Sunday, March 13, 2016

Review Buku Backpacking 101

Judul Buku               : Backpacking 101 "Catatan Praktis untuk backpacker pemula"
Penulis                     : Herajeng Gustiayu
Penerbit                   : PT Elex Media Komputindo Jakarta
Tahun Terbit             : 2012
Cetakan                    : Kedua, Februari 2013




Mengawali tulisan ini saya ingin mengutip ayat dalam Al Qur'an untuk melakukan perjalanan. Terdapat dalam Surah Al Mulk ayat 15 "Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki Nya. Dan hanya kepada Nya lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan".

Yaps.. melakukan perjalanan atau travelling termasuk ibadah loh. Tetapi itu jika dilandasi dengan niat untuk mencari rahmat Allah. Dengan begitu saat melangkahkan kaki di tempat yang baru, melakukan perjalanan di buminya Allah, hati kita akan tersadar, bahwa sesungguhnya kita manusia sangatlah kecil, dan menyadari ke Maha Besaran Sang Pencipta.


Sumber Gambar: www.ayotravelling.com

Alasan sebelum melakukan perjalanan harus lah jelas. Karena seringkali saat ingin bepergian ke suatu tempat, orang-orang sekitar kita akan berkata "Ngapain kesana seh? Buang-buang tenaga, Ngabisin duit pula. Mending duitnya ditabung untuk hal- hal yang lebih berguna. Sebenarnya mereka gak tahu makna dari sebuah perjalanan jauh lebih dalam dari sekedar jalan-jalan atau rekreasi. 

Dengan melakukan perjalanan, kita akan lebih mengenal diri sendiri, melihat dengan sudut pandang yang baru dan mendapatkan pengalaman baru. Karena itu Pengalaman tak ternilai harganya guys.. Tetapi biaya untuk travelling kan mahal??? apalagi kalo keluar negeri, yah.. orang kere kayak aku mah cuma bisa mimpi. 

Eitss.. gak boleh ngomong gitu.. Banyak jalan kok menuju Roma. Banyak cara juga untuk melakukan travelling. Nah buku ini bisa jadi salah satu panduan buat kamu yang ingin jalan-jalan tetapi dengan budget terbatas. Judulnya "Backpacking 101-Catatan praktis untuk Backpacker Pemula". Waktu pertama kali baca judulnya, saya langsung bertanya-tanya dalam hati "Buku ini ada hubungan nya sama anjing dalmations 101 ya" hehehehe oke abaikan. Back To The Topic




Bagian Pertama dibuka dengan Judul "Backpacker artinya apa sih?" di bab ini penulis mengajak kita untuk berangkat travelling sekarang juga, serta menjelaskan arti travelling, alasan mengapa perlu melakukan travelling dan manfaat yang didapat setelah melakukan travelling. Selain itu sesuai judul nya, di bab ini penulis menjelaskan beberapa istilah yang terkait dengan backpacker atau backpacking. Serta perbedaan antara backpacker, budget traveler, Independent Traveler, dan Flash Packer. Yah intinya seh itu semua berarti orang yang melakukan perjalanan. Bedanya dilihat dari budget dan lama perjalanan. Nah..kalo Backpacker sendiri berarti orang yang melakukan perjalanan dengan dana terbatas serta menggunakan backpack (ransel) demi alasan mobilitas. Dan Aktivitasnya disebut sebagai Backpacking (hal.7)

Bagian Kedua berjudul "Persiapan Backpacking". Setelah membaca bab 1 yang menjelaskan betapa serunya melakukan sebuah perjalanan. Langkah selanjutnya tentulah melakukan persiapan. Sebelum memulai hunting lokasi, sebaiknya kamu tanya 6 pertanyaan ini dulu pada diri kamu:
1. Aktivitas perjalanan apa saja yang kamu sukai?
2. Berapa lama waktu yang kamu punya?
3. Berapa banyak uang yang mau kamu anggarkan untuk jalan-jalan?
4. Apakah kamu akan berangkat sendiri atau bersama teman?
5. Tipe Traveler seperti apa kamu?
6. Apa pengalaman yang ingin kamu capai dalam perjalanan ini?

Nah dengan menjawab 6 pertanyaan ini terlebih dahulu, maka persiapan yang akan kamu lakukan jauh lebih mantap. Kamu bisa mulai menabung jauh jauh hari demi mencapai budget yang kamu anggarkan. Kamu bisa mulai melihat-lihat kalender untuk ambil cuti tahunan. Dan kamu juga bisa mulai menyusun agenda perjalanan mu mulai dari sekarang.


Sumber Gambar www.hanimuns.com
Di bab dua ini, kamu akan membaca berbagai macam tips untuk menunjang keberhasilan perjalanan kamu. Mulai dari bagaimana mencari teman perjalanan, Menenangkan keluarga yang ditinggalkan di rumah, bagaimana mempersiapkan anggaran untuk jalan-jalan, sampai dengan hunting objek wisata. Pokoknya di Bab dua ini, kamu dianjurkan untuk melakukan riset, riset, dan riset.

Lanjut ke bab tiga judulnya "Perencanaan Perjalanan". Nah kalo di bab dua udah mulai selesaikan melakukan persiapan dengan riset, googling, searching atau browsing di internet. Sekarang waktu nya mulai menyusun rencana perjalanan, bahasa kerennya Itinerary atau diartikan rancangan atau jadwal perjalanan. Saat mulai menyusun itinerary ini, kamu harus sudah tahu tempat yang hendak kamu tuju, sudah menentukan dan menghitung biaya perjalanan, objek wisata yang ingin kamu kunjungi disana, serta rute perjalanan dan persiapan-persiapan lainnya. Sebuah itinerary yang baik akan memaksimalkan efektivitas perjalanan kamu. Dan hal-hal penting lainnya yang perlu kamu ingat sebelum berangkat yaitu
1. Memasukkan semua detail informasi seperti tempat kamu menginap dan nomor       kontaknya. 
2. Lalu Cetak di selembar kertas untuk peganganmu selama di perjalanan.
3. Jangan lupa untuk memberikan salinannya kepada orang rumah.
4. Jangan terlalu banyak memasukkan tempat yang ingin kamu kunjungi ke dalam jadwal     satu hari. Karena ada kemungkinan kamu malah tidak akan dapat menikmati perjalanan   karena waktu mu habis untuk mengikuti jadwal yang kamu buat.
   Perhatikan lokasi satu objek satu dengan yang lainnya. Cek di Google Maps, apakah masih  dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau harus dengan kendaraan. Perkirakan pula  waktu perjalanan yang akan terpakai apabila kamu berjalan kaki maupun menggunakan    kendaraan saat mencapai lokasi objek wisata.
5. Ingat untuk tetap fleksibel. Kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi selama   di jalan, maka buatlah itinerary sebagai panduan bukan sebagai peraturan. (hal.101)

Di buku ini kamu juga bisa dapat tambahan referensi mulai dari website untuk hunting tiket pesawat murah, akomodasi murah, serta website komunitas backpacker yang pasti akan bermanfaat untuk  rencana perjalanan kamu. Selain itu kamu juga akan menjumpai berbagai macam tips perjalanan mulai dari memilih akomodasi, Tips memilih ransel, sampai dengan tips berkemas. 

Pokoknya buku ini komplit banget dah.. baca buku ini rasanya langsung mau pesan tiket perjalanan sekarang juga. Tetapi pas ngecek saldo ATM tiba-tiba suasana jadi suram, "Saldo anda tidak mencukupi untuk melakukan transaksi ini".. Ya udah, mulai nabung dari sekarang aja dulu... Tahun ini travelling yuuuk ^_^



0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung ^_^
Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan