Rabu, 13 Januari 2016

Review Buku "Look I'm Very Beautiful" Afifah Afra

Judul buku : Look I’m Very Beautiful (10 Jurus Tampil Cantik dan Gaul)
Penulis      : Afifah Afra
Penerbit     : Afra Publishing
Cetakan     : Kedua, Maret 2008
Thn Terbit  : 2007
Tebal       :118 halaman

Dulu... sewaktu mama, kakak atau adik berkomentar miring tentang penampilan saya yang berantakan, saya pasti akan tersenyum manis lalu berkata “Ah... penampilan luar tidak penting, kan yang penting hati saya cantik” (ckkck..pede banget loe punya hati cantik). Hingga kemudian ketika saya bercermin dan melihat pantulan wajah kusam, berjerawat, pori-pori membesar, mata panda, pakaian kusut, jilbat semrawut dan.. kalau mau disebutkan semua satu persatu, rasanya hanya akan membuat saya tersadar bahwa penampilan saya memang sangat amat benar-benar berantakan.
Lalu kemudian saat saya mulai berinteraksi dengan teman-teman yang berpenampilan bersih, rapi, indah, dan memiliki percaya diri yang tinggi, saya jadi malu sendiri. Saya jadi tersadar bahwa penampilan luar itu memang tetap harus dijaga karena kita sebagai makhluk sosial harus berinteraksi dengan orang lain.. Jangan sampai keberadaan kita diantara banyak orang hanya dapat membuat orang lain terganggu penglihatan, penciuman dan hatinya. hahahaha. (artinya orang lain terganggu matanya dengan penampilan kita yang kurang bagus, terganggu hidungnya karena bau badan yang menusuk, dan terganggu hatinya karena pasti di dalam hatinya ia berdoa agar kita segera pergi menjauh-naudzubillah min dzalik).


Lalu kemudian nemu buku manis ini dech... Buku mini tentang 10 jurus tampil cantik dan gaul - Look I’m very beautiful. Dari buku ini saya mendapat pelajaran bahwa Allah Swt telah menciptakan kita dengan sebaik-baik bentuk. Dan tugas kita sebagai orang yang diberi amanat berupa tubuh dan wajah yang unik ini haruslah dijaga dengan sebaik-baiknya. Bukan untuk dirubah sesuai keinginan kita tetapi untuk dirawat agar keindahan nya tetap terpancar. Dan tentunya tetap harus dilengkapi dengan cantiknya iman dan cantiknya akal.
Yups sekarang kita bahas beberapa jurus ampuhnya:

Pertama, Menutup Aurat dengan jilbab. Hal ini sudah jelas perintahnya dalam Al Qur’an dalam surah An Nur ayat 31 “Katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa nampak daripada nya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya...” Penelitian terbaru menyebutkan bahwa dengan berjilbab perempuan akan terhindar dari pancaran sinar UV matahari yang bisa menyebabkan berbagai penyakit semacam dermatitis dan kanker kulit. Dan berjilbab pun tetap ada aturannya, yaitu menutup seluruh tubuh, tidak transparan/tipis, tidak ketat, tidak menyerupai laki-laki, dan bukan pakaian orang-orang kafir, yahudi, atau nasrani.
Kedua, Senantiasa menjaga kebersihan tubuh. Rasulullah bersabda “Bersih-bersihlah, karena sesungguhnya Islam itu bersih” (HR.Ibnu Hibban). Sementara sabdanya yang lain “Kebersihan mengajak kepada iman, dan iman bersama pemiliknya di surga”(HR.Thabrani).

Ketiga, merawat tubuh dengan teratur. Tubuh ibarat mesin yang kalau tidak dirawat, lama kelamaan akan usang dan rusak. Perawatan tubuh ini tidak boleh hanya kita fokuskan pada wajah saja. Tetapi juga pada rambut, kuku, gigi, dan tentu kulit.

Keempat, mengkonsumsi makanan bergizi. Apa yang kita makan akan sangat berpengaruh pada penampilan kita. Tentu saja, karena gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan proses fisiologis, terkandung dalam makanan yang kita konsumsi untuk tubuh. (Hal.91)

Kelima, cukup istirahat dan tidur berpengaruh besar pada kecantikan kulit terutama pada wajah. Karena kekurangan tidur pasti berdampak pada lingkaran hitam yang muncul di sekitar mata. Belum lagi dengan wajah kusut dan loyo karena kurang istirahat. Jadi dengan istirahat dan tidur yang cukup akan kembali memulihkan energi kita dan wajah segar kembali.

Keenam, berhias secara Syar’i.

Ketujuh, senyum dan menebar salam. Nah ini adalah salah satu juruh yang sering terlupakan. Walaupun sudah memakai pakaian yang rapi dan bagus, berhias yang cantik tetapi jika diwajah tak nampak ada senyuman. Orang-orang akan takut menyapa atau melihat wajah kita. Orang yang selalu tersenyum menunjukkan pribadi yang terbuka, ceria, dan tulus hatinya. Apalagi jika sering menebar salam rasanya teduh sekali melihatnya.

Kedelapan, berolahraga secara teratur. Berolahraga disini tidak harus dengan mengangkat barbel atau lari marathon. Tetapi cukup dengan olahraga ringan yang kita lakukan secara teratur seperti lari-lari kecil di pagi hari bisa membuat badan menjadi lebih fresh, fisik menjadi lebih kuat, dan otot-otot saraf menjadi lebih santai.

Kesembilan, senantiasa mengasah otak juga adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh muslimah yang ingin tampil cantik. Karena sekarang ini, makna kecantikan sudah diperluas, bukan hanya cantik dari wajah saja tetapi juga cerdas dan memiliki wawasan yang luas. Dengan begitu inner beauty nya akan lebih terpancar.

Kesepuluh, Giat dalam Amalah Harian. Amalan harian yang dimaksudkan disini adalah amal ibadah baik yang bersifat khusus seperti shalat, zikir, baca Al Qur’an, puasa, dsb maupun amalan yang bersifat umum seperti melakukan hubungan dengan sesama manusia (muamalah).

Di buku ini juga dibahas tentang tips-tips merawat tubuh dengan teratur (Hal. 73) mulai dari kulit wajah serta bahan kosmetik yang cocok untuk kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit berjerawat (Hal. 82). Ada Tips untuk merawat rambut. Tips merawat kuku dan Ada juga tips untuk mencegah penuaan dini (Hal. 83),   

        So..girls.. Let’s say to our self... Hy, Look i’m so beautiful, right?
  
Please abaikan deretan kosmetik disebelahnya... ^_^





0 komentar:

Posting Komentar