Friday, May 13, 2016

Ayo Mulai nulis lagi...



Awal mula bikin blog karena iseng setahun yang lalu, ikut-ikut an sama teman. Blog jadi tempat nulis apa saja. Tidak ada aturan atau batas waktu, cuma nulis kalo lagi bosen. Trus ikut tantangan nulis tiap hari selama sebulan, alhasil tiap hari pusing cari ide buat nulis, tetapi ada kepuasan tersendiri saat berhsil posting tulisan tiap hari. Kemudian mulai ikut gabung dengan komunitas blogger di dunia maya. Awalnya excited banget baca tulisan blogger-blogger lain. Tetapi lama kelamaan, saya jadi minder untuk menulis, karena beranggapan tulisan saya sangat jelek jika dibandingkan dengan tulisan blogger lain. Dan akhirnya saya mengalami block writing, bingung mau nulis apa. Dengan dalih cari ide, akhrinya gak nulis - nulis deh. Hingga kemudian saya daftar ikut Geko Online, Gerakan chat inspiratif, yang ternyata pas saya daftar sudah masuk batch 6. Em.. Batch satu sampe lima nya kapan ya???. Ya Udahlah, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Dan eng ing eng,,, ternyata yang jadi Narasumber nya Kak Nur Al Marwah Asrul atau biasa di panggil kak Nunu, kakak keren dan energik yang sempat menang lomba blogging beberapa kali. Wah pas banget, karena kelas geko kali ini, Kak Nunu akan berbagi cerita dan pengalaman nya selama menjadi blogger. Jadi mekanisme nya Kak Nunu akan menjawab pertanyaan yang masuk dari peserta melalui moderator.

Dan Pertanyaan Pertama tentang kendala yang paling sering dialami oleh Kak Nunu sebagai seorang Blogger dan bagaimana cara mengatasinya?

Jadi Kak Nunu ini selain berstatus sebagai Mahasiswa Pasca Sarjana, Ia juga menjadi Amil di Dompet Dhuafa SulSel dan sekarang dipercayakan sebagai Ketua Blogger Makassar Anging Mamiri Periode ke 4.

Jadi kendala terbesarnya adalah tentang membagi waktu untuk belajar, bekerja dan menulis. Nah dengan segudang aktivitas tiap harinya, Kak Nunu tetap menyempatkan waktu nya untuk menulis di Blog. Dan ini dilatihnya selama dua bulan agar menjadi kebiasaan. Nah, disini saya langsung merasa jadi remah-remah rempeyek, soalnya saya sering menunda menulis di blog dengan alasan tak punya waktu luang. Padahal saya tidak sibuk-sibuk amat, Waktu saya paling dipake duduk di depan komputer nonton korean drama, terus bobo-bobo cantik, abis itu duduk manis di depan tv nungguin Sitkom yang gak lucu-lucu amat. Pufftt... sekarang saya mau insyaf, mau belajar bagi waktu juga supaya lebih berkualitas.

via: pengertianmanajemen.net

Terus Pertanyaan kedua, Bagaimana cara nya supaya tidak bosan menulis? Karena kadang ide dan inspirasi yang sudah ada di kepala mentok begitu saja karena malas atau bosan menulis? (hahahah, ini gue banget)

Nah, ternyata rasa malas dan bosan menulis itu juga kadang dirasakan oleh Kak Nunu. Hanya saja Kak Nunu sadar kalau rasa malas itu harus dilawan dengan tindakan. Kalo saya rasa malas harus dilawan dengan istrihat saja dulu nunggu semangat itu datang lagi, tetapi setelah ribuan purnama semangat gak datang2. huhuhu ^_^ Oke abaikan.

Jadi menurut Kak Nunu, pertama kita harus tau gaya nulis kita seperti apa? bagaimana cara mengetahuinya, yah dengan rajin menulis. Lama kelamaan, kita jadi paham kita gaya nulis nya gimana. Abis itu cari ide dan inspirasi. Nah ide dan Inspirasi itu bisa didapat dimana saja. Kumpulin idenya di dalam notes, cari data-data pendukung, pilah, lalu tuliskan segera dan selesaikan.



Pertanyaan selanjutnya, Bagaimana memupuk minat untuk terus menulis?
Nah, kata Kak Nunu "Setiap orang sebenarnya punya kemampuan untuk menulis, cuma kadang gak pede aja untuk share tulisannnya. (Iya, saya pernah merasakan ini, merasa kalau tulisan saya cuma sampah, hiks hiks). Katanya Kak Nunu lagi, bahwa selalu ingat bahwa setiap tulisan itu ada pembacanya. Tulisan curhatan pun bisa jadi inspirasi bagi orang lain. Kalo Kak Nunu sendiri cara memupuk minat menulisnya adalah dengan mencari lingkungan dimana orang-orang didalamnya suka menulis. Jadi bisa saling mengingatkan untuk menulis dan saling memberi semangat. Katanya, Blogger itu punya dunia sendiri di dunia maya. Kalau diibaratkan blog itu semacam rumah di dunia maya, kalau sudah ketemu sesama blog, rumah kita jadi punya tetangga. Kita akan saling berkunjung ke rumah-rumah lainnya dan membuka lebar pintu rumah kita agar dikunjungi juga oleh mereka. Kalau sudah sering ada interaksi, kita akan semangat terus karena rumah kita jadi hidup.

Menemukan Lingkungan Baru.. via:www.lucugambar.com
Pertanyaan selanjutnya, Bagaimana caranya supaya tulisan kita kelihatan bagus? soalnya suka gak pede sendiri sama tulisan kita, takut kalo setelah dibaca jadi jelek?

Nah, Kata Kak Nunu: Tidak ada tulisan yang sempurna, tidak ada tulisan bagus atau tulisan jelek. Menurut dia, tulisan jelek itu adalah tulisan yang berisi kebohongan, berisi informasi negatif seperti tulisan yang mengandung pornografi atau menjelek-jelek kan suatu ras atau agama. Selain itu, tetap bagus. Selalu percaya bahwa tulisan itu ada pembaca nya sendiri. Terus saja menulis, hingga suatu saat nanti kamu akan mendengar seseorang berkata: "Saya selalu membaca tulisan mu, dan itu sangat inspiratif"(berharap suatu saat ada yang bilang kayak gini ke saya, hehehehe). Karena saya yakin sebaik-baik makhluk adalah yang paling banyak memberikan kontribusi buat sesama nya. 


Nah.. Untuk baca wawancara bersama Kak Nunu di Kelas Geko Online versi Lengkapnya silahkan berkunjung ke https://gelaskosongonline.wordpress.com/2016/05/11/kelas-gekoonline-batch-6/

via www.gelaskosongonline.wordpress.com

0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung ^_^
Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan