Skip to main content

Review Drama Korea Manhole:

Sekarang lagi gemes-gemesnya nonton Drama Korea dengan judul Man Hole "Phil From Wonderland" Yaps drama korea yang dibintangi oleh Kim Jae Joong ini baru tayang di Stasiun TV KBS2 Korea sebanyak 12 Episode. Aku sendiri baru nonton sampe episode 9. Dan aku putuskan buat reviewnya disini.

Judul Drama Korea:  Manhole (Wonderland's Phil)
Penulis                  : Lee Jae Gon   
Jadwal Tayang       : 09 Agustus-28 September 2017
Jumlah Episode      : 16 Episode
Hari Tayang           : Rabu dan Kamis di Korea Selatan
Genre                    : Fantasi Romance
Pemain Utama        : Kim Jae Joong, UEE, Jung Hye Seong dan Baro


Drama korea ini tentang kisah cinta dan persahabatan antara 7 anak muda. Kisah cinta dan persahabatan sudah banyak seh sebenarnya. Tetapi kisah diantara mereka lumayan unik. Karena diantara tujuh orang ini terjalin kisah cinta segitiga dan segi empat. Hohoho. Pokoknya ribet dah. Nah kisah cinta dan persahabatan mereka diceritakan dengan acak karena memakai alur maju mundur. Jadi kisah mereka diceritakan bolak balik masa lalu dan masa depan dengan tokoh utama melintasi waktu. Saya selalu suka tentang kisah perjalanan waktu seperti itu. Mirip sama cerita Doraemon, Inuyasha, atau splash splash love. Tetapi yang unik di drama ini, karena perjalanan waktunya menggunakan manhole. Jadi ceritanya si tokoh utama Bong Phil yang diperankan oleh Kim Jae Joong terhisap ke dalam Manhole (Saluran Got). Lewat manhole itu Bong Phil melakukan perjalanan waktu bolak balik ke masa lalu dan masa depan.

Manhole Phil
Awal cerita, Sang Tokoh Utama Bong Phil (diperankan oleh Kim Jae Joong), Pria usia 28 tahun berstatus pengangguran yang merasa stress dan sangat depresi karena tak bisa menerima kenyataan. Sang Pujaan hatinya akan menikah seminggu lagi. Dalam rasa sedih dan penyesalan ia memohon agar bisa memutar kembali waktu. Agar ia bisa memperbaiki hubungannya dengan Kang So Jin.

Bong Phil yang merasa strees karena pernikahan So Jin

Kang Soo Jin adalah gadis pujaan hati Bong Phil. Diperankan oleh si cantik UEE. Mereka berdua tumbuh di lingkungan yang sama. Bahkan rumah Bong Phil dan So Jin bersebelahan dan hanya dipisahkan oleh tembok saja. Mereka lahir di rumah sakit yang sama dengan selisih tiga hari. Belajar di sekolah yang sama sejak SD hingga SMA membuat mereka berdua dekat. Bong Phil bahkan memendam rasa suka pada So Jin selama 20 tahun lamanya. Hari-harinya ia lewati untuk terus memberikan kebahagiaan buat So Jin. Bong Phil bahkan mencuri kamera digital milik ayahnya lalu memberikannya pada So Jin yang hobby memotret. Tetapi ternyata segala pengorbanan yang ia lakukan bertahun-tahun lamanya jadi sia-sia. So Jin memilih untuk menerima lamaran pria lain. 

So Jin cantik di hari pernikahannya
Bong Phil lalu diberikan kesempatan untuk kembali ke masa lalu, agar bisa merubah Takdir So Jin yang menikah dengan pria lain. Tetapi ternyata semuanya tak berjalan dengan lancar. Bong Phil tak bisa memilih dimana dan kapan moment dalam hidupnya terulang. Bagusnya masa lalu yang buruk bisa ia ubah agar tidak terjadi. Tetapi jeleknya, masa lalu yang berubah membuat masa kini juga berubah. Hal buruk yang ia hindari malah membuat masa depan jadi berantakan.

Bong Phil memberikan kejutan untuk So Jin
Manhole membuat tubuh Bong Phil terlempar-lempar antara masa lalu dan masa depan yang tak bisa ia tebak. Dan ini yang membuat ceritanya jadi sangat unik.Suatu waktu Bong Phil menghindar dari Pukulan Pacar So Jin di masa lalu. Tetapi kemudian saat Bong Phil berada di masa depan, ia tetap tak bisa bersama dengan So Jin karena dia mendapati dirinya sebagai preman. Suatu waktu Bong Phil berusaha menyelamatkan So Jin dari kobaran api, harapannya dengan begitu di masa depan ia bisa menikah dengan So Jin. Tetapi yang terjadi malah Bong Phil membuat So Jin menderita selama bertahun-tahun karena harus menunggu Bong Phil sadar dari Koma. Kisahnya benar-benar unik. Karena selalu ada kejutan tiap episodenya. Hohoho maafkan spoiler panjang di atas. Hihihi

Bong Phil yang melakukan prawedding dengan Jin Sook
Selain kisah cinta segi empat antara Bong Phil, Soo Jin, Jin Sook dan Suk Tae. Ada juga kisah cinta segitiga antara Dal Soo, Jung Ae, dan Goo Gil. Kisah percintaan mereka menyedihkan. Mereka Saling mencintai tetapi bagaimana pun mereka berusaha akhirnya malah tak bisa bersama. Tetapi karena drama nya belum ending,, penonton belum tahu siapa yang akan menjadi pasangan pada akhirnya. Semoga tidak ada sad ending... seperti moon lovers scarlet... Hiks..
Aigoo.. bahkan saat bersedih pun Bong Phil tetap ganteng parah

Setelah nonton drama korea ini saya jadi yakin bahwa Jodoh adalah Takdir yang dapat diusahakan. Tetapi yang namanya takdir, usaha kita hanya satu variabel saja, sebab ada variabel lain yang juga ikut mempengaruhi. Termasuk variabel lain tersebut adalah keputusan terbaik dari Tuhan. Jadi Jika kau yakin dia adalah jodohmu, maka berusahalah yang terbaik untuk mendapatkan si dia. Tetapi kamu harus tahu bahwa sekuat apapun kamu berusaha, kalo dia memang bukan ditakdirkan untukmu. Maka kamu tak akan bisa bersamanya. 

And The Last minjem quotes nya Bong Phil disaat ia berlumuran darah ia berkata "Dahulu kupikir kebahagiaanku adalah saat bersama dirimu, tetapi ternyata aku salah. Seringnya aku keluar masuk manhole dan menjelajah waktu, pada akhirnya aku menyadari bahwa kebahagiaanmu adalah yang terpenting. Saat melihat kau tersenyum, aku pun akan tersenyum. Dan saat melihat dirimu bahagia, aku pun bisa ikut berbahagia. Oleh karena itu, kamu harus terus bahagia. Agar akupun bisa merasa berbahagia untukmu"

Comments

  1. Ini dramanya udah tamat kah Mba? Jadi penasaran pengen nonton ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tamatnya baru minggu depan mbak Ira ^_^
      Minggu ini yg tayang baru nyampe eps 14, tetapi titik terang ttg siapa Jodoh Bong Phil udah ketahuan seh hehehehe

      Delete

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung ^_^
Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan

Popular posts from this blog

Surat Noura untuk Fahri (AAC)

Kepada  Fahri Bin Abdillah, seorang Mahasiswa dari Indonesia yang lembut hatinya dan berbudi mulia     Assalamualaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh, Kepadamu kukirimkan salam terindah, salam sejahtera para penghuni surga. Salam yang harumnya melebihi kesturi, sejuknya melebihi embun pagi. Salam hangat sehangat sinar mentari waktu dhuha. Salam suci sesuci air telaga Kautsar yang jika direguk akan menghilangkan dahaga selama-lamanya. Salam penghormatan, kasih dan cinta yang tiada pernah pudar dan berubah dalam segala musim dan peristiwa. Wahai orang yang lembut hatinya,      Entah dari mana aku mulai dan menyusun kata-kata untuk mengungkapkan segala sedu sedan dan perasaan yang ada di dalam dada. Saat kau baca suratku ini anggaplah aku ada di hadapanmu dan menangis sambil mencium telapak kakimu karena rasa terima kasihku padamu yang tiada taranya.      Wahai orang yang lembut hatinya,       Sejak aku kehilangan rasa aman dan kasih sayang serta merasa sendirian ti

JALAN JALAN KE PERPUSTAKAAN WILAYAH MAKASSAR Yuuk...

Yeay... Libur... Hari ini hari sabtu.. mestinya masih harus masuk kantor. Tetapi karena ahad kemarin masih harus kerja.. jadinya hari sabtu ini bisa libur... Yeay senang nya. Rencana nya mau pulang kampung, lumayan bisa dua hari di rumah. Bisa memecahkan celengan rindu yang rasanya sudah mau meledak.. tetapi gak jadi gara-gara harus menemani adik ku ujian masuk sebuah perguruan tinggi. Tiga tahun lalu aku juga masih ingat saat mengantarnya mengikuti tes Sekolah Menengah Atas. Sekarang dia sudah akan berstatus Mahasiswa. Sepertinya waktu berjalan sangat cepat. Aku dan adikku beda usia 8 tahun, melihat nya sebentar lagi akan masuk Kuliah, membuatku merasa sudah menjadi sangat tua. Aku gak tua tua amat kok... Iyakan? Jadi sementara adik ku mengikuti ujian, aku sibuk keliling-keliling kampus mencari perpustakaan, lumayan bisa berteduh sambil baca buku. Tetapi ternyata, eh ternyata perpustakaan kampus lagi gak buka kalo hari sabtu. Em... jadi saya harus nunggu dimana dong? Dan

Cerita tentang Perjalanan Pertamaku Keluar Negeri

Mimpi untuk jalan-jalan keluar negeri dimulai dari dua tahun yang lalu. Saat senior di tempat kerja yang biasa kupanggil Kak Ayu memberi oleh-oleh gantungan kunci perak bertuliskan Macau. Walaupun cuma gantungan kunci, aku senang bukan main. Karena dapat oleh-oleh dari luar negeri itu sangat langka buatku pribadi, hehehe. Akhirnya sejak saat itu, travelling keluar negeri selalu jadi resolusi di awal tahun. Dan Alhamdulillah tahun ini bisa terwujud yeay.... Sebelum keluar negeri, aku sudah pernah naik pesawat sekali. Dan itu bukan untuk jalan-jalan tetapi dalam rangka ikut test CPNS di Tangerang (Baca ceritanya disini) . Sejak saat itu, aku berharap bisa naik pesawat lagi. Naik pesawat itu rasanya seru,, hahahah mungkin karena jarang kulakukan, jadinya begitu sangat luar biasa untukku. Aku merasakan jantung dag dig dug saat pesawat tinggal landas, gendang telinga yang mendengung saat pesawat sudah mengudara lalu merasa excited luar biasa saat melihat cantiknya awan-awan yang