Skip to main content

TIPS MENGHILANGKAN RASA KANTUK SAAT DI KANTOR

SOURCE: YOUTUBE
Sekarang pukul 13.51 WITA and It's Monday sodara-sodara.
Makan siang udah. Sholat Dhuhur juga udah,  Alhamdulillah.

Tetapi, disaat pekerjaan lagi benar-benar sangat menumpuk karena ini hari Senin'kan, eh, mata nggak bisa diajak kompromi gaes. Terasa berat banget, maunya terpejam mulu. Terus dibelai sm sepoi sepoi angin AC kan. Serta ditambah suasana hening dari ruangan kerja yang semua rekan-rekan lagi fokus-fokusnya menyelesaikan tugas masing-masing.

Nah, karena mata rasanya udah dibelai-belai dari tadi, hembusan kesejukan AC menambah syahdu, terus suasana hening ruangan, ya udahlah, ngatuknya semakin menjadi-jadi deh. Kalo udah kayak gini gangs, kita gak boleh tinggal diam. Karena kalo kita tinggal diam, maka akan terdengar suara kedebuk dari meja kerja kamu sendiri. Iya, tiba-tiba kepala kamu udah nyander di atas meja. Karena gak bisa lagi nahan kantuk'kan. 

Kalo misalnya, gak lagi banyak kerjaan, gak lagi dikejar-kejar deadline, mungkin bisa'lah menutup mata sejenak, menyandarkan kepala pada sandaran kursi, atau berbaring sebentar di mushalla kantor barang 10-15 menit. Gak boleh lebih dari itu. Kalo lebih dari itu, bisa-bisa kamu kena omel pak Bos. 

Tetapi itu kalo lagi gak sibuk ya gaes, nah gimana kalo kita sangat dan benar-benar harus menyelesaikan seluruh pekerjaan hari itu juga, tetapi rasa ngantuk sangat susah dilawan. Tipsnya adalah :

1. Jalan-jalan ke lantai lain, ruang lain, atau ganti suasana atau pandangan mata kita sejenak. Bisa dengan mengunjungi meja kerja rekan lain, mengobrol sebentar sekitar lima menit, dan pastikan kamu tidak mengganggu rekan kamu yang sibuk. Mengalihkan pandangan sejenak dari layar komputer yang membosankan akan membuat mata lebih fresh. Bisa juga dengan menyegarkan mata dengan liat yang bening-bening, misalnya gelas    bening, air bening, atau botol bening, hahaha.

2. Menyeduh kopi atau teh hangat sendiri. Jadi kalo ngantuk, jangan minta dibuatkan kopi  ato teh hangat sama mbak OB dengan berteriak. Tetapi kamu musti bangun dari tempat duduk kamu. Abis itu berjalan menuju pantry sendiri, masak air panas sendiri, ambil kopi dari lemari penyimpanan, kalo kopinya abis, kamu musti beli kopi sachet sendiri di mini market terdekat. Abis itu balik lagi ke kantor, bikin kopi sendiri dan bawa kopinya ke meja    kerja kamu. Abis melakukan semua hal tersebut, dijamin rasa ngantuk kamu akan hilang   seketika dan pikiran mu jadi segar kembali.  

3. Cuci muka pake air dingin. Jadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa ngantuk adalah dengan cuci muka pake air es. Karena kejutan rasa dingin nya langsung menyentuh pori pori wajah, makanya mata otomatis melek, dan ngantuknya pergi. Bagi cewek-cewek, abis cuci muka bisa dilanjutkan dengan menambah polesan make up yang udah luntur karena keringat. Atau bisa juga dengan kembali memakai pelembab wajah, supaya kulit wajah tidak kering akibat suhu dingin AC.

4.  Kalo saya pribadi lagi ngantuk, terus lagi males minum kopi ato beranjak dari tempat  duduk, maka yang saya lakukan cuma liat Gambar Walpaper Desktop Komputer terus pandangin selama lima menit. Abis itu tutup mata sekitar 10 detik. Sambil menutup mata saya menghitung satu sampai sepuluh sambil mengatur nafas, dan otak membayangkan diriku sedang berada di sebuah tempat yang sama dengan gambar walpaper komputerku itu. Pas buka mata kembali, mata udah fresh lagi. Rasa ngantuknya udah hilang. Dan ini dia Walpaper Desktop komputer ku... Cantiikk kan... namanya Quebec City, letaknya di Negara Canada. Jauh banget,,, jadi supaya bisa nabung untuk jalan-jalan kesana, gak boleh   males-males an,, harus bisa lawan ngantuk, dan giat kerja. 






Comments

Popular posts from this blog

Surat Noura untuk Fahri (AAC)

Kepada  Fahri Bin Abdillah, seorang Mahasiswa dari Indonesia yang lembut hatinya dan berbudi mulia     Assalamualaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh, Kepadamu kukirimkan salam terindah, salam sejahtera para penghuni surga. Salam yang harumnya melebihi kesturi, sejuknya melebihi embun pagi. Salam hangat sehangat sinar mentari waktu dhuha. Salam suci sesuci air telaga Kautsar yang jika direguk akan menghilangkan dahaga selama-lamanya. Salam penghormatan, kasih dan cinta yang tiada pernah pudar dan berubah dalam segala musim dan peristiwa. Wahai orang yang lembut hatinya,      Entah dari mana aku mulai dan menyusun kata-kata untuk mengungkapkan segala sedu sedan dan perasaan yang ada di dalam dada. Saat kau baca suratku ini anggaplah aku ada di hadapanmu dan menangis sambil mencium telapak kakimu karena rasa terima kasihku padamu yang tiada taranya.      Wahai orang yang lembut hatinya,       Sejak aku kehilangan rasa aman dan kasih sayang serta merasa sendirian ti

JALAN JALAN KE PERPUSTAKAAN WILAYAH MAKASSAR Yuuk...

Yeay... Libur... Hari ini hari sabtu.. mestinya masih harus masuk kantor. Tetapi karena ahad kemarin masih harus kerja.. jadinya hari sabtu ini bisa libur... Yeay senang nya. Rencana nya mau pulang kampung, lumayan bisa dua hari di rumah. Bisa memecahkan celengan rindu yang rasanya sudah mau meledak.. tetapi gak jadi gara-gara harus menemani adik ku ujian masuk sebuah perguruan tinggi. Tiga tahun lalu aku juga masih ingat saat mengantarnya mengikuti tes Sekolah Menengah Atas. Sekarang dia sudah akan berstatus Mahasiswa. Sepertinya waktu berjalan sangat cepat. Aku dan adikku beda usia 8 tahun, melihat nya sebentar lagi akan masuk Kuliah, membuatku merasa sudah menjadi sangat tua. Aku gak tua tua amat kok... Iyakan? Jadi sementara adik ku mengikuti ujian, aku sibuk keliling-keliling kampus mencari perpustakaan, lumayan bisa berteduh sambil baca buku. Tetapi ternyata, eh ternyata perpustakaan kampus lagi gak buka kalo hari sabtu. Em... jadi saya harus nunggu dimana dong? Dan

Cerita tentang Perjalanan Pertamaku Keluar Negeri

Mimpi untuk jalan-jalan keluar negeri dimulai dari dua tahun yang lalu. Saat senior di tempat kerja yang biasa kupanggil Kak Ayu memberi oleh-oleh gantungan kunci perak bertuliskan Macau. Walaupun cuma gantungan kunci, aku senang bukan main. Karena dapat oleh-oleh dari luar negeri itu sangat langka buatku pribadi, hehehe. Akhirnya sejak saat itu, travelling keluar negeri selalu jadi resolusi di awal tahun. Dan Alhamdulillah tahun ini bisa terwujud yeay.... Sebelum keluar negeri, aku sudah pernah naik pesawat sekali. Dan itu bukan untuk jalan-jalan tetapi dalam rangka ikut test CPNS di Tangerang (Baca ceritanya disini) . Sejak saat itu, aku berharap bisa naik pesawat lagi. Naik pesawat itu rasanya seru,, hahahah mungkin karena jarang kulakukan, jadinya begitu sangat luar biasa untukku. Aku merasakan jantung dag dig dug saat pesawat tinggal landas, gendang telinga yang mendengung saat pesawat sudah mengudara lalu merasa excited luar biasa saat melihat cantiknya awan-awan yang