JANGAN MALAS MINUM AIR PUTIH

     Beberapa waktu tiba-tiba aku merasa demam, badan pegal-pegal, lidah pahit dan tenggorokan sakit. Demam tidak selalu menandakan kita menderita penyakit yang serius jika tidak dibarengi dengan gejala yang lain. Jika hanya suhu badan yang berada di atas normal berarti prajurit kekebalan tubuh sedang berjuang untuk melawan infeksi yang diakibatkan virus, bakteri, atau parasit yang diam-diam masuk ke dalam tubuh. Saat demam seperti ini, aku bertahan untuk tidak minum obat (seringnya saat minum obat, obatnya malah nyangkut di tenggorokan). Jika masih bisa kutahan, aku memilih untuk minum banyak air putih dan istirahat yang cukup.


     Berbicara masalah air putih, ternyata masih banyak loh orang yang malas minum air putih. Padahal air adalah cairan yang memberi kehidupan. Menurut Buku "Meningkatkan  Daya Tahan Tubuh karya Dr Kenneth Cooper" Minum air memberikan banyak sekali manfaat diantaranya adalah:

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

     Mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindar dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien dengan bantuan air. Selain itu, air putih juga dapat membuat tubuh lebih berenergi, memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, mencegah penyakit batu ginjal, dan penyakit hati.


2. Sebagai bentuk perawatan kecantikan

     Air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit. Air juga dapat memberikan nutrisi yang baik pada sel-sel kulit. Selain dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh, minum air putih dapat membuat kamu lebih segar dengan kulit yang bercahaya. Lalu apa akibat kekurangan air bagi kulit? Bila kita kurang minum air, tubuh akan menyerap kandungan air yang ada di dalam kulit sehingga kulit menjadi lebih cepat kering dan berkerut. 

3. Membantu kesuburan
    Jika mengkonsumsi air putih secukupnya dapat membantu membuang racun dan menyehatkan kulit, ternyata mandi dengan air dingin di pagi hari dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Selain itu, mandi air dingin di pagi hari dapat membuat peredaran darah lancar serta meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Menyehatkan Jantung

    Air juga diyakini dapat menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran pernafasan, usus dan penyakit kewanitaan. Sedangkan bagi penderita penyakit kulit dan stroke, bisa menggunakan air panas sebagai media penyembuhan. Sebab air tersebut membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah. Efek panas menyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran. 

5. Menguruskan Badan

     Bukan rahasia lagi bahwa air putih dapat membantu diet seseorang. Dengan minum banyak air putih, memberikan sensasi kenyang dan menunda rasa lapar. Bagi yang ingin menguruskan badan, minum air putih hangat sangat disarankan, karena tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Selain itu, air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat air kencing. 
  
     Tubuh manusia 75% terdiri atas air. Kekurangan air bagi darah akan sangat berbahaya bagi tubuh. Sebab, darah akan menjadi kental. Akibatnya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan pun bisa terganggu. Darah yang kental tersebut juga akan melewati ginjal yang berfungsi sebagai filter atau alat yang menyaring racun dari darah. Ginjal memiliki saringan yang sangat halus sehingga jika harus menyaring darah yang kental, ginjal harus bekerja  ekstra keras. Bukan tidak mungkin ginjal akan rusak dan bisa saja kelak kita harus rutin melakukan cuci darah atau hemodialisis. 
     Itu baru pengaruh kurang air bagi ginjal. Lalu bagaimana dengan otak? Perjalanan darah yang kental tersebut juga akan terhambat saat melewati otak. Padahal sel-sel otak paling boros mengonsumsi makan dan oksigen yang dibawa oleh darah. Sehingga fungsi sel sel otak tidak berjalan optimal dan bahkan bisa membuat sel-sel dalam otak mati. Kondisi tersebutlah yang bisa mengakibatkan timbulnya stroke. 
Oleh karena itu, jangan sampai kekurangan air ya. Dan jangan lupa juga membiasakan diri untuk mengucapkan Bismillah sebelum minum. 
Wassalam
^_^

source: www.dream.co.id

2 komentar:

  1. Wow, minum air putih bisa bikin kurus. Tapi memang ya, kalau bangun tidur minum segelas air putih itu rasanya sudah kenyang. Nggak mikir mau ngemil.

    ReplyDelete
  2. Ho'oh bener banget mbak
    Makasih Mbak Nur Rochma udah mampir ^_^

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah berkunjung ^_^
Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan

 
GORESAN SANG PEMULA Blogger Template by Ipietoon Blogger Template