Wednesday, January 13, 2016

Review Buku "Simple Thinking about Blood Type 3" Park Dong Sun


Assalamu  Alaikum...
Salam Sejahtera buat kita semua

Alhamdulillah kali ini masih bisa berbagi review buku keren lagi disini. Kali ini mau bagi review buku dari Park Dong Sun. Yups apalagi kalo bukan Simple Thinking About Blood Type. Tahun lalu sempat mereview buku dengan judul yang sama tetapi edisi pertama.
Nah kali ini mau review buku ini tetapi yang edisi ketiga. Buku keduanya mana? Kok lompat...? iya, buku keduanya belum dapat yang discon, hehehehehe. Dapat nya yang buku ketiga ini. Tetapi tak apa. Toh buku ini bukan cerita bersambung.
Masih berbicara tentang 4 tokoh utama nya yaitu Si Golongan Darah A yang perfeksionis dan selalu mempersiapkan masa depan sedini mungkin, Si Golongan Darah B yang tidak suka terikat aturan, berpikir bebas dan memiliki ide-ide yang cemerlang, Si Golongan Darah O yang penuh semangat dan supel, dan terakhir Si Golongan Darah AB yang misterius, cerdas, tetapi hobi mengkritik. Let’s check this out...

Di Bagian Pertama,  Empat tipe golongan darah ini menunjukkan sifat asli mereka dalam cerita kehidupan sehari-hari, mulai dari gaya percakapan mereka, bagaimana saat menghadapi flu musim panas, bagaimana saat mereka diberi tugas untuk memasak, dan banyak lagi.
Di Bagian Kedua, ke empat golongan darah ini akan menujukkan gaya mereka di kehidupan sekolah, mulai dari bagaimana saat menunggu bus sekolah, menghadapi pekan olahraga, menyelesaikan soal yang sulit, bagaimana saat mencari buku di perpustakaan, dan masih banyak lagi lainnya.
Kemudian Di Bagian Ketiga, Empat golongan darah ini sudah memasuki dunia kerja, mereka beraksi dalam lingkungan kantor. Perbedaan karakter mereka membuat suasana kantor menjadi lebih ramai. Di Bab ini kita diberi tips-tips bagaimana menghadapi atasan dan bawahan dengan golongan darah yang berbeda. Di buku ini, Park Dong Sun bercerita bahwa berbeda golongan darah, berbeda pula cara pendekatan yang harus dilakukan.  
Dan terakhir tentang cerita sederhana kehidupan dan percintaan.
Sama seperti buku Simple Thinking about Blood Type sebelumnya, edisi ketiga ini pun tak kalah kocak dan menghibur. Ini adalah satu-satunya buku yang ingin kubaca bersama teman dan keluargaku. Karena ketika menemukan kejelekan golongan darah lain yang notabene adalah milik orang-orang terdekatku, aku akan berkata “Ya ampun.. pantes aja kamu kalo ngomong serasa nggak pake saringan, golongan darah AB toh. Gak percaya coba loh baca ini”.



Ya... secara tidak langsung buku ini juga mengajarkan cara berinteraksi dan memahami orang lain. Walaupun tidak sepenuhnya benar, tetapi ada-ada saja yang bisa dijadikan pelajaran di dalamnya. Selebihnya, kita bisa lebih memahami tentang diri sendiri. Saya jadi tahu tentang sifat-sifat jelek golongan darah O yang harus dihindari dan diubah sedikit demi sedikit. Karena saya merasa semua kejelekan dari golongan darah O yang diceritakan di buku ini telah melekat di diriku selama ini, hahahahah. Jadi resolusiku di tahun 2016 ini adalah menghindari sifat-sifat buruk golongan darah O seperti suka menunda-nunda pekerjaan, terlalu bersemangat, bersifat ambisius hanya di awal kegiatan, dan bertindak tanpa berpikir terlebih dahulu. Kalau kamu... kira-kira punya kejelekan apa yang mau diubah di tahun ini??? Kalau belum tahu, Baca buku ini dulu ya ^_^

Judul Buku              : Simple Thinking About Blood Type 3
Penulis                  : Park Dong Sun
Penerbit Indonesia       : Penerbit Haru
Penerbit Korea          : LEEONSMART Co.,Ltd
Penerjemah             : Achie Linda
Tahun terbit             : Mei 2015
Cetakan                 : Ke Dua

Tebal halaman          : 287 Halaman


0 comments:

Post a Comment