Friday, February 8, 2019

BERGABUNG DI KOMUNITAS POSTCROSSING


Memasuki tahun 2019 ini saya mulai berkenalan dengan dunia postcrossing. Jadi salah satu kebahagiaan saya itu adalah saat mendapat kiriman sesuatu dari orang lain. Entah itu surat, postcard, paket, atau bahkan kiriman doa, pasti otomatis akan membuat saya tersenyum bahagia. Tetapi semua orang pasti kayak gitu kan?

 Asal jangan kirim santet aja seh. Na udzubillah min dzalik.

Dan karena memasuki tahun 2019 ini teman untuk kirim-kiriman suratnya udah sangat berkurang, akhirnya saya daftar untuk jadi member di postcrossing.com. 

Jadi website postcrossing ini adalah sebuah proyek online yang memungkinkan para anggotanya untuk mengirim dan menerima kartu pos yang nyata dari seluruh dunia. Gagasan untuk proyek ini diciptakan oleh Paulo Magalhaes, yang memulai situs ini pada tanggal 14 Juli 2005. Motivasi tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa ia suka menerima surat terutama kartu pos. Unsur kejutan dalam menerima kartu pos dari berbagai tempat di belahan dunia yang lain, akan membuat kotak surat menjadi kotak ajaib. (*sayang saya gak punya kotak surat).

Tagline proyek ini adalah "Send postcard and receive a postcard back from a random person somewhere in the world" Anggota komunitas ini disebut sebagai Postcrossers yaitu orang-orang yang mengirim kartu pos secara acak pada orang lain, lalu kemudian akan mendapat kartu pos juga dari orang lain di seluruh dunia secara acak juga. Jadi kita sama sekali tak bisa memilih kartu pos dari negara mana atau dari orang seperti apa. Jadi menerima kartu pos dari orang lain secara acak bisa jadi semacam kejutan luar biasa 
*(Source: Wikipedia.com)

Cara daftarnya mudah kok, cukup klik link: https://www.postcrossing.com/


Nah, setelah tiba di website postcrossing ini, kita bisa langsung daftar untuk jadi salah satu member. Tinggal klik "Create an account-it's free" dan setelah itu di klik akan muncul formulir yang harus diisi. Mirip-mirip sama daftar ke akun-akun media sosial lain, tinggal isi Username, Email, Password, Country, City, serta Alamat Lengkap tempat Kartu Posnya akan ditujukan. Jangan lupa cantumkan kode pos juga ya. 

Setelah accountmu didaftar dan diverifikasi, kamu bisa langsung log in dan melengkapi foto profil dan memulai mengirim kartu pos dengan mengklik "Send a Postcard" untuk pertama kali mengirim kartu pos, kita bisa langsung meminta 5 alamat orang yang akan kita kirimi kartu pos dari seluruh dunia. Website akan memilihkan secara acak alamat orang-orang yang juga telah terdaftar sebagai member. Mulai dari foto profil, ID dan nomor ID, serta profil orang yang kita akan kirimkan kartu pos.

 Nah, setelah kita mengantongi alamat dan ID orang-orang yang kita akan kirimi kartu pos, maka tugas kita selanjutnya adalah mencari kartu pos dan segera mengirimkannya. Batas kadaluarsa sebuah alamat yang harus kita kirimkan kartu pos adalah 90 hari. 

Apabila orang yang kita tuju telah menerima kartu pos yang kita kirim, maka ia berkewajiban meregister kartu pos kita sesuai ID dan Nomor ID yang tercantum di kartu pos. Setelah hal tersebut dilakukan, barulah kita memiliki hak untuk mendapat satu kiriman kartu pos juga secara acak. 

Untuk bulan ini aku sudah mengirim 9 kartu pos. Empat diantaranya telah sampai di tempat tujuan. Sedangkan lima lainnya masih dalam perjalanan. Dan walaupun saya sudah mengirim 9 kartu pos, saya belum tentu akan dapat 9 kartu pos juga, karena saya 5 kartu pos yang baru saya kirimkan, telah memasuki masa kadaluarsa. 

Dan sekarang saya masih menunggu datangnya sepucuk kartu pos dari seseorang yang sama sekali tak bisa kutebak kapan akan datang dan dari siapa.

 Yah, mirip mirip sama nunggu jodohlah. Hahhaha








No comments:

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung ^_^
Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan

KEEP TRYING

Rasanya berat sekali melangkah Ada beban berat yang rasanya merantai kaki Kepala rasanya penuh dengan berbagai hal Apa yang salah deng...