Skip to main content

Review Buku "Simple Thinking about Blood Type"

Judul Buku  : Simple Thinking about Blood Type
Penulis      : Park Dong Sun
Penerbit     : Haru Publisher
Cetakan     : Ke Dua Belas, Januari 2015
Tahun Terbit: Desember 2013
Penerjemah : Achie Linda
First Published by LEEONSMART Korea

Yay..akhirnya punya koleksi baru terbitan dari Haru Publisher, “Simple Thinking about Blood Type”. Sebenarnya udah lama ngincer neh buku, kemarin malah sempat nitip sama teman untuk dibelikan di bazar buku Event POP CORN Asia Jakarta, tetapi karena udah nggak kebagian buku discon nya jadi nggak jadi beli. (Hahahaha, situ seh carinya yang diskon).
Bukunya keren...saya suka saya suka. Hahahaha. Soalnya buku nya nggak bosenin. Banyak gambar–gambar makhluk aneh yang berwarna ungu dan merah jambu dengan wajah berbentuk huruf. Hehehehe, makhluk–makhluk itu ternyata mewakili tiap-tiap golongan darah jadi ada A, B, O, dan AB. Menyenangkan sekali membacanya karena penuh dengan gambar dan warna. Gak monoton dengan hanya warna hitam dan putih. Ya eyalah ‘kan buku ini ditulis oleh seorang komikus asal korea bernama Park Dong Sun.


Hem...kayaknya sekarang selain fans sama boyband asal korea selatan yang cuakep-cuakep itu, saya juga fans neh sama Park Dong Sun ini. Saya hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk membaca buku ini. Soalnya buku ini lebih mirip komik strip yang menceritakan watak dan karaker tiap golongan darah. Saat membaca buku ini, saya tertawa-tawa sendiri setelah itu marah–marah sendiri, setelah itu senyum-senyum sendiri (Ya ampun sepertinya buku ini membuat saya menjadi gila, hahahaha).
Jadi buku ini terbagi dalam 4 bagian. Bagian pertama tentang Mengetahui sifat seseorang melalui golongan darah. Bagian kedua tentang hubungan sosial antar golongan darah. Bagian ketiga cerita seru tentang golongan darah dan Bagian keempat tentang Diary bergambar si Cowok Gila.
Penulis buku ini sendiri mengatakan bahwa buku ini tidak sepenuhnya benar, tetapi setidaknya penulis berharap supaya buku ini bisa sedikit membantu kawan-kawan untuk memahami sifat orang lain dengan golongan darah yang berbeda. Walaupun begitu, penulis berharap kawan-kawan tidak langsung menjudge orang lain sesuai dengan golongan darahnya tanpa perlu mengenalnya lebih dulu. Karena karakter seseorang tidak mutlak hanya dipengaruhi oleh golongan darah, tetapi juga ada faktor lain seperti didikan Orang Tua, Lingkungan, Agama, Ras, dan masih banyak lagi. Tetapi walaupun begitu banyak loh hal-hal yang diceritakan dalam buku ini yang pas dengan keadaan diriku, terutama sifat-sifat jeleknya. Hahahaha.
Saya golongan darah O begitu pula dengan si Penulis buku ini. Dan penulis buku ini memanggil dirinya si cowok gila, berarti saya si cewek gila dong kalo gitu. Mungkin karena hal itu kebanyakan hal yang diceritakan tentang golongan darah O di buku ini banyakan jeleknya dari pada bagusnya. Dan parahnya itu semua cocok dengan kebiasaan-kebiasaan ku. Seperti halnya golongan darah O yang sangat hoby menunda-nunda pekerjaan dan seringkali baru menyelesaikan nya di akhir-akhir deadline. Golongan darah O yang memiliki semangat juang tinggi di awal saja dan saat menemui satu kesulitan atau kemungkinan untuk tak bisa menang ia langsung menyerah dan semangatnya hilang entah kemana.
Hem rasanya tak adil kalau hanya bercerita tentang golongan darah O saja, maka akan saya ceritakan sedikit tentang golongan darah lain, tetapi sedikit saja ya. Untuk lebih jelasnya silahkan cari buku ini di toko buku atau di rumah teman, heheheheh.
Golongan darah A secara umum hidup secara teratur dan taat pada peraturan. Ia sangat peduli dan perhatian terhadap orang lain. Sangat berhati-hati saat memulai pekerjaan baru. Tidak pendendam dan baik hati. Jeleknya ia agak pesimis tentang masa depan. Hah..menurut saya sendiri golongan darah A ini sangat keren.
Golongan darah B secara umum suka hidup bebas dan tidak suka terikat aturan. Ia tak suka mencampuri urusan orang lain. Sehingga cenderung apatis terhadap masalah dan tidak mudah terpengaruh oleh keadaan sekitar. Ia berpikiran bebas dan memiliki banyak ide. Dia termasuk ke dalam kelompok orang jujur dan tulus dalam pergaulan. Jeleknya ia seringkali suka berubah pikiran, agak kaku, dan tidak terlalu romantis.
Golongan darah AB adalah gabungan dari golongan darah A yang tenang dan stabil dengan golongan darah B yang bebas dan agak plin plan. Walaupun begitu golongan darah AB sangat realistis dan memiliki kemampuan negosiasi yang baik. Ia juga sangat pandai dalam hal-hal yang memerlukan pemikiran dan analisis yang tajam. Jeleknya ia suka sekali mengkritik orang lain dan memiliki sifat agak aneh dan sentimental.

Okey cukup sekian yang bisa saya ceritakan... kalau kamu penasaran dengan golongan darah kamu..segera ke rumah sakit untuk cek golongan darah lalu baca buku ini ya.... Bye Bye Bye ^_^


Membaca buku ini membantu kita memahami orang lain loch...

Comments

Popular posts from this blog

Surat Noura untuk Fahri (AAC)

Kepada  Fahri Bin Abdillah, seorang Mahasiswa dari Indonesia yang lembut hatinya dan berbudi mulia     Assalamualaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh, Kepadamu kukirimkan salam terindah, salam sejahtera para penghuni surga. Salam yang harumnya melebihi kesturi, sejuknya melebihi embun pagi. Salam hangat sehangat sinar mentari waktu dhuha. Salam suci sesuci air telaga Kautsar yang jika direguk akan menghilangkan dahaga selama-lamanya. Salam penghormatan, kasih dan cinta yang tiada pernah pudar dan berubah dalam segala musim dan peristiwa. Wahai orang yang lembut hatinya,      Entah dari mana aku mulai dan menyusun kata-kata untuk mengungkapkan segala sedu sedan dan perasaan yang ada di dalam dada. Saat kau baca suratku ini anggaplah aku ada di hadapanmu dan menangis sambil mencium telapak kakimu karena rasa terima kasihku padamu yang tiada taranya.      Wahai orang yang lembut hatinya,       Sejak aku kehilangan rasa aman dan kasih sayang serta merasa sendirian ti

JALAN JALAN KE PERPUSTAKAAN WILAYAH MAKASSAR Yuuk...

Yeay... Libur... Hari ini hari sabtu.. mestinya masih harus masuk kantor. Tetapi karena ahad kemarin masih harus kerja.. jadinya hari sabtu ini bisa libur... Yeay senang nya. Rencana nya mau pulang kampung, lumayan bisa dua hari di rumah. Bisa memecahkan celengan rindu yang rasanya sudah mau meledak.. tetapi gak jadi gara-gara harus menemani adik ku ujian masuk sebuah perguruan tinggi. Tiga tahun lalu aku juga masih ingat saat mengantarnya mengikuti tes Sekolah Menengah Atas. Sekarang dia sudah akan berstatus Mahasiswa. Sepertinya waktu berjalan sangat cepat. Aku dan adikku beda usia 8 tahun, melihat nya sebentar lagi akan masuk Kuliah, membuatku merasa sudah menjadi sangat tua. Aku gak tua tua amat kok... Iyakan? Jadi sementara adik ku mengikuti ujian, aku sibuk keliling-keliling kampus mencari perpustakaan, lumayan bisa berteduh sambil baca buku. Tetapi ternyata, eh ternyata perpustakaan kampus lagi gak buka kalo hari sabtu. Em... jadi saya harus nunggu dimana dong? Dan

Cerita tentang Perjalanan Pertamaku Keluar Negeri

Mimpi untuk jalan-jalan keluar negeri dimulai dari dua tahun yang lalu. Saat senior di tempat kerja yang biasa kupanggil Kak Ayu memberi oleh-oleh gantungan kunci perak bertuliskan Macau. Walaupun cuma gantungan kunci, aku senang bukan main. Karena dapat oleh-oleh dari luar negeri itu sangat langka buatku pribadi, hehehe. Akhirnya sejak saat itu, travelling keluar negeri selalu jadi resolusi di awal tahun. Dan Alhamdulillah tahun ini bisa terwujud yeay.... Sebelum keluar negeri, aku sudah pernah naik pesawat sekali. Dan itu bukan untuk jalan-jalan tetapi dalam rangka ikut test CPNS di Tangerang (Baca ceritanya disini) . Sejak saat itu, aku berharap bisa naik pesawat lagi. Naik pesawat itu rasanya seru,, hahahah mungkin karena jarang kulakukan, jadinya begitu sangat luar biasa untukku. Aku merasakan jantung dag dig dug saat pesawat tinggal landas, gendang telinga yang mendengung saat pesawat sudah mengudara lalu merasa excited luar biasa saat melihat cantiknya awan-awan yang