Monday, August 21, 2017

Mengapa aku menulis?

  Mengapa aku menulis?

Tiba-tiba pertanyaan itu muncul dan memenuhi pikiranku sendiri. 
Ada banyak alasan mengapa aku memilih untuk mulai menulis. 

  • Alasan Pertama, karena menulis membuatku bahagia. Aku bahagia saat mendengar hentakan jari-jariku di atas keyboard di tengah keheningan malam. Aku bahagia saat bisa menuliskan apa yang ada dalam pikiranku. Aku bahagia saat bisa memposting satu tulisanku dan suatu saat membacanya kembali.
  •  Alasan Kedua, aku menulis karena aku merasa bosan. Aku mulai bosan dengan hidupku yang berjalan datar. Sangking flatnya hidupku, kadang aku merasa otakku menciut dan suatu saat nanti akan menghilang. Jadi dengan menulis, sel sel otak ku bisa kembali menyala, saling terangkai satu sama lain, dan ketakutan ku akan kehilangan otak suatu hari nanti tidak akan terjadi. 
  •  Alasan ketiga, aku selalu terngiang akan kalimat indah dari Bapak Pramoedya Ananta Toer yang mengatakan bahwa " Menulislah, apapun, jangan pernah takut tulisanmu tidak dibaca orang lain, yang penting tulis, tulis, dan tulis. Suatu saat nanti pasti akan berguna" Kalimat ini yang selalu membuatku kembali bersemangat untuk menulis. Dan harapanku suatu saat tulisanku bisa berubah menjadi sesuatu yang berguna bagi orang lain.
  •  Alasan keempat, masih quote dari Bapak Pramoedya Ananta Toer yang mengatakan bahwa "Tahukah kau mengapa aku sayangi kau lebih dari apapun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi sampai jauh, jauh di kemudian hari" Yaps,, aku menulis supaya suatu saat aku ditemukan oleh seseorang yang mencintai dan menyanyiku dengan tulus. Seseorang yang mengenalku lewat tulisan-tulisanku. Dan akhirnya berkata :Tahukah kau mengapa aku memilihmu untuk menjadi pendamping hidupku? Karena kau menulis ^_^ Yaks mohon jangan muntah.
  •  Alasan kelima, aku menulis untuk mengabadikan kenangan. Jika kau pikir hanya foto yang bisa mengabadikan kenangan dan memori indah. Kau salah... karena tulisan juga bisa mengabadikan kenangan. Bukan hanya dalam bentuk gambar, tetapi kau bisa menuliskan perasaanmu, kekhawatiran mu, kesedihanmu, cita-cita mu, sehingga apabila memorimu sedikit mulai meredup. Tulisan-tulisanmu itu akan kembali menguatkannya.
  •  Alasan keenam,  aku menulis karena aku pernah bermimpi untuk menjadi seorang penulis. Yang buku-bukunya terpajang cantik di toko-toko buku. Dibaca orang di rumah, di bus, di kereta, dan di perpustakaan. Wuah,,, pasti keren banget kalo bisa seperti itu.
  •  Alasan ketujuh, dengan menulis aku merasa menjadi diri sendiri. Di dunia nyata, aku terlalu sering memakai topeng. Berpura-pura tegar padahal rapuh. Berpura-pura gembira padahal sedih. Berpura-pura tersenyum padahal hati sakit.Hikss...
  •  Alasan kedelapan, aku menulis untuk menyembuhkan rasa sakit hati. Tahukah kau bahwa menulis bisa menjadi terapi untuk sakit hati. Tak perlu ke psikiater. Cukup tuliskan saja rasa sakit yang kau rasakan. Tumpahkan semua perasaan yang kau pendam. Dengan begitu hatimu akan lebih damai. Coba deh ^_^
  •  Alasan kesembilan, aku menulis untuk menjadi bagian dari dunia. Aku tak ingin hidupku yang singkat ini hanya berlalu begitu saja. Setidaknya walaupun cuma sedikit, walaupun cuma secuil, aku juga ingin berkontribusi untuk membuat dunia ini menjadi lebih berwarna.  
  •  Alasan kesepuluh,karena dengan menulis aku merasa lebih percaya diri. Aku yang sejak kecil diajarkan untuk selalu rendah hati kadang malah sering rendah diri. Ada saat dimana aku merasa menjadi makhluk tak berguna, tak berharga, dan rasanya ingin secepatnya menghilang dari permukaan bumi. Tetapi dengan menulis aku merasa menjadi sedikit berharga dan lebih percaya diri menjalani hidup. 
  •  Alasan kesebelas, aku belum temukan,, mungkin kapan-kapan aku menemukan alasan kesebelas aku menulis adalah karena kamu..  Iyah kamu...hahahahah

2 comments:

  1. Duh ujung-ujungnya baper hahaha.. Btw, kalo aku sih suka nulis karena latihan merangkai kata.. Terus nulis karena pengen semua yang baca tulisan saya (baik itu tulisan untuk kerjaan ataupun tulisan untuk sekedar have fun) bisa dinikmati dan dimengerti oleh pembaca.. Hehe.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak Nola. Aku pun berharap tulisanku bisa menghibur dan dinikmati oleh yang baca ^_^
      makasih udah mampir

      Delete

Terima Kasih sudah berkunjung ^_^
Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan

REVIEW FILM KOREA : MY ANNOYING BROTHER

Hayooo... siapa yang suka berantem sama saudara sendiri. Kalau lagi dekat, kayak Tom & Jerry. Tetapi kalo lagi jauh saling mencari.. he...