Skip to main content

TENTANG 1M1C (SATU MINGGU SATU CERITA)



Beberapa hari lalu iseng buka website 1M1C dari hape. Dan pas klik linknya tiba-tiba aku gak bisa masuk seperti biasa. Email dan passwordku tidak berfungsi dan malah diminta untuk registrasi ulang. Terus aku berpikir,"Ah aku udah dikick ternyata". Ya,wajarlah.Aku sudah tidak pernah menulis berminggu-minggu lamanya. Terakhir, aku berencana menulis bulan lalu, tetapi gak jadi karena tiba-tiba aku bad mood. Akhirnya setelah ditunda-tunda,taunya itu jadi kebiasaan. Dan terakhir kali kucek, aku bolos sudah lima kali...Dan minggu ini pas mau masuk webnya ternyata gak bisa lagi. Jadi saat itu aku berpikir bahwa aku sudah bolos lebih dari enam kali, yang berarti jatah bolos ku sudah habis dan aku harus keluar dari group karena ternyata aku tidak bisa konsisten untuk menulis. Menyadari hal tersebut aku merasa sedikit terpukul.Bukan karena aku ditendang keluar dari member satu minggu satu cerita1m1c, tetapi karena aku menyadari bahwa aku termasuk dalam golongan orang  yang tak mampu konsisten serta tak bisa memegang janji pada diri sendiri untuk rajin menulis dan mengabadikan kenangan. 

"Ah, ternyata masuk kedalam kelompok pemalas, tidak disiplin, dan suka ingkar janji". Aku baru menyadarinya setelah di keluarkan sebagai anggota.Wuah, padahal aku ingin bisa bertahan sampai akhir. Tetapi ternyata aku tak mampu. 

Aku mulai bergabung di group satu minggu satu cerita 1m1c sejak dua tahun silam. Waktu itu aku mendapat infonya dari instagram. Aku pikir sangat bagus untuk bergabung di salah satu group kepenulisan. Alasannya supaya aku bisa lebih rajin menulisnya serta dapat ilmu baru dari rekan rekan anggota yang lain. Berjalan setahun, aku merasa bahagia bisa terus menulis di blog. Tulisanku tentang hal-hal tak penting mengenai keseharianku kutumpahkan di blog. Aku bahagia bisa menyetorkan tulisan tiap minggunya. Serta saling kunjung mengunjugi blog dari member 1m1c. Aku dapat banyak tambahan ilmu dan pengalaman dari setiap blog yang kubaca. Lingkar pertemanan juga semakin luas. Walaupun tidak pernah bertatap langsung, aku bisa mengenal mereka lewat tulisan - tulisan yang kubaca di blog mereka. Aku bisa ikut merasa sedih atau bahagia, merasa terkesan dan bersemangat saat membaca cerita-cerita para member. Dan secara tidak langsung, hal tersebut membuatku semakin percaya diri untuk terus menulis. Walaupun aku tak tahu adakah orang yang mengambil manfaat dari tulisan-tulisanku. Tetapi aku selalu merasa bahagia saat selesai memposting tulisan dan menyetorkannya di website satu minggu satu cerita. Iya aku selalu merasa bahagia saat menulis. 

Tetapi seiring berjalannya waktu, aku mulai jenuh dan bosan. Mulai bingung harus menulis apa, lalu akhirnya setoran tiap mulai kuabaikan. Dan tanpa kusadari jatah bolosku hampir habis. Dan ternyata hari itu, aku sudah tak bisa sig in di website. Aku jadi merasa sedih. Lalu beberapa hari berikutnya aku mencoba sig in lagi di website 1m1c dan ternyata aku tetap bisa masuk. Wuah bahagianya, ternyata aku belum ditendang. Aku masih punya satu jatah bolos. Dan akhirnya aku segera menyetor tulisan supaya tidak benar-benar dikick. Jadi aku bisa tetap jadi member dan semoga bisa bertahan hingga akhir. 

Group satu minggu satu cerita ato 1m1c adalah group yang dibentuk oleh blogger yang beranggotakan Rahyang, Anil, Gulli, Selly, Jessis, dan Shelly. Mereka berinisiatif untuk membuat komunitas bagi para blogger yang mau berkomitment untuk menulis satu cerita tiap minggunya. Hingga kemudian group ini diberi nama satu minggu satu cerita. Group ini pertama kali dibentuk pada tahun 2014. Lalu saat ini member terus bertambah hingga ratusan orang. Bagusnya komunitas ini memicu para anggotanya untuk terus mengisi blog masing dengan tulisan-tulisan pribadi yang kemudian disetorkan pada website 1m1c. Karena hal tersebut banyak anggota yang kemudian menjadikan menulis sebagai rutinitas menyenangkan yang dilakukan tiap minggunya. Baiknya lagi, tiap minggunya akan dipilih beberapa tulisan favorit dari para member dan kita vote untuk menentukan tulisan terbaik. Jika beruntung, kita akan dapat hadiah dari para sponsor yang dermawan. Kalo pun tidak, tulisan kita bisa di baca banyak orang. Selain itu, baru-baru ini telah diluncurkan buku antologi cerita pendek dari tulisan-tulisan para member. Jadi mewujudan mimpi untuk jadi penulis buku bisa lebih dekat jika bergabung di komunita satu minggu satu cerita ini...

Kalo kamu berminat untuk bergabung, silahkan klik website 1m1c untuk registrasi di link ini: https://member.1minggu1cerita.id/registrasi






Comments

Popular posts from this blog

Surat Noura untuk Fahri (AAC)

Kepada  Fahri Bin Abdillah, seorang Mahasiswa dari Indonesia yang lembut hatinya dan berbudi mulia     Assalamualaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh, Kepadamu kukirimkan salam terindah, salam sejahtera para penghuni surga. Salam yang harumnya melebihi kesturi, sejuknya melebihi embun pagi. Salam hangat sehangat sinar mentari waktu dhuha. Salam suci sesuci air telaga Kautsar yang jika direguk akan menghilangkan dahaga selama-lamanya. Salam penghormatan, kasih dan cinta yang tiada pernah pudar dan berubah dalam segala musim dan peristiwa. Wahai orang yang lembut hatinya,      Entah dari mana aku mulai dan menyusun kata-kata untuk mengungkapkan segala sedu sedan dan perasaan yang ada di dalam dada. Saat kau baca suratku ini anggaplah aku ada di hadapanmu dan menangis sambil mencium telapak kakimu karena rasa terima kasihku padamu yang tiada taranya.      Wahai orang yang lembut hatinya,       Sejak aku kehilangan rasa aman dan kasih sayang serta merasa sendirian ti

JALAN JALAN KE PERPUSTAKAAN WILAYAH MAKASSAR Yuuk...

Yeay... Libur... Hari ini hari sabtu.. mestinya masih harus masuk kantor. Tetapi karena ahad kemarin masih harus kerja.. jadinya hari sabtu ini bisa libur... Yeay senang nya. Rencana nya mau pulang kampung, lumayan bisa dua hari di rumah. Bisa memecahkan celengan rindu yang rasanya sudah mau meledak.. tetapi gak jadi gara-gara harus menemani adik ku ujian masuk sebuah perguruan tinggi. Tiga tahun lalu aku juga masih ingat saat mengantarnya mengikuti tes Sekolah Menengah Atas. Sekarang dia sudah akan berstatus Mahasiswa. Sepertinya waktu berjalan sangat cepat. Aku dan adikku beda usia 8 tahun, melihat nya sebentar lagi akan masuk Kuliah, membuatku merasa sudah menjadi sangat tua. Aku gak tua tua amat kok... Iyakan? Jadi sementara adik ku mengikuti ujian, aku sibuk keliling-keliling kampus mencari perpustakaan, lumayan bisa berteduh sambil baca buku. Tetapi ternyata, eh ternyata perpustakaan kampus lagi gak buka kalo hari sabtu. Em... jadi saya harus nunggu dimana dong? Dan

Cerita tentang Perjalanan Pertamaku Keluar Negeri

Mimpi untuk jalan-jalan keluar negeri dimulai dari dua tahun yang lalu. Saat senior di tempat kerja yang biasa kupanggil Kak Ayu memberi oleh-oleh gantungan kunci perak bertuliskan Macau. Walaupun cuma gantungan kunci, aku senang bukan main. Karena dapat oleh-oleh dari luar negeri itu sangat langka buatku pribadi, hehehe. Akhirnya sejak saat itu, travelling keluar negeri selalu jadi resolusi di awal tahun. Dan Alhamdulillah tahun ini bisa terwujud yeay.... Sebelum keluar negeri, aku sudah pernah naik pesawat sekali. Dan itu bukan untuk jalan-jalan tetapi dalam rangka ikut test CPNS di Tangerang (Baca ceritanya disini) . Sejak saat itu, aku berharap bisa naik pesawat lagi. Naik pesawat itu rasanya seru,, hahahah mungkin karena jarang kulakukan, jadinya begitu sangat luar biasa untukku. Aku merasakan jantung dag dig dug saat pesawat tinggal landas, gendang telinga yang mendengung saat pesawat sudah mengudara lalu merasa excited luar biasa saat melihat cantiknya awan-awan yang