Review Buku "Great Work Great Career"



Judul Buku               : Great Work Great Career – Cara menciptakan karier hebat dan   
  berkontribus dengan luar biasa
Penulis                      : Stephen R.Covey & Jennifer Colosimo
Penerbit                     : PT. Dunamis Intra Sarana
Tahun terbit              : -  2013 Dunamis Intra Sarana (Bahasa Indonesia)
  -  2015 FranklinCovey Co (Bahasa Inggris)
Alih Bahasa              : Fairano Ilyas
Editor                          : Asri Larasati

(Edisi ini merupakah terjemahan lengkap dari edisi Bahasa Inggris dengan izin khusus dari penerbit aslinya)
Alhamdulillah bisa selesai membaca buku satu lagi dan bisa diberikan kesempatan oleh Yang Maha Kuasa untuk mereview nya di blog ini. Semoga bisa memberi sedikit kebaikan. Amin....
Kali ini mau review buku yang berhubungan dengan karier. Dan lagi-lagi ini pas banget dengan kondisi ku saat ini yang mulai merasa pekerjaan ku datar dan kurang tantangan. Dan membaca buku ini bisa membuka mataku tentang karier hebat itu seperti apa. Ok let’s check this out...



 Pertama-tama, buku ini mengajarkan kita tentang apa sebenarnya karir hebat itu? Jadi dalam buku ini disebutkan bahwa Orang yang memiliki karir hebat adalah orang yang bisa memberikan kontribusi yang istimewa dan memunculkan rasa setia serta percaya dalam diri orang lain. Dan bagusnya, karir hebat itu bisa saja dimiliki oleh setiap orang tanpa memandang jabatan, posisi, atau profesi. (hal.3)
Dalam buku ini diceritakan tentang beberapa orang yang memiliki karir hebat dalam hidup mereka. Orang–orang yang mampu memecahkan masalah besar, menghadapi tantangan dan memberikan kontribusi besar. Salah satu contohnya datang dari seorang atlet muda asal Inggris yang menginginkan karir di bidang kedokteran bernama Fiona Wood. Dia menempuh jalur biasa dengan kuliah kedokteran, menikah, lalu sambil membesarkan enam orang anaknya ia juga menyelesaikan bidang spesialisasi bedah plastik. Setelah pindah ke Australia Fiona Wood lalu bekerja di sebuah klinik penanganan korban luka bakar di Perth.
Penderitaan dan bekas luka yang dialami para pasien membuatnya tergerak untuk memikirkan apakah ada cara yang lebih baik untuk merawat para pasien. Dr.Fiona tahu semakin lama luka bakar sembuh, semakin parah bekas lukanya. Ia pun mulai berpikir seandainya saja dia bisa mempercepat proses penyembuhan dari beberapa minggu menjadi beberapa hari maka sebagian besar rasa sakit dan cacat bisa dihindari. Ia kemudian mulai bereksperimen dan terciptalah “spray on skin” metode memberikan sel kulit baru pada luka bakar. Menurut Dr.Fiona Wood proses penyembuhan bisa dilakukan dalam hitungan hari. Lalu pada malam 12 Oktober 2002 rumah sakit Dr.Fiona Wood penuh sesak dengan korban bom teroris di Bali, banyak dari mereka menderita luka bakar parah. Dr Wood bersama tim kecilnya bekerja tanpa istirahat selama beberapa hari serta mampu menyelamatkan 25 dari 28 pasien luka bakar. Spray  on Skin menjadi bagian dari pengobatan. Prestasi itu kemudian menuai pujian dari seluruh dunia dan selama 4 tahun berturut-turut Dr. Fiona Wood terpilih dalam jajak pendapat di Australia sebagai warga Australia yang paling dipercaya. Dr Fiona menunjukkan dengan jelas arti karir yang hebat itu bukan tentang pujian atau ketenaran tetapi tentang kontribusi yang bisa kita berikan (hal. 5)
Dan masih banyak lagi contoh orang-orang yang memiliki karir hebat dalam buku ini. Orang-orang yang bisa memberikan kontribusi besar pada kehidupan nya dan kehidupan orang lain. Orang-orang yang mampu menggabungkan bakat, hasrat, nurani dan kebutuhan pasar. Dalam buku ini kita akan dibantu untuk mengetahui apa kontribusi kita? Tentang cara mengidentifikasi kekuatan kita, tentang cara mencari tujuan yang menjadi kepedulian kita dan membuat kita dibutuhkan di tempat kerja. Tentang bagaimana cara memberikan kontribusi kita dan akhirnya menciptakan karir hebat itu dalam kehidupan kita sendiri.


Comments