Saturday, September 12, 2015

Review Buku How To Master Your Habits - Felix Y. Siauw


Judul Buku        : How to Master Your Habits
Penulis Buku      : Felix Y.Siauw
Genre                : Non Fiksi – Motivasi
Penerbit            : Al Fatih Press
Tahun Terbit      : Maret, 2013
Cetakan             : ke 6, Maret 2014
Tebal                 : 169 Halaman

Alhamdulillah, akhirnya bisa nambah koleksi buku baru lagi. Kali ini buku cantik dengan latar putih ini menjadi penghuni baru kamar ku bersama beberapa deretan buku lain. Ini jadi buku pertama karya Felix Y. Siauw yang ku punya. Smoga bisa segera membeli buku-buku karya Felix Y. Siaw yang lain.

Ok.. Pertama, kita berbicara tentang cover buku yang hanya di nominasi dengan tiga warna, yaitu: Putih, Hijau, dan Hitam. Cover nya bisa dikatakan sederhana namun tetap manis karena di tengah cover nampak sebuah pohon yang tumbuh subur. Sebelum membaca buku ini, saya sempat bertanya–tanya kenapa harus gambar pohon? Dan akhirnya saya menemukan jawaban nya setelah membaca setengah dari buku ini, bahwa kebiasaan atau habits itu mirip seperti pohon. Yang awalnya membutuhkan perjuangan keras untuk bisa tumbuh tetapi setelah tumbuh besar ia akan sulit untuk dikendalikan.

Itu baru covernya, setelah mulai membuka lembar demi lembar, ternyata bagian dalam nya juga unik. Pertama, penempatan nomor halaman yang biasanya berada di bagian atas tengah, atau atas sudut kiri atau bagian bawah tengah atau bawah sudut kiri. Kalau di buku ini nomor halamannya ada di sebelah kiri tulisan pas di tengah. Kedua, buku ini tidak hanya berisi tulisan saja, ada banyak ilustrasi gambar yang menggemaskan di dalamnya. Jadi rasanya saya tak ingin lama-lama membiarkan nya tergelatak begitu saja di sudut kamar. Cara penulisannya yang lugas, mudah dipahami, dan tak terkesan menggurui juga menjadi salah satu daya tarik buku ini. Selain itu ada banyak qoutes-quotes dan kisah-kisah memotivasi di dalamnya.

Ne.... saya bagi beberapa quote nya:
  • Habits adalah pelayan kita, pekerja kita. Seandainya kita telah cukup mengajarinya maka mereka akan melakukan hal itu secara otomatis (hal.36)
  • Tidak memiliki tujuan yang pasti dalam hidup sama seperti lari dalam lingkaran yang tak ada habis nya (hal.56)
  • Undanglah hiu-hiu kecil dalam kehidupan kita, agar hidup kita jadi lebih dinamis (hal.60)
  • Membaca buku adalah sejenis bentuk ketagihan seperti spiral melebar terus membesar satu buku akan mengajak pada dua buku lalu dua buku pada tiga buku dan seterusnya (hal 115)
Jadi intinya buku ini mengatakan bahwa keahlian apa pun itu, kebiasan apa pun itu kalau kita bertekad untuk menguasai nya maka kita pasti bisa. Dengan pengulangan dan latihan terus – menerus, maka habits itu akan melekat dengan sendirinya.




0 comments:

Post a Comment