Skip to main content

Review Buku "Blogger Untuk Pemula" Ricky Rahmanto & Grafisku Studio



Assalamualaikum....
Hay kamu? Apa kabar hari ini?
Kalau saya,  Alhamdulillah masih bisa bernafas dan beraktivitas sampai hari ini. Dan diberikan kesempatan untuk membuat review buku pertama saya di tahun 2016. Dan kali ini mau bagi review buku dari Ricky Rahmanto berjudul “Blogger Untuk Pemula”. Yah saya membuka tahun ini dengan me-review buku ini karena saya sudah bertekad untuk benar-benar fokus menjadi blogger sejati di tahun 2016 ini.  Sapa tau dengan begitu saja juga bisa segera bertemu dengan cinta sejati saya. Eaaa...ujung-ujungnya nyari jodoh.
Tahun lalu akhirnya berhasil punya akun blog pribadi. Senang sekali rasanya waktu punya blog sendiri. Serasa dapat teman baru. Karena saya bisa bebas menulis disana. Menulis tentang diriku, menulis tentang dirinya, dan menulis tentang rindu itu. Eaaa... galau terus neh.

Intinya, tahun lalu punya blog pribadi cuma karena iseng-iseng aja ikut-ikutan sama teman. Tetapi lama kelamaan kenapa rasanya kecanduan ya.. rasanya mau terus menulis di blog itu. Tetapi karena saya masih sangat baru dalam dunia blogger, makanya blog saya sangat sederhana. Agak iri juga liat blog-blog keren dari blogger lain. Mau kayak gitu juga tetapi gak tahu gimana caranya. Akhirnya takdir mempertemukan saya dengan buku ini, “Blogger untuk Pemula”.
Dari melihat judul bukunya saja, saya sudah merasa kalau buku ini memang ditakdirkan untuk saya miliki (Eaaa..baper lagi). Ok dari pada saya ngelantur terus disini, mending langsung check this out saja isinya.
Buku ini terdiri dari 6 bab, yaitu:

Bab 1 Beberapa pertanyaan seputar Blogging
      Di Bab Pertama ini, penulis berusaha menjawab beberapa pertanyaan yang sering diutarakan orang tentang dunia Blogging, seperti apa itu Blog? Situs apa saja yang bisa digunakan untuk membuat Blog? Blog apa yang akan digunakan untuk Blogging, dll.

Bab 2 Mengapa Harus Blogging
      Di Bab ini, penulis mengajak kita berbincang tentang beberapa kegunaan blog serta manfaatnya buat kita sendiri dan juga buat orang lain, diantaranya adalah Blogging sebagai Problem Solving (hal.9), Blogging sebagai Ladang Rezeki (hal.10), Blogging sebagai Hobi sehari-hari (hal.12), dan Blogging sebagai Ajang Ekspresi Diri (hal.12). Kalau saya sendiri untuk saat ini memfungsikan blog saya baru dalam tahap sebagai Ajang Ekspresi Diri. Karena rasanya sangat menyenangkan, saat sedang benar-benar stuck pada aktivitas yang padat dan membosankan, kemudian jeda sejenak merefresh otak untuk menulis di blog. Rasanya Plong... Setelah menyelesaikan satu tulisan, rasanya ada kepuasan tersendiri.

Bab 3 Menyiapkan Peralatan Blogging
      Di Bab ini, penulis menjelaskan beberapa peralatan yang perlu kita persiapkan untuk beraktivitas sebagai blogger, diantaranya Buku Tulis & Pena, Komputer/ Laptop, Jaringan Internet, Sofware Capture Image, Template & Beberapa Widget Blog.

Bab 4 Membuat Blog Gratisan dengan Blogger
      Yups.. setelah peralatan blogging nya telah siap, langkah selanjutnya adalah membuat blog gratisan dengan Blogger. Di Bab ini dibahas cara membuat blog mulai dari cara mendaftar di situs www.blogger.com sampai dengan pengenalan segala fitur-fitur di dalamnya. Dibahas dan dijelaskan dengan sangat lengkap.




Bab 5 Si Cantik yang menarik
      Setelah Blog berhasil dibuat, langkah selanjutnya selain mengisinya dengan artikel berupa tulisan dan gambar, kita juga  perlu mempercantiknya dengan hiasan-hiasan yang telah disediakan. Tinggal kita memilih dan mencocokkan dengan style kita dan kebutuhan kita tentunya. Mulai dari mengganti Template Blog (Hal.55), Menghapus Default Widget pada Template dan memasang Widget Blog yang diperlukan.

And...sekedar info...saya sudah menerapkan beberapa tips dari buku ini loh...dan blog saya jadi kelihtan lebih keren.. ^_^ Lihat ada salju-salju nya..hehehehehe

Bab 6 Super Bonus untuk Anda
      Adalah tips-tips yang diberikan penulis untuk memperindah Blog yang telah kita miliki, mulai dari bagaimana menambahkan animasi-animasi unik seperti salju atau daun berguguran, memasang widget jejaring sosial sampai dengan memasang gadget musik keren di Blog mu.
Dan terakhir buku ditutup dengan wasiat dari penulis yang ganteng... ^_^ Yang bilang bukan saya ya.. tetapi penulisnya sendiri. Hmm.. buku ini recommended buat kamu yang benar-benar belum tahu tentang apa itu Blog dan benar-benar sangat ingin tahu bagaimana menjadi Blogger. Ditulis dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. So let’s grab this book in Gramedia or Book Onlie Store.

Judul Buku        : Blogger Untuk Pemula
Penulis            : Ricky Rahmanto & Grafisku Studio
Penerbit           : PT Elex Media Komputindo
Tahun Terbit      : 2015
Tebal             : 128 Halaman
ISBN              : 978-602-02-6443-1  



Comments

  1. Hallo Samaratul Qalbi, terima kasih ya sudah mau mereview buku karya saya. Semoga bukunya sangat bermanfaat. Amin :)

    www.rickynotes.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dikunjungi sama yang punya buku... senangnya, hehehehe. Bermanfaat sekali Mas Ricky. Semoga semakin banyak yang baca buku nya Mas Ricky Rachmanto

      Delete

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung ^_^
Silahkan meninggalkan komentar jika berkenan

Popular posts from this blog

Surat Noura untuk Fahri (AAC)

Kepada  Fahri Bin Abdillah, seorang Mahasiswa dari Indonesia yang lembut hatinya dan berbudi mulia     Assalamualaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh, Kepadamu kukirimkan salam terindah, salam sejahtera para penghuni surga. Salam yang harumnya melebihi kesturi, sejuknya melebihi embun pagi. Salam hangat sehangat sinar mentari waktu dhuha. Salam suci sesuci air telaga Kautsar yang jika direguk akan menghilangkan dahaga selama-lamanya. Salam penghormatan, kasih dan cinta yang tiada pernah pudar dan berubah dalam segala musim dan peristiwa. Wahai orang yang lembut hatinya,      Entah dari mana aku mulai dan menyusun kata-kata untuk mengungkapkan segala sedu sedan dan perasaan yang ada di dalam dada. Saat kau baca suratku ini anggaplah aku ada di hadapanmu dan menangis sambil mencium telapak kakimu karena rasa terima kasihku padamu yang tiada taranya.      Wahai orang yang lembut hatinya,       Sejak aku kehilangan rasa aman dan kasih sayang serta merasa sendirian ti

JALAN JALAN KE PERPUSTAKAAN WILAYAH MAKASSAR Yuuk...

Yeay... Libur... Hari ini hari sabtu.. mestinya masih harus masuk kantor. Tetapi karena ahad kemarin masih harus kerja.. jadinya hari sabtu ini bisa libur... Yeay senang nya. Rencana nya mau pulang kampung, lumayan bisa dua hari di rumah. Bisa memecahkan celengan rindu yang rasanya sudah mau meledak.. tetapi gak jadi gara-gara harus menemani adik ku ujian masuk sebuah perguruan tinggi. Tiga tahun lalu aku juga masih ingat saat mengantarnya mengikuti tes Sekolah Menengah Atas. Sekarang dia sudah akan berstatus Mahasiswa. Sepertinya waktu berjalan sangat cepat. Aku dan adikku beda usia 8 tahun, melihat nya sebentar lagi akan masuk Kuliah, membuatku merasa sudah menjadi sangat tua. Aku gak tua tua amat kok... Iyakan? Jadi sementara adik ku mengikuti ujian, aku sibuk keliling-keliling kampus mencari perpustakaan, lumayan bisa berteduh sambil baca buku. Tetapi ternyata, eh ternyata perpustakaan kampus lagi gak buka kalo hari sabtu. Em... jadi saya harus nunggu dimana dong? Dan

Cerita tentang Perjalanan Pertamaku Keluar Negeri

Mimpi untuk jalan-jalan keluar negeri dimulai dari dua tahun yang lalu. Saat senior di tempat kerja yang biasa kupanggil Kak Ayu memberi oleh-oleh gantungan kunci perak bertuliskan Macau. Walaupun cuma gantungan kunci, aku senang bukan main. Karena dapat oleh-oleh dari luar negeri itu sangat langka buatku pribadi, hehehe. Akhirnya sejak saat itu, travelling keluar negeri selalu jadi resolusi di awal tahun. Dan Alhamdulillah tahun ini bisa terwujud yeay.... Sebelum keluar negeri, aku sudah pernah naik pesawat sekali. Dan itu bukan untuk jalan-jalan tetapi dalam rangka ikut test CPNS di Tangerang (Baca ceritanya disini) . Sejak saat itu, aku berharap bisa naik pesawat lagi. Naik pesawat itu rasanya seru,, hahahah mungkin karena jarang kulakukan, jadinya begitu sangat luar biasa untukku. Aku merasakan jantung dag dig dug saat pesawat tinggal landas, gendang telinga yang mendengung saat pesawat sudah mengudara lalu merasa excited luar biasa saat melihat cantiknya awan-awan yang