Selasa, 07 Februari 2017

My Favorite Surah

https://alquranmulia.wordpress.com
Surah Al Alaq ayat 1-5
"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmu lah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantara kalam. Dia mengajar manusia apa yang tidak diketahuinya"

Surah ini mengingatkanku selalu agar tidak pernah berhenti membaca. Membaca kalam, membaca peristiwa alam, membaca buku dan membaca makna kehidupan

Source: http://www.allonblog.com
Surah Ar-Ra'd ayat 11
"Bagi manusia ada Malaikat-Malaikat yang selalu mengikutinya, bergiliran di muka dan dibelakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah mengkhendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia"

Surah ini membawa pesan yang luar biasa indah. Bahwa segala hal yang kita lakukan dalam hidup kita haruslah dilakukan dengan sebaik-baiknya, karena Allah tidak akan merubah keadaan kita, kalau bukan kita sendiri yang berusaha merubahnya. Ayat ini juga menyadarkan diriku yang lemah ini bahwa sesungguhnya sebaik-baik pelindung hanya Allah Swt. 

Source: https://syaunarahman.wordpress.com
Surah Al Baqarah ayat 38
"Kami berfirman: Turunlah kamu semua dari Surga itu! Kemudian jika datang petunjukku kepadamu, maka barangsiapa yang mengikuti petunjukku niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka (dan tidak pula) mereka bersedih hati"

Source: http://www.theonlyquran.com
Surah Al Imran ayat 185
"Tiap-tiap jiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan"

Mati... sesuatu yang pasti akan terjadi pada setiap makhluk hidup di dunia. Tetapi karena terlalu larut dalam urusan dunia. Kita terlalu sering lupa, bahwa kehidupan ini akan berakhir. Ah, ayat ini selalu membuatku terdiam dan bertanya pada diri sendiri "Apakah aku sudah siap jika Ajal menjemput?" 
"Apakah aku sudah siap untuk bertemu Tuhanku"
"Apakah aku sudah siap untuk mempertanggung jawabkan segala prilaku ku"


Semua surah dalam Al Qur'an sangatlah indah. Dan berisi petunjuk serta pedoman kehidupan yang datang langsung dari Allah Swt. Hanya saja diri yang hina ini terlalu sering lupa dan lalai untuk membuka, membaca, serta menyelami kandungan nya. 

0 komentar:

Posting Komentar