Day 7: TENTANG AKTIFITAS NGE-BLOG KU

Dan tahun ini memasuki tahun keempatku melakukan aktifitas Blogging. Menyenangkan??? Tentu saja. Rasanya bahagia sekali bisa berbagi cerita lewat tulisan di blog ini. Aku yang sejak kecil hobby corat coret buku, jadi punya pelampiasan sekarang, yaitu ngetik-ngetik di blog. Agak berbeda seh. Tetapi hasilnya sama. Sama-sama menggerakkan jemari dan sama-sama membuat otak semakin aktif. 

Tetapi jika dulu hobby coret-coret di buku bikin buku tulis habis, nah coret-coret di blog gak bikin kertas habis dan ikut mengkampanyekan Go Green and Save the World. Tahu'kan kalo kertas itu terbuat dari pulp yang berasal dari pepohonan. Untuk membuat kertas dari pepohonan, terlebih dahulu kayu mentah tersebut diolah untuk menjadi bubur yang disebut dengan pulp dengan melibatkan mesin penggilingan kayu dan membutuhkan waktu dengan proses yang panjang. Dan karena sekarang saya sudah menggunakan media blog untuk menulis berarti saya ikut mengurangi jumlah penggunaan kertas. Dan karena ikut mengurangi jumlah penggunaan kertas, berarti saya juga secara tidak langsung ikut mengurangi jumlah pepohonan yang ditebang. Bangga dong, karena secara tidak langsung ikut serta dalam upaya penyelamat bumi #save the world.

Bukan hanya tentang Save The World, hobby Ngeblog memberikan manfaat lain diantaranya:

1. Ngeblog sebagai wadah untuk mengekspresikan diri

     Anak muda jaman sekarang selalu butuh wadah untuk mengekspresikan dirinya. Dan ada banyak cara untuk mewujudkan hal tersebut. Diantaranya bisa gabung dengan komunitas sosial, ikut kursus pengembangan diri seperti photografer atau kelas menulis, dan bisa juga dengan membuat Vlog seperti para seleb atau menulis di blog yang akhirnya bisa jadi novel yang diterbitkan seperti Raditya Dika. Dengan melakukan hal-hal tersebut, energi besar yang dimiliki oleh anak-anak muda bisa tersalurkan dengan melakukan hal-hal positif. 
     Saya sendiri Nge-blog untuk menuliskan apa yang saya rasakan dan pikirkan. Saya hanya ingin berbagi tentang perspektif dari apa yang saya pahami, saya lihat, saya dengar dan saya rasakan. Hal tersebut secara tidak langsung membuat saya lebih memahami tentang pribadi saya sendiri. Dan jika ternyata ada yang bisa menarik manfaat dari tulisan-tulisan saya, itu jadi bonus tersendiri. 



2. Ngeblog membuatku belajar disiplin

    Punya blog seperti ini bagaikan memiliki rumah. Di blog ini diri kita jadi tuan rumah dan pemilik utama. Dan karena ini adalah rumah yang kita tinggali, jadi selayaknya rumah ini harus sering-sering kita datangi agar tidak menjadi usang dan berdebu. Lalu dengan hati-hati dan bertahap memilih template yang cantik untuk mewakili kepribadian diri kita. Memilih fitur dan item-item unik untuk bisa mempercantik tampilan blog. Bukan hanya itu, tetapi kita juga harus berusaha untuk disiplin mengisi blog ini. Kalo gak bisa sehari satu postingan, minimal satu postingan tiap minggunya. Kan percuma, kalo tampilannya udah cantik dan keren, tetapi isinya gak ada. Atau tampilannya sudah cantik tetapi karena gak ada postingan baru bahkan setelah ratusan purnama berlalu akhirnya blog ini dipenuhi sarang laba-laba dan akhirnya terlupakan. Oleh karena itu, punya blog seperti ini mengajarkanku untuk terus disiplin menulis.

Source: www.pinterest.com

3. Ngeblog membantuku menemukan kawan baru

Salah satu aktifitas penting bagi para blogger adalah Blogwalking.
Blogwalking adalah kegiatan saling kunjung mengunjungi antara orang-orang yang punya blog. Ini ibaratnya kita tinggal di daerah perumahan, dan berkunjung dari rumah yang satu ke rumah yang lain bikin kita jadi banyak kenalan. Blogwalking ini jadi ajang untuk silaturahmi di dunia maya. Dan aktifitas ini banyak sekali manfaatnya. Selain bisa nambah wawasan dan pengetahuan dari baca artikel dan pengalaman dari sesama blogger. Kita juga bisa mendapatkan ide dan gagasan baru dari tulisan sesama blogger yang kita baca. Nah ide itu nantinya jadi bahan tulisan kita yang baru di blog sendiri. Selain itu, blogwalking ini juga dapat meningkatkan traffic dan SEO blog kita sendiri. Tetapi yang paling utama, blogwalking membuat kita berkenalan dengan kawan baru. Saya sendiri karena keseringan membaca salah satu blog dari teman blogger, saya jadi merasa mengenal dia walaupun belum pernah ketemu langsung. Luar biasa yah...


4. Ngeblog membuatku lebih peka pada keadaan sekitar

     Saya adalah tipe blogger yang sering blank dan bingung mau nulis apa. Padahal awal tahun ini saya membuat resolusi untuk memposting 200 tulisan disini. Tetapi kenyataan berkata lain. Saya sering terhenti karena mengalami writer block atau kehabisan ide tulisan. Padahal jika saja saya mau lebih peka pada keadaan sekitar ada banyak sekali hal yang bisa saya tuliskan tiap harinya, dari apa yang saya lihat, saya dengar dan saya rasakan. Tetapi yah gitu, ide-ide di kepalaku kadang sangat banyak tetapi menumpahkannya dalam bentuk tulisan itu yang kadang butuh waktu. Aku biasanya bingung harus memulai dari mana untuk membuka tulisan. Akhirnya ide-ide itu menguap dan menghilang. Lebih dari itu, aktifitas Nge-blog ini membuatku lebih sering untuk berhenti sejenak dan memperhatikan sekitar dan memilah-memilah dalam pikiran tentang apa yang harus kutulis dalam blogku hari ini. 

 5. Ngeblog membantu bersenang-senang dengan kata

      Dan yang paling membuatku bahagia dari aktifitas Nge-Blog ini adalah karena di Blog ini aku bebas menjadi apa saja. Hidupku sudah cukup datar ditambah lagi dengan pekerjaanku yang mengharuskanku duduk berjam-jam menghadap komputer dan memandangi angka-angka. Dan karena aku punya blog, aku jadi punya waktu untuk bersenang-senang dengan kata-kata. Menjadi lebih cerewet dari biasanya tanpa ada yang terganggu dengan suara berisikku. Atau menjadi sedikit gila dengan tulisan-tulisanku. Dengan begitu, aku bisa merasa menjadi lebih waras di kehidupan nyata. Hahahha
   
    Aku ingin berterima kasih kepada seseorang yang dulu secara tidak langsung menjadi motivator dan inspirator ku membuat blog.

 Jadi dulu aku suka sekali stalking-in blognyaNunggu dia post tulisan baru. Dan aku selalu suka caranya merangkai kalimat dan bercerita tentang kesehariannya. Walaupun tidak bertemu langsung, aku merasa senang karena selalu bisa mendapatkan suntikan motivasi dan pencerahan-pencerahan kebaikan dari kalimat-kalimat yang ia tulis di blognya. Dan karena aku sangat suka membaca tulisan-tulisannya dia di blog, aku jadi berpikir untuk membuat blog seperti dia. Lalu ikut menularkan virus asyiknya nge-blog seperti ini. Dan tanpa terasa blog ku ternyata sudah memasuki usiaku 4 tahun. Jika kembali membaca cerita-cerita yang sudah kuposting, rasanya takjub sekali. Aku lalu tersenyum sendiri dan berpikir bahwa ternyata aku pernah melalui masa-masa itu. Blog dan tulisan-tulisan yang ada disini jadi cara untuk mengabadikan momen dalam hidup. Bukan hanya sekedar bercerita tetapi juga memaknai segala moment yang ada serta terus bersyukur untuk nikmat hidup ini.
    

6 komentar:

  1. aku yang nomor dua Mbak, akhirnya kalau sudah deket2 waktu posting blm nemu post yang mau di posting jadi bingung sendiri. hehehe... Sampai sekarang sih masih bisa ngikutin skejul yang dua kali seminggu posting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap semangat nulisnya Miss Across the Sea.. Makasih udah mampir ^_^
      salam kenal

      Delete
  2. Iya betul, ngeblog itu wadah berbagi dan berekspresi ^^

    ReplyDelete
  3. @Putu Ayu Winayasari: Hehehe sama an dong.. makasih Mbak udah mampir ^_^

    ReplyDelete
  4. empat tahun ya Mbak, udah lumayan itu Mbak. tulisannya juga kece niih..
    koq blm di TLD kan? heheheh
    blog juga bagi saya spt rumah, blm punya rumah sendiri jadi anggap blog sebagai rumah :)

    ReplyDelete
  5. @Diah: Hehehe, saya juga belom punya rumah mbak
    Makasih udah mampir ^_^
    Dftr di TLD ya? Hem, saya belum kepikiran heheheh soalnya sampai sekarang masih belajar untuk disiplin nulis dulu. Nanti kalo udah lancar nulisnya baru ubah blognya ke TLD

    ReplyDelete

Terima Kasih sudah berkunjung ^_^
Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan

 
GORESAN SANG PEMULA Blogger Template by Ipietoon Blogger Template