Friday, December 18, 2015

Hujan.. akhirnya ia datang dan menetap disini....

Sungai yang mulai kering


Setelah beberapa bulan lalu semuanya mengeluh karena panas matahari seakan membakar bumi. Pohon-pohon pun menggugurkan daunnya karena kekurangan air. Sungai dan pengairan mulai nampak kekeringan... Kini kabar bahagia datang menyapa... Hujan telah datang... yey...kodok-kodok bersorak bahagia karena doa-doa yang mereka panjatkan sepanjang malam kini terjawab sudah. Air dari langit setitik demi setitik datang menyentuh bumi, setelah melalui proses yang panjang dan lama kini air hujan itu kembali turun membasahi tanah yang kering. 







Ketika titik air hujan pertama turun semua orang bersorak bahagia, karena itu berarti masa kemarau yang panjang kini telah berganti dengan musim hujan. Harmoni Suara titik-titik hujan yang jatuh satu persatu ditambah dengan aroma tanah kering yang mulai basah oleh air hujan membuat hati ini begitu damai dan sejuk. Hati kemudian berucap syukur dan berkata "Akhirnya hujan yang ditunggu-tunggu datang juga". 

Tapi setelah beberapa lama hujan turun terus-menerus dari pagi hingga malam hari. Beberapa orang mulai mengeluh dan mengumpat dalam hati,"Arg... pakaian ku basah semua karena hujan ini", "kapan hujan ini reda?", "Ah Sial, gara-gara hujan banjir dimana-mana". Rasa bahagia di awal, ketika hujan turun telah terlupakan dan berganti dengan keluhan  dan umpatan. 


Pada akhirnya kita disuruh memilih untuk menikmati hujan yang begitu sejuk ini atau terus mengeluh dalam hati tentang hujan yang tak reda. 



Tetapi sebelum kita mengeluh dan mengeluarkan kata-kata kasar yang pastinya akan merusak mood, izinkan saya sejenak memberikan alasan kenapa hujan harusnya kita nikmati ...


  1. Hujan adalah Rahmat dari Tuhan. 
Berdasarkan Al Qur'an Surah Qaaf ayat 9 "Dan kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan lalu kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam". Berkat hujan yang turun, bumi yang kering dan bunga-bunga yang layu kini bisa bernafas kembali. 

Melalui hujan, seharusnya kita bisa tersadar bahwa Tuhan sangat menyayangi kita. Seandainya saja tetes-tetes hujan yang jatuh dari ketinggian 12.000 meter memiliki kecepatan cahaya pastilah bumi ini akan hancur setiap hujan turun. Tetapi berkat ke Maha Kuasaan Tuhan,tetes - tetes hujan yang jatuh dari langit memiliki kecepatan rendah sekitar 8-10 km per jam dan berkat gesekan air hujan dengan atmosfer yang melindungi bumi, titik - titik hujan itu akhirnya jatuh secara lebih perlahan lagi dan tak sampai menyakiti kita.

Dan faktanya setiap air hujan turun, lalu menyentuh tanah, ilalang, dan rerumputan, maka akan menimbulkan aroma wangi khas yang menurut penelitian akan membuat manusia mendapatkan inspirasi, sekaligus menghipnotis kita untuk kembali pada ingatan masa lalu. 

Sepertinya ini jadi alasan mengapa saat hujan turun banyak anak muda yang menggalau akan kenangan masa lalu, terutama pada mantan terindah dan akhirnya gagal untuk move on deh, eaaaaaak...




2. Berkat Hujan kita bisa melihat jalan yang penuh warna

Ketika hujan turun dan kita harus beraktivitas di luar ruangan, tentu payung atau jas hujan jadi andalan untuk melindungi diri agar tidak basah bagi pejalan kaki dan pengendara motor. Nah, karena saat ini produsen jas hujan dan payung sudah semakin kreatif, jadilah payung dan aneka jas hujan berwarna warni. Jadi saat hujan turun, jalanan akan lebih semarak dengan beraneka warna dari jas hujan dan payung. Dan pemandangan seperti ini tentu hanya bisa disaksikan saat musim hujan. Kan gak mungkin banget lagi musim kemarau kita nya pake jas hujan :P

Cantiknya malam dengan paduan warna warni

Walaupun tak hujan, jalanan ini msh tetap penuh payung warna - warni
(http://pemikir84.wordpress.com) 

iiih...dedek imut lagi pamerin jas hujan baru nya ^_^
 (http://puteriamirillis.wordpress.com)

3. Hujan adalah waktu terbaik untuk berdoa
    
    Nabi Shallahu'alaihi Wassalam bersabda carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan yaitu (1) Bertemunya dua pasukan (2)Menjelang shalat dilaksanakan (3)Saat hujan turun. 
     
Gambar diambil dari http://prajurit kecil99.blogspot.com

Jadi daripada terus mengeluh dan mengumpat saat hujan turun, lebih baik kita syukuri keadaan kita lalu memanjatkan doa sebanyak mungkin. Doa agar selalu diberikan kesehatan, umur panjang, dan kesempatan untuk terus melakukan kebaikan. Dan untuk para single, berdoa saat hujan turun agar segera dipertemukan dengan jodoh terbaik bisa juga dilakukan. Yang penting doanya bukan sambil main hujan-hujan juga ya... takutnya nanti jodoh belum datang...malah masuk angin.


"Ya Tuhan, lewat hujan ini pertemukan lah aku dengan belahan jiwaku . Amin (doa para jomblo)

4. Hujan bisa jadi background cantik untuk mengabadikan kenangan..

Berfoto di bawah rinai hujan sepertinya KEREN... http://www.kaskus.co.id
Walaupun hujan pasti turun setiap tahun nya tetapi kenangan indah di bawah hujan tetap tak bisa diulang. Jadi selagi hujan masih menetap disini... Berfoto dengan background hujan bisa menjadi pilihan. Berfoto romantis dengan pasangan halal pasca wedding kayaknya bakal cocok jadi pajangan di ruang tamu.... Yang belum punya pasangan... minta tolong ke mas-mas yang lewat untuk difoto in bareng payung aja... ^_^


5. Hujan membawa kita pada kenangan-kenangan masa silam...

Waktu masih kecil dulu, saya selalu melompat kegirangan kalau hujan turun. Karena jika hujan turun berarti saya memiliki kesempatan untuk main air yang jatuh dari atap rumah.Blm lagi kegembiraan jika berhasil menangkap ikan yang hanyut dibawa air yang meluap hingga ke ruas jalan. 

Kenangan-kenangan seperti itu kembali terngiang kembali saat musim hujan tiba, dan saya akan tersenyum senang karena menyadari setidaknya masa kecil saya bahagia.
Gambar diambil dari:morahkanugraha.wordpress.com 
Mungkin alasan-alasan ini tak cukup untuk mengalahkan kekesalan kita karena macet semakin bertambah parah, genangan air dimana-mana, dan jemuran yang menumpuk. Tetapi rasanya tak arif jika karena itu kita jadi menyalahkan hujan. Jadi, mulai dari sekarang kenapa kita tidak memilih untuk menari di bawah hujan dan mulai menikmatinya selagi ia masih disini.... 

nikmati tetesan air yang jatuh dari langit http://bisnis.tempo.co.id






4 comments:

  1. Kalo ga hujan2 bakalan kabut asap lagi :'(

    Sebutsajatius.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Alhamdulillah hujan sudah turun. Semoga Kabut asap nya pergi menjauh ya Mas Martius

      Delete
  2. saya kurang suka hujan, namun hujan perlu disyukuri, karena hujan itu rahmat.
    tulisannya bagus :)
    kunjungi blog sederhana saya http;//ptbanyakcerita.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Mr.Asta. Kapan2 saya berkunjung ^_^ punya banyak cemilan kan disana

      Delete

Terima Kasih sudah berkunjung ^_^
Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan