Monday, May 23, 2016

Review buku Awas Mati Muda - John Afifi

Judul Buku             : Awas Mati Muda
Penulis Buku          : John  Afifi
Penerbit                : Saufa, Yogyakarta
Editor                    : Vita Brevis
Cetakan                 : Pertama, 2015

“Awas Mati Muda...”, saya sangat tertarik dengan judul buku nya. Tetapi kalimat di bawah judul agak mengganggu saya, karena ada kata orang kaya di dalamnya “52 Kebiasaan sehari-sehari orang kaya di dunia yang membuat mati muda”. Kenapa harus ada kata orang kaya? Apa berarti orang miskin tidak boleh membaca buku ini? Atau, Apa berarti orang yang belum kaya tidak akan mati muda? Ya Sudahlah, mungkin penulis punya maksud lain dengan memasukkan kata orang kaya di situ.

Yang pasti, persoalan kematian adalah Rahasia Tuhan. Tentang waktu, tempat atau caranya. Tetapi yang perlu kita ketahui bahwa semua yang bernyawa pasti akan merasakan yang namanya kematian. Dalam Al Qur’an Surah Al Ankabut ayat 57 “Tiap-tiap jiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami, kamu dikembalikan”. Entah itu kaya atau miskin, Tua atau muda, sakit atau sehat, kalau ajal telah datang, malaikat maut telah menghampiri, entah itu kita siap atau tidak, jika waktu kematian kita telah datang, tak ada yang dapat menolak atau menghindari.

Lalu, apa itu berarti kita mesti pasrah saja menunggu waktu kematian kita tiba? Tidak. Hukum sebab dan akibat berlaku di dunia ini. (Walaupun tetap ada Faktor X diluar kuasa kita). Ada peribahasanya, “Apa yang kita tanam itu yang kita tuai” Apa yang kita lakukan pada hidup kita, maka kita akan menerima ganjarannya. Berlaku juga pada tubuh dan kebiasaan kita. Apakah kita hidup dengan kebiasaan-kebiasaan buruk atau kebiasaan baik.

Nah, buku ini berisi 52 kebiasaan sehari-hari yang mungkin saja kita anggap sepele, tetapi dampaknya ternyata sangat merusak tubuh kita dan bahkan bisa sampai mengakibatkan pada kematiaan mendadak. Apa saja itu, let’s check this out....

Bab Pertama buku ini diisi dengan 52 pertanyaan yang harus kita jawab untuk menentukan apakah kebiasaan yang sering kita lakukan sehari-hari termasuk kebiasaan baik atau buruk. Pertanyaannya bukan pertanyaan essai yang harus kita jawab panjang lebar, Tetapi pertanyaan nya hanya seputar apa kebiasaan anda, kebiasaan pertama atau kebiasaan kedua? Nah dari jawaban kita nanti, akan dibahas secara lengkap di Bab 2.

Bab Kedua buku ini berisi penjelasan tentang jawaban yang telah kita pilih di Bab pertama. Di Bab kedua ini kita akan dijelaskan secara logis mengapa kebiasaan yang kita lakukan termasuk kebiasaan baik atau kebiasaan buruk sehingga harus segera kita ubah agar peluang untuk mati muda jadi kecil (walaupun kita tak pernah tahu, dengan cara apa kita meninggal dunia, tetapi toh tetap harus memberikan ikhtiar terbaik).

Setelah 52 pertanyaan itu telah terjawab, selanjutnya setiap pertanyaan tadi di bahas secara panjang lebar tentang dampak dan akibat yang ditimbulkan. Setelah itu kita akan diberikan solusi untuk menghilangkan kebiasaan buruk itu.

Berikut akan saya berikan sedikit bocoran tentang kebiasaan buruk yang dibahas di buku ini, yang saya atau kamu mungkin masih sering lakukan:
1.    Bermalas-malasan di tempat tidur sampai bangun kesiangan.
Kebiasaan ini menempati posisi pertama, mungkin karena kebanyakan orang menganggapnya sepele. Dengan alasan toh masih ada waktu, tidur aja lagi. Atau dengan alasan masih ngantuk karena semalam begadang menyelesaikan pekerjaan, akhirnya bangunnya jadi kesiangan. Tahu tidak, kalau ternyata kebiasaan ini bisa mengakibatkan serangan jantung, stroke atau bahkan mati mendadak. Alasannya karena bangun kesiangan itu bisa menggangu metabolisme di dalam tubuh. Gangguan pada metabolisme tubuh ini mengakibatkan lemak berlebih. Lemak berlebih ini nantinya akan mengendap pada dinding pembuluh darah dan mengakibatkan penyumbatan yang merupakan asal mula dari serangan jantung mendadak, stroke hingga kematian mendadak (hal.43)

Stop bangun kesiangan... via www.alodokter.com
2.    Terburu-buru masuk kantor dan melewatkan sarapan
Masih bersambung dengan kebiasaan buruk pertama. Karena bangun kesiangannya akhirnya terburu-buru ke kantor dan melewatkan sarapan pagi. Tahu tidak, kalau jadwal makan yang sangat penting adalah sarapan pagi. Jadi melewatkan sarapan pagi adalah salah satu kebiasaan yang buruk. Kenapa? Karena kebiasaan ini dapat membuat tubuh kekurangan kadar gula di dalam darah. Hal inilah yang akhirnya memicu rasa pusing di kepala dan badan terasa lemas. Jika kebisaan ini dibiarkan dalam waktu yang lama, pelakunya terancam risiko penyakit diabetes yang dapat berujung pada kematian di usia muda (hal 48)

3.  Minum Kopi Hitam sesampai di Kantor

Kamu salah satu penggemar kopi hitam? Kopi hitam hangat yang berpadu dengan pisang goreng panas biasanya sangat nikmat disantap di pagi hari apalagi saat cuaca sedang hujan, heheheh. Tetapi tahukah kita bahwa ternyata minum kopi di pagi hari atau di bawah pukul 09.30 ternyata memberikan efek yang tidak baik bagi tubuh kita. Kenapa? Karena Menurut penelitian sebelum pukul 09.30 pagi, tubuh kita memproduksi hormon kortisol pada level yang tinggi. Hormon ini memiliki manfaat yang sama seperti kafein yang terkandung di dalam kopi hitam. Jadi kalau kita mengkonsumsi kopi hitam di pagi hari, hormon kortisol yang diproduksi secara alami oleh tubuh tidak akan bekerja maksimal. Akibatnya tubuh akan kecanduan kafein yang berakibat tidak baik bagi tubuh (hal.60).

Itu mau minum kopi atau berenang di kopi yak... via www.manfaatkopi.com
Dan masih banyak kebiasaan-kebiasaan lain yang di jelaskan di buku ini yang mungkin saja masih sering kita lakukan karena tidak tahu dampak buruk yang mungkin ditimbulkan.

Nah, Bab terakhir buku ini ditutup dengan tujuh rahasia menakjubkan agar panjang umur dan hidup lebih lama, diantaranya adalah
1.    Mulai Gaya Hidup Sehat SAAT INI JUGA
2.    Menambah waktu olahraga
3.    Makan di rumah
4.    Banyak tertawa
5.    Terus Optimis dan Ceria
6.    Rajin mengonsumsi Suplemen Sesuai Anjuran dokter
7.    Dan terpenting Memiliki Semangat Hidup yang Tinggi ^_^


So, Mulai dari sekarang ubah gaya hidup kita menjadi lebih sehat untuk hidup yang lebih baik... (ini kayak iklan aja). So, segera baca penjelasan lengkapnya di buku ya.. Wassalam

2 comments:

  1. Wah sepertinya menarik buku ini, kita bisa beli di mana ya Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Mbak Ran.. Terima Kasih sdh berkunjung ke gubuk saya, hihihi. Em, kmrin saya belinya di Gramedia seh mbak. Kalo mau pesan via online ada kok di http://divapress-online.com

      Delete

Terima Kasih sudah berkunjung ^_^
Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan