelete
  6. Ukti kalau kita tidak punya panah, tpi saya mau daftar memanaha bisa gak.. ?

    ReplyDelete
  7. Walaupun tak punya panah, masih bisa daftar kok ukh ^_^
    di tempat latihan ada panah yang disediakan

    ReplyDelete
  8. Walaikumsalam Mbak Nayla Girl ^_^
    Kalo untuk tahu lebih lanjut silahkan hubungi Ukh Putry bisa via WA jg kok di nomor 085242832946 atau bisa langsung ke markas besar Hapkido yang beralamat di Jalan Naja Dg Nai Lorong 3 No.11 Kelurahan Rapokalling Kecamatan Tallo Makassar

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum ukh.
    Mau tanya bagaimana cara daftarnya kak...

    ReplyDelete
  10. Walaikumsalam warahmatullah ukh Sukmawati..
    Untuk daftarnya bisa langsung ke Markas Hapkido di alamat Jalan Naja Dg Nai Lorong 3 No. 11 Kelurahan Rapokalling Kecamatan Tallo Kota Makassar Sulawesi Selatan atau hubungi Contact Person ini untuk tahu lebih jelasnya (Ukh Putry di 085242832946)

    ReplyDelete
  11. Ukhti ini masih bisa mendaftar hapkido ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya ada kuota minimum untuk pembukaan kelas baru Ukh. Jadi silahkan hubungi Ukh Putry di 085242832946 untuk info lebih lanjut.
      Makasih Udah mampir ^_^

      Delete
  12. Masih terbuka pendaftraany ukh.?

    ReplyDelete
  13. Untuk informasi lebih lanjutnya bisa silahkan hubungi contact person ini ya, namanya Putry: 085242832946
    Makasih Udah mampir ^_^

    ReplyDelete
  14. Nomornya gak bisa dihubungi...mau tanya tmpat latihannya dimana?? Dan bisa tiap sabtu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf kak, mungkin bisa langsung datang ke beberapa tempat yg saya sebutkan di atas untuk lebih lanjutnya.Soalnya saya juga cuma punya 1 nomor contact person aja

      Delete
  15. Bismillah..hallo teman2 semua perkenalankan saya uswah, saya adalah salah satu member dari MUSHAF, buat teman2 yg mau daftar beladiri dan memanah silah hubungan no. Sya yah 085394096946

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kakak udah dibantu jawab,,
      Aku mau banget jadi member MUSHAF juga tetapi belum nemu waktu yang pas aja,,

      Delete
  16. Atau bisa juga kunjungi Ig Mushaf178

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung ^_^
Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan

Popular posts from this blog

Surat Noura untuk Fahri (AAC)

Kepada  Fahri Bin Abdillah, seorang Mahasiswa dari Indonesia yang lembut hatinya dan berbudi mulia     Assalamualaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh, Kepadamu kukirimkan salam terindah, salam sejahtera para penghuni surga. Salam yang harumnya melebihi kesturi, sejuknya melebihi embun pagi. Salam hangat sehangat sinar mentari waktu dhuha. Salam suci sesuci air telaga Kautsar yang jika direguk akan menghilangkan dahaga selama-lamanya. Salam penghormatan, kasih dan cinta yang tiada pernah pudar dan berubah dalam segala musim dan peristiwa. Wahai orang yang lembut hatinya,      Entah dari mana aku mulai dan menyusun kata-kata untuk mengungkapkan segala sedu sedan dan perasaan yang ada di dalam dada. Saat kau baca suratku ini anggaplah aku ada di hadapanmu dan menangis sambil mencium telapak kakimu karena rasa terima kasihku padamu yang tiada taranya.      Wahai orang yang lembut hatinya,       Sejak aku kehilangan rasa aman dan kasih sayang serta merasa sendirian ti

JALAN JALAN KE PERPUSTAKAAN WILAYAH MAKASSAR Yuuk...

Yeay... Libur... Hari ini hari sabtu.. mestinya masih harus masuk kantor. Tetapi karena ahad kemarin masih harus kerja.. jadinya hari sabtu ini bisa libur... Yeay senang nya. Rencana nya mau pulang kampung, lumayan bisa dua hari di rumah. Bisa memecahkan celengan rindu yang rasanya sudah mau meledak.. tetapi gak jadi gara-gara harus menemani adik ku ujian masuk sebuah perguruan tinggi. Tiga tahun lalu aku juga masih ingat saat mengantarnya mengikuti tes Sekolah Menengah Atas. Sekarang dia sudah akan berstatus Mahasiswa. Sepertinya waktu berjalan sangat cepat. Aku dan adikku beda usia 8 tahun, melihat nya sebentar lagi akan masuk Kuliah, membuatku merasa sudah menjadi sangat tua. Aku gak tua tua amat kok... Iyakan? Jadi sementara adik ku mengikuti ujian, aku sibuk keliling-keliling kampus mencari perpustakaan, lumayan bisa berteduh sambil baca buku. Tetapi ternyata, eh ternyata perpustakaan kampus lagi gak buka kalo hari sabtu. Em... jadi saya harus nunggu dimana dong? Dan

Cerita tentang Perjalanan Pertamaku Keluar Negeri

Mimpi untuk jalan-jalan keluar negeri dimulai dari dua tahun yang lalu. Saat senior di tempat kerja yang biasa kupanggil Kak Ayu memberi oleh-oleh gantungan kunci perak bertuliskan Macau. Walaupun cuma gantungan kunci, aku senang bukan main. Karena dapat oleh-oleh dari luar negeri itu sangat langka buatku pribadi, hehehe. Akhirnya sejak saat itu, travelling keluar negeri selalu jadi resolusi di awal tahun. Dan Alhamdulillah tahun ini bisa terwujud yeay.... Sebelum keluar negeri, aku sudah pernah naik pesawat sekali. Dan itu bukan untuk jalan-jalan tetapi dalam rangka ikut test CPNS di Tangerang (Baca ceritanya disini) . Sejak saat itu, aku berharap bisa naik pesawat lagi. Naik pesawat itu rasanya seru,, hahahah mungkin karena jarang kulakukan, jadinya begitu sangat luar biasa untukku. Aku merasakan jantung dag dig dug saat pesawat tinggal landas, gendang telinga yang mendengung saat pesawat sudah mengudara lalu merasa excited luar biasa saat melihat cantiknya awan-awan yang