Kamis, 10 Desember 2015

Review Buku Save Your Money - Bebas Utang Banyak Uang



Judul Buku        : Save Your Money – Bebas Utang Banyak Uang
Penulis Buku       : Yosephine P.Tyas
Penerbit           : Noura Books (PT Mizan Publika)
Tahun Terbit      : Maret 2014
Genre             : Non Fiksi
Tebal Halaman    : 137 Halaman

    
Saya sangat tertarik dengan judul bukunya “Save Your Money-Bebas Utang Banyak Uang”. Ah... smua orang pasti memimpikan keadaan itu, dimana kita bisa bebas dari utang dan memiliki banyak uang. Tetapi di zaman seperti sekarang ini, sepertinya itu menjadi sesuatu yang sangat sulit untuk dilakukan. Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi mengubah banyak orang menjadi lebih konsumtif.
Ditambah lagi banyaknya kemudahan-kemudahan yang diberikan untuk bisa berbelanja semau kita, mulai dari pesan barang via online, Cash On Delivery, gesek sana sini dengan kartu kredit, dan kemudahan-kemudahan lain yang terkadang bisa sangat menjerumuskan kita pada uang cash yang tiba-tiba habis entah kemana dan tagihan kartu kredit yang membengkak.
Nah membaca buku ini bisa membuka mata kita agar lebih bijak membelanjakan uang yang kita punya. Oke let’s check this out the review...

Bab Pertama berjudul Utang ada dimana-mana. Bab kedua berjudul Jangan coba-coba pada diri kita sendiri. Bab ketiga berjudul Hiduplah dibawah kemampuan kita. Bab keempat berjudul Nikmatilah Hidupmu. Bab kelima berjudul bebas utang dengan perencanaan. Dan di akhir ada tanya jawab seputar utang yang harusnya bisa membuka mata kita bahwa berutang bukanlah solusi dari masalah keuangan.

Utang adalah uang yang bukan milik kita dan harus dikembalikan. Seberapa pun besarnya uang yang kita miliki akan habis jika utang kita lebih besar. (hal.8)

Dalam buku ini kita disuguhkan dengan pengalaman beberapa orang yang terjerat dalam utang lalu berusaha bangkit dan akhirnya berhenti untuk berutang lagi. Selain itu buku ini juga memberikan beberapa tips penggunaan kartu kredit secara bijak (hal.78). Manfaat dan keuntungan memakai kartu kredit (hal.91). Dan contoh kasus tentang perhitungan payment kartu kredit beserta bunga yang ditetapkan. Kita akan mendapat penjelasan tentang perbedaan pembayaran kartu kredit dengan cicilan tetap, cicilan minimum, cara kerja bunga, serta langkah-langkah agar kita bisa terbebas dari utang.

 “Jika kita sampai terlilit utang sebenarnya diakui atau tidak, secara sadar atau tidak, kita telah keluar dari batas kemampuan kita. Dan jika ingin menyelesaikan masalah berarti kita harus melihat dan mengetahui batas kita yang sebenarnya dan kembali ke dalamnya” (hal.132)

“Cukup adalah mampu bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini. cukup adalah saat kita bisa mengelolah keinginan sesuai dengan kemampuan kita. Cukup adalah tahu kapan saat berkata tidak. Cukup adalah tetap mengusahakan yang terbaik dan memberikan yang terbaik” (hal.24)


Beda dengan buku-buku keuangan lainnya, buku ini lebih praktis penyajiaannya, bahasanya simple, lebih mudah dimengerti dan tidak hanya berbicara mengenai teori tetapi juga praktik berdasarkan pengalaman penulis dalam menangani permasalahan utang.
So, let’s save our money and stop to debt for our happiness life.



Recommended book for U ^_^

3 komentar:

  1. Salam kenal jugs Efri. Terima kasih sdh brrkunjung

    BalasHapus
  2. Salam kenal jugs Efri. Terima kasih sdh brrkunjung

    BalasHapus