Saturday, January 20, 2018

10 Alasan Mengapa Aku Suka Drama Korea part I

       Hobby menonton drama korea dari masa kuliah hingga sekarang udah kerja? Beberapa kali mencoba move on, tetapi rasanya sulit sekali? Iya diriku seperti itu. Aku berusaha untuk tidak separah dulu. Dulu itu, aku sering maraton nonton drama korea. Dalam satu minggu bisa nonton tiga drama korea dengan judul yang berbeda. Judul satu belum habis langsung sambung dengan judul drama yang lain. Dari mulai waktu isya hingga menjelang waktu subuh. ckckckck. Tetapi sekarang aku sudah tak separah itu. Sekarang aku hanya nonton drama korea satu judul satu bulan. Hohoho, gak ada acara begadang sampe subuh lagi. Ingat umur soalnya ^_^
    Lalu rekan kerja cowok di kantor bertanya, "kenapa kamu suka sekali sama drama korea??? Yah aku jawab singkat saja, karena filmnya menghibur. TitikTetapi sebenarnya, aku suka drama korea karena banyak alasan diantaranya adalah:

1. Durasi yang Singkat

     Ini jadi alasan pertama. Dibandingkan dengan Sinetron atau Serial India yang lagi marak di TV dengan jumlah episode ratusan hingga ribuan. Mending nonton drama korea. Durasinya singkat. Kebanyakan hanya berjumlah 16 episode. Namun ada beberapa juga bisa mencapai puluhan episode tetapi tidak banyak. Bahkan ada mini series yang terdiri dari dua ato tiga episode seperti drama korea splash splash love yang dibintangi oleh Kim Seul Gi dan Do Joon baca reviewnya disini atau Page tuner yang dibintangi oleh Kim So Hyun dan Ji Soo.
    Drama korea yang kebanyakan, hanya terdiri dari 16-20 episode dengan durasi rata 60 menit tetapI TETAP memberikan alur cerita yang utuh. Bahkan banyak, yang setelah drama koreanya tamat, para penggemar setianya masih susah move on dari ceritanya, macam Reply 1988 & Moon lovers scarlet Heart Ryeo.


2. Akting yang menawan

    Yaps,, salah satu alasan aku suka nonton drama korea adalah karena akting para pemainnya. Bukan rahasia lagi kalo drama korea itu selalu bikin perasaan teraduk-aduk. Tiba-tiba tertawa terbahak-bahak, kemudian mewek gak karuan, abis itu senyum-senyum sendiri. Karena apa??? karena para pemainnya yang berhasil masuk ke dalam setiap karakter yang ia mainkan. Beberapa pemain dalam drama korea mengikuti proses casting yang panjang dan berliku. Tetapi ada juga para pemain yang dipilih langsung oleh penulis cerita atau produser. Karena apa? Karena para penulis dan produsernya sudah tahu bagaimana kemampuan akting yang memukau dari para aktor dan aktris yang akan ia pilih.
please don't cry T_T

  3. Para pemain yang charming abis

    Ayoo,, siapa yang suka drama korea karena liat pemainnya ganteng-ganteng dan cantik-cantik. Hahahah, aku juga gitu. Jadi sebelum nonton liat dulu yang main siapa. Kalo yang main oppa-oppa kesayangan, langsung download gak peduli rating atau alur ceritanya. Yang penting bisa liat akting oppa kesayangan lagi. Lee Jong Suk Oppa dengan senyumannya yang bikin hati melting. Park Hae Jin Oppa dengan aura coolnya. Gong Yoo Ahjussi dengan karismatiknya. 
     Dan sepertinya, hanya ada di drama korea, Profesi Detektif, Jaksa, Pengacara, Dokter hingga Tukang pengantar galon memiliki wajah ganteng nan rupawan. 

www.dreamers.id

  4. Tema dan Alur Cerita yang menarik

     Walaupun drama korea identik dan sangat kental dengan nuansa romancenya, mulai dari kisah cinta antara gadis biasa dan CEO perusahaan besar. Kisah persahabatan dari kecil yang berubah jadi kisah cinta segi empat. Kisah cinta antara seorang murid pada gurunya. Dan yang lagi ngetrend saat ini, kisah cinta seorang manusia biasa pada Dewa atau siluman. Walaupun semuanya bercerita tentang kisah cinta, tetap saja semua kisahnya menarik untuk dilihat. Selain tentang romance dua pemeran utamanya, drama korea juga selalu menawarkan cerita kehidupan yang berbeda. Misalnya tentang kisah kehidupan dan perjuangan para dokter menyelamatkan pasien, para detektif meringkus penjahat, hingga kehidupan seorang tentara yang menjadi pemimpin pasukan khusus penjaga perdamaian PBB,  Kapten Yoo Shi Jin (DOTS)
Hormat gerak....

  5. Kualitas Gambar yang keren

     Saya mulai nonton drama korea dari jaman SMP. Kala itu yang paling hits adalah drama korea Endless Love terus dilanjutkan dengan drama korea Full House. Semuanya menarik untuk ditonton. Tetapi sekarang, jika menonton drama korea itu lagi, kita akan melihat perbedaan besar dari kualitas gambar antara jaman dahulu dan jaman now. Ya eyalah,, secara kamera video yang digunakan saat ini beresolusi tinggi, sehingga membuat hasil gambar yang sangat enak untuk dilihat. Selain itu sudut pengambilan gambar dan proses editing yang baik serta pencahayaan dan gradasi warna yang turut memberikan sensasi berbeda dari nonton drama korea jaman dulu dan jaman sekarang.
    Seperti halnya drama korea Goblin yang pengambilan gambarnya sangat epik dan simetris serta penuh perhitungan. 

6. Wardrobe dan Make Up yang tidak main-main

     Yaps, drama korea tak pernah main-main dengan proses produksinya. Bukan hanya tentang pemilihan aktor dan aktris. Tetapi juga sangat niat dalam pemilihan wardrobe dan make up nya. Gaun-gaun yang mereka gunakan cantik-cantik. Belum lagi polesan Make Up dari para aktor dan aktrisnya. Walaupun memang pada dasarnya para aktor dan aktris korea selatan berwajah rupawan, karena mereka memang sangat memperhatikan masalah penampilan. Entah itu melalui proses oplas atau treatment khusus.
    Tetapi keberadaan Make Up Artistnya juga jadi pendukung keberhasilan mereka di layar kaca. Bahkan saat wajah mereka di shoot close up, kita akan melihat bahwa wajah mereka seperti porselen. Halus dan tak ada pori-pori sama sekali. Saat berperan jadi gadis cantik, gadis buruk rupa, hingga wajah hantu. Semuanya dipoles dengan sempurna.

7. Pemilihan Setting yang cantik

  Drama korea memiliki andil besar dalm memajukan pariwisata di Korea Selatan. Karena di drama korea kita bisa melihat banyaknya tempat-tempat indah yang digunakan sebagai lokasi syuting. Sebut saja Nami Islands, yang digunakan sebagai tempat syuting drama korea Winter Sonata. Trus ada juga Taman Bermain Indoor terbesar di dunia, Lotte World sebagai tempat syuting Drama Boys Before Flower dan Stair Way to Heaven, serta Petite France yang digunakan sebagai tempat syuting drama korea terkenal "Beethoven Virus, Secret Garden, dan The Man who came from the star". Semua tempat tersebut muncul di drama korea membuat kita juga ingin menginjakkan kaki disana.
Ini Petite France,, tempat shootingnya Man Who Came From The Star

  8. Pesan Moralnya tak pernah ketinggalan

      Menonton drama korea seperti membaca buku dongeng saat masih kecil dulu. Selalunya tokoh utama yang punya ketulusan hati akan menerima cinta dari pangeran tampan dan hidup berbahagia. Di Drama korea kita bisa melihat para tokoh utamanya sering ditampilkan sebagai sosok baik hati yang memiliki ketulusan luar biasa. Yang walaupun didera masalah sangat banyak, ia tetap bertahan. Dan akhirnya penantiannya berbuah manis saat bertemu sosok tampan baik hati yang rela melindungi sang gadis dari segala hal buruk. Di drama korea kita akan sering menemukan semangat pantang menyerah dari para tokohnya. Bukan hanya tentang semangat pantang menyerah tetapi juga pesan bahwa kebaikan akan selalu mengalahkan kejahatan, sesempurna apapun kejahatan tersebut.

9. Original Sountrack Filmnya yang bikin hati meleleh

 Han namjaga geudaereul saranghamnida  (Satu laki-laki mencintaimu)
 Geu namjaneun yeolsimhi saranghamnida  (Laki-laki yg mencintaimu sepenuh hati)
 Maeil Geurimjacheoreom geudaereul ttaradanimyeo (Ia mengikutimu seperti bayangan)
 Geu namjaneun useumyeo ulgoisseoyo (Lelaki itu menangis ketika ia tertawa)
     
  Eolmana eolmana deo neoreul  (betapa berapa banyak lagi yang harus kutatap sendirian)
  Ireoke baraman bomyeo honja (Cinta ini datang seperti angin)
  I baramgateun sarang i geojigaten sarang (Cinta ini seperti pengemis)
  Gyesokhaeya niga nareul sarang hagenni (Jika kuterus seperti ini, akankah kau  
   mencintaiku)


Ah,, so sweet banget. Lirik dan musiknya menyentuh hati. Ost dari Secret Garden ini sangat terkenal dari jaman dulu hingga sekarang. Jika mendengarkan lagu ini, kita langsung akan teringat scene romantis antara si Ganteng Hyun Bin dengan Si Cantik Ha Ji Won.. Itu baru OST Secret Garden. Belum OST dari Drama Korea Kill Me Heal Me-Halusination atau OST Goblin-Stay With Me. Jika mendengar lagunya terputar, scene dari drama korea tersebut juga akan muncul di kepala. Persis kayak kenangan sama mantan *eh.

10. Bikin hati berbunga-bunga ^_^

      Rata-rata yang suka nonton drama korea itu cewek. Kalo pun ada cowok, itu cuma beberapa saja. Kenapa kaum hawa suka nonton drama korea? Soalnya cerita di drama korea selalu bisa bikin hati berbunga-bunga. Liat senyum man leadernya aja udah bikin hati melting parah. Belum kalo tokoh utama di cerita memperlakukan gadisnya dengan sangat istimewa. Drama korea sering dianggap penyebab para gadis berekspetasi terlalu tinggi terhadap pasangannya. Karena apa? Karena di drama korea, tokoh utama pria selalu berjuang habis-habisan hanya untuk mendapatkan hati pujaannya, walupun telah ditolak berkali-kali. Dan di drama korea juga, para pria akan digambarkan sebagai sosok heroik yang bisa mempertaruhkan nyawanya sendiri untuk menyelamatkan gadis pujaannya. Ceritanya itu the Power Of Love.  
    Para wanita suka sekali diperlakukan istimewa seperti itu. Lalu banyak gadis yang berhalusinasi bisa mendapatkan pasangan macam Go Jun Pyo, Kapten Yoo Shi Jin atau Goblin Ahjussi. Tetapi mereka  lupa bahwa untuk mendapatkan macam Go Jun Pyo harus rela menderita dan di bully habis-habis an seperti Geum Jan Di. Atau harus cerdas, cantik, dan tangguh seperti Dokter Kang Mo Yeon.
tali sepatunya aja diiketin,,apalagi hatinya hohoho
   
Dan ini alasanku, kenapa suka drama korea hingga sekarang. Tulisan ini ini mulai kutulis dari tahun lalu, tetapi baru kuposting sekarang. Soalnya, di tahun lalu aku berniat berhenti menonton drama korea yang bikin aku addicted banget. Lalu ternyata aku cuma bertahan gak nonton drama korea tiga bulan saja. Setelah itu, aku kembali menonton drama korea. Walaupun intensitasnya tidak separah yang lalu. Aku tetap menjadikan drama korea sebagai Me Time atau pengisi waktu luang ku.

Karena sudah selesai menulis ini, aku jadi kepikiran untuk menulis alasana aku menyukai drama korea part 2..  hohoho.. Dan yang terakhir mau nampilin abang yang selalu bikin hatiku meleleh saat liat senyumnya.... ini dia...

Aduh Mas Kim Bum kok senyumnya manis banget yak

 






2 comments:

  1. Adeuh itu Lee Jong Suk cocok banget ya angkut galon wkwkwk. Aku juga suka kdrama tp kayanya udah muv on deh wkwkwk... virusnya maut cuy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lee jong suk mah ngapain aja tetap cakep..hahahah ih keren euy udh bs move on... Bener bgt..nonton drama korea bs jd virus akut kalo udh gak bs manage waktux... Gak sadar kalo udh berjam jam cm mejeng dpn laptop aja...

      Delete

Terima Kasih sudah berkunjung ^_^
Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan

REVIEW FILM KOREA : MY ANNOYING BROTHER

Hayooo... siapa yang suka berantem sama saudara sendiri. Kalau lagi dekat, kayak Tom & Jerry. Tetapi kalo lagi jauh saling mencari.. he...