Jumat, 13 Januari 2017

Belajar Untuk lebih memahami Orang Lain dari Anime Fruit Basket

Tahun 2017... Yuhuu, ada yang tahu, tahun ini berarti shio apa? Yaps betul, Menurut Kalender Cina, tahun 2017 ini adalah Shio Ayam. Kalau kamu nggak ngerti, shio itu apa? berarti kamu perlu nonton Anime ini, "Fruit Basket". 


Fruit Basket berarti keranjang buah.. Lalu apa hubungan nya dengan shio? Entahlah aku juga gak terlalu ngerti (*LOL ^_^)... Yang pasti di Anime ini, kamu akan di ajak berkenalan dengan berbagai macam karakter yang mewakili shio tertentu.

Pertama kali nonton Anime ini pas aku masih SMP sekitar tahun 2004 (*hehehe, tua nya keliatan) tayang di Trans TV. Waktu itu nonton nya gak terlalu fokus, gak terlalu ngikutin jalan ceritanya juga. Cuma nonton kalo pas ada kesempatan. Dan gak tahu ending ceritanya kayak gimana. Dan setelah bertahun-tahun berlalu, tiba-tiba nemu anime ini lagi di laptop teman pecinta korea. Ternyata selain sama-sama menyukai korean drama, aku dan Ayhu Eonnie juga sama-sama pecinta anime. Hehehehe, pokoke kami memang klik banget. Akhirnya setelah sekian lama, dan hampir terlupakan, ternyata ketemu anime ini lagi dan sekarang bisa puas-puas ini nonton hingga tamat. Awalnya kupikir Anime ini mirip sama Naruto atau One Piece yang memiliki ratusan episode. Ternyata Anime fruit Basket ini cuma terdiri dari dua puluh enam episode saja. Dan tiap episode nya memiliki durasi kurang lebih setengah jam. Yups baca sinopsisnya....


Setelah nonton sampe selesai, akhirnya baru *ngeh kalo ternyata judul fruit basket diambil karena pengalaman menyakitkan Honda Toru, Sang Tokoh Utama. Sewaktu masih duduk dibangku sekolah dasar, ia dan teman kelasnya bermain keranjang buah Setiap anak diberi nama buah. Lalu satu persatu anak mulai maju dan ikut bermain ketika nama mereka disebut. Honda Toru yang duduk di baris depan terus tersenyum menunggu nama nya juga disebut, tetapi sampai akhir permainan, nama nya tak juga disebut. Ternyata karena Honda Toru diberi nama Onigiri (Semacam nasi kepal Jepang), dan karena Onigiri bukan nama buah, akhirnya ia tidak bisa bergabung dalam keranjang buah. Saat itu ia pun merasakan bagaimana rasa sakit menjadi orang yang diabaikan. 

Saat masih kecil, Honda Toru telah kehilangan ayahnya, ia lalu diasuh dan dibesarkan oleh ibunya. Sebelum tidur, ibunya kerap kali menceritakan dongeng tentang kisah Juunishi atau tentang Kedua Belas Shio. Dalam cerita legenda terdapat 13 binatang, yaitu Tikus, Anjing, Ular, Kuda, Kelinci, Sapi, Macan, Babi, Monyet, Ayam, Naga, Kambing, dan Kucing. Pada suatu hari Dewa mengadakan perjamuan makan dan mengundang ketiga belas binatang itu untuk datang ke rumahnya besok. Lalu kemudian tikus menjahili Kucing dan mengatakan bahwa Dewa akan mengundang para binatang untuk acara perjamuan makan nya besok lusa. Kucing yang merasa sangat senang karena mendapat undangan dari Dewa lalu pulang ke rumah dan menyiapkan diri. Keesokan harinya ketika dua belas binatang dengan perasaan gembira berangkat ke rumah Sang Dewa. Kucing yang telah dibodohi oleh tikus hanya tidur di rumahnya. Akhirnya, Sang Dewa mengangkat kedua belas binatang yang hadir di perjamuan makan itu menjadi simbol shio binatang. Mendengar kisah itu, Toru menangsi tersedu-sedu, dia bisa merasakan rasa sakit yang dirasakan oleh si Kucing, karena ia juga pernah merasa diabaikan seperti itu.

Gambar diambil dari www.weheartit.com
Kehidupan Toru berubah sejak ibunya meninggal dunia karena kecelakaan mobil. Sejak saat itu ia jadi hidup sebatang kara. Keluarga dari ayahnya tidak terlalu suka pada dirinya. Sehingga Toru memutuskan untuk tinggal sementara di tenda dalam hutan sambil bersekolah dan bekerja part time mengumpulkan uang. 

Tanpa disengaja, Sohma Yuki yang merupakan teman kelas dari Toru mendapati Toru tinggal di tenda dalam hutan sendirian. Karena malam itu juga sedang terjadi tanah longsor dan menimpa tenda Toru, Akhirnya Yuki dan Shigure mengajak Toru untuk tinggal di rumah mereka. Dari sini, Honda Toru kemudian berkenalan dengan orang-orang yang dikutuk Dewa untuk mewakili tiga belas bintang dalam shio cina. Orang-orang yang dikutuk ini adalah para keluarga Sohma yang dikepalai oleh Akito. Akito sejak kecil sakit-sakit an dan memiliki fisik yang sangat lemah, entah dapat kekuatan dari mana Akito lalu mengutuk beberapa anggota keluarga Sohma menjadi binatang-binatang dalam shio saat ia bersentuhan dengan lawa jenis. Karena hal itu, para anggota keluarga Sohma mendapat banyak kesulitan. Mereka tak bisa hidup seperti layaknya orang normal.

Untuk melindungi diri dari orang-orang yang telah mengetahui identitas mereka, maka orang yang mengetahui nya akan dihapus ingatannya setelah mendapat perintah dari Akito. Dari beberapa kasus, Honda Toru adalah orang pertama yang mengetahui identitas keluarga Sohma yang terkena kutukan namun ingatannya tidak dihapus. Selain itu, Akito juga membiarkan Toru tetap tinggal serumah dengan Yuki, Kyo, dan Shigure. Dan sejak saat itu, Toru berkenalan dengan satu persatu para anggota keluarga sohma yang dikutuk jadi shio binatang. 

Pertama, Sohma Yuki (Shio Tikus) yang merupakan teman sekelas Toru. Awalnya Toru hanya tahu bahwa Yuki memiliki kehidupan sempurna. Memiliki wajah tampan, cerdas, baik hati dan disukai banyak orang. Setelah mengenalnya, Toru baru sadar bahwa Yuki tidak sesempurna yang orang lain pikirkan. Yuki memiliki luka dari masa lalu yang masih sulit ia sembuhkan. Luka karena pernah diabaikan oleh kakaknya sendiri, luka karena terus merasa takut pada akito, dan luka karena merasa iri pada Kyo yang bisa menjadi diri sendiri.

Kedua, Sohma Kyo yang merupakan shio kucing. Pertama kali melihat Kyo, Toru langsung teringat dengan dongeng yang ibunya selalu ceritakan. Tentang kucing yang merasa kesepian dan selalu ingin mengalahkan tikus. Walaupun begitu Toru tetap menyukai Kyo karena sifatnya yang apa adanya. 

Ketiga, Sohma Hatori yang merupakan shio kuda laut (hehehehe, sy baru tau kalo ada yang namanya shio kuda laut ^_^). Hatori yang merupakan dokter keluarga Sohma yang juga memiliki masa lalu menyedihkan. Saat ia harus menghapus ingatan wanita yang dicintainya karena tak ingin membuatnya terluka lebih dalam. 

Keempat, Sohma Momiji yang merupakan Shio Kelinci. Dari Luar Momiji selalu tampak ceria dan bahagia. Tetapi ternyata ia juga menyimpan luka di dalam hatinya. Luka karena tak bisa memanggil ibu nya dengan sebutan ibu. Gara-gara ibunya yang merasa depresi karena telah melahirkan anak yang terkena kutukan. Akhirnya ingatan tentang ibu momiji yang telah melahirkan Momiji dihapus. Mendengar cerita tersebut, Toru lalu menangis tersedu-sedu karena ikut merasakan kesedihan Momiji. Kemudian satu persatu para anggota shio datang dan mengenalkan diri pada Toru. Mereka penasaran tentang sosok Toru yang menjadi salah satu orang yang ingatan nya tidak dihapus oleh Akito. 



Anime ini lebih mirip drama korea menurut saya, hehehehe. Tentang Tokoh Utama wanita, Honda Toru yang merupakan gadis sederhana, baik hati, mandiri dan diperebutkan dua cowok ganteng.. Yuki dan Kyo.hehehehe drama korea banget.. ^_^ Selain itu gaya khas Anime yang membuat kita bisa tertawa terpingkal-pingkal lalu menangis haru juga ada di Anime ini. Selain itu ada banyak pesan moral juga yang bisa didapat setelah menonton  anime ini.

Kyo, Toru dan Yuki

via https://gargarstegosaurus.wordpress.com
Dan untuk penutup.. Mari sama-sama nyanti OST Opening fruit Basket 

Betapa bahagia kurasakan saat kau tersenyum kepadaku
Senyuman yang menghangatkan segalanya
Musim semi masihlah jauh
Dalam tanah yang begitu dingin
Menanti saat ku tumbuh dan bersemi

Betapapun beratnya hari ini terasa
Biarpun pedih di hati masih tersisa
Selama rasa percaya masih tersimpan di hati

Meskipun takkan bisa dilahirkan kembali
Tetapi masih tetap bisa berubah
Mari Bersama Selamanya........

Tatatatatatatata... ^_^



0 komentar:

Posting Komentar