Monday, January 23, 2017

Buku tetaplah Investasi Terbaik menurut saya

Udah memasuki Hari keenam #10DaysKF Kampus Fiksi 10 Days Writing Challenge. Wah gak nyangka udah bisa melewati setengah perjalanan untuk konsisten nulis tiap hari. Walaupun agak sering telat seh,hehehe.

Hari ini harus jawab pertanyaan "Ceritakan tentang hal dimana kamu pernah membanggakan sesuatu sementara orang lain meremehkan"

Em, ini lumayan berat neh pembahasannya. Soalnya saya tipe orang pemaaf dan cepat lupa kenangan buruk. Jadi pengalaman diremehkan agak sulit saya temukan di file-file memori otak saya. Setelah melakukan flash back akhirnya nemu juga walaupun gak terlalu ngeremehin gimana seh..

Jadi ceritanya pas lagi makan siang bareng rekan-rekan kerja, tiba-tiba salah satu teman nyeletuk."Eh Arha pasti udah punya banyak tabungan dan investasi ya? soalnya kan masih single terus gak punya tanggungan juga"

Terus aku jawab seadanya,"Gaji ku cepat habis soalnya dipake beli buku. Saya suka gak nahan kalo lagi liat buku baru dari toko buku online lagi discon, langsung q masukin ke keranjang belanja, perkara tabungan semakin menipis urusan belakang".

Terus teman ku tadi nyeletuk lagi "Yah, kalo gitu namanya buang-buang uang. Mending uang nya buat investasi apa kek, ato ditabung saja. Daripada beli buku yang gak bisa dijual kembali". 
Ngomong apa lo barusan??? 
Yah, buatku baca buku sama dengan hobby yang lain. Butuh dana ekstra untuk memenuhi kepuasan itu. Ada yang hobby ngumpulin Toys atau boneka lucu. Ada yang hobby koleksi tas dan sepatu cantik. Dan hobby ku yaitu baca buku. Kalo mau baca, yah harus beli. Masa dari dulu sampe sekarang cuma minjem doang. Kan udah punya penghasilan sendiri. Jadi yah, kalo pas ada uang trus lagi mau baca buku dengan judul tertentu. Yah langsung aku beli tanpa pikir ini itu. 

Menurut ku buku malah investasi terbaik. Bukan berarti aku beranggapan bahwa investasi rumah, tanah, atau saham tidak baik. Hanya saja menurut ku membeli buku lalu kemudian membaca nya berarti kita sedang memberi asupan buat otak dan jiwa. Sama halnya kita yang membeli makanan untuk asupan buat tubuh dan raga. Dan kalau investasi Emas atau Surat-Surat berharga masih bisa dicuri orang lain. Maka pengetahuan dan kebijakan yang kita simpan di otak dari membaca buku tak akan bisa dicuri oleh orang lain. Itulah mengapa kukatakan bahwa Buku adalah investasi terbaik.

That's Right baby...

0 comments:

Post a Comment