Skip to main content

#NulisRandom2015 : Day 22 (Review Novel Sunset Bersama Rosie - Tere Liye)


Judul Buku               :  Sunset bersama Rossie
Penulis                      : Tere Liye
Penerbit                     : Mahaka Publishing, Jakarta Selatan
Tahun Terbit             : 2012
Tebal Halaman         : 424 Halaman

“Tidak ada Mawar yang tumbuh di tegarnya karang”

Novel ini bercerita tentang rasa yang tak pernah terungkapkan, tentang perasaan cinta yang tersamarkan dalam hubungan persahabatan, tentang hubungan erat walaupun tanpa ikatan darah, dan tentang kesempatan yang datang terlambat.

Yay...akhirnya bisa kembali mereview novel karya Tere Liye. Sama seperti novel Tere Liye sebelumnya. Novel ini juga mengaduk-aduk perasaan. Aku harus menghabiskan waktu tiga hari untuk menyelesaikan membacanya padahal biasanya aku paling lambat membaca sebuah novel hanya sehari. Tetapi novel kali ini berbeda.
Aku butuh waktu lama untuk mencerna kalimat-kalimatnya, bukan karena kata-katanya yang sulit. Hanya saja aku butuh waktu membayangkan setiap kata-kata yang tertulis di buku ini hingga nampak jelas perasaan yang terkandung di dalamnya. Kali ini Tere Liye menghadirkan setting tempat-tempat yang indah di Daerah Gili Trawangan, pantai indah di Bali, dan beberapa tempat di Jakarta. Penggambarannya sangat bagus sehingga rasanya aku bisa ikut menikmati sunset yang indah itu.

Beberapa kali mataku berkaca-kaca karena penggalan kejadiannya yang mengharukan, seperti saat peristiwa pengeboman di Pantai Jimbaran Bali, saat di pemakaman, dan saat Rosie harus di bawa ke Shelter untuk pemulihan Jiwa yang Sakit.

Kali ini Tere Liye menghadirkan sosok utama bernama Tegar Karang, seorang pria dewasa yang bertanggung jawab, cerdas dan bijak. Yang harus menelan rasa pahit, rasa sesal, dan rasa sakit karena tak punya kesempatan untuk menyampaikan perasaannya pada gadis yang dicintainya selama 20 tahun bernama Rosie. Rosie dan Tegar menghabiskan waktu bersama sejak kecil, bermain, belajar banyak hal dan tumbuh dewasa bersama. Dan saat Tegar akan menyatakan perasaan nya pada Rosie di puncak gunung Rinjani. Tiba-tiba seorang teman yang dikenalkan Tegar pada Rosie bernama Nathan dua bulan yang lalu, tiba-tiba menyatakan cintanya beberapa menit lebih dahulu dari Tegar. Dan parahnya Rosie menerima perasaan itu bahkan sebelum sempat tahu tentang apa yang dirasakan Tegar.

Tegar yang terluka lalu memilih menghilang dari kehidupan Rosie, menyibukkan diri dengan pekerjaan. Membunuh dengan tega setiap kali kerinduan itu muncul. Berat sekali melakukan nya karena itu berarti ia harus menikam hati nya setiap detik ketika wajah Rosie tiba – tiba muncul. Seiring perjalanan waktu, rasa sakit itu berhasil terobati. Lima tahun telah berlalu. Tegar telah berdamai dengan masa lalunya, ketika tiba-tiba Rosie dan Nathan datang kembali ke kehidupannya, membawa serta anak-anak mereka yang menggemaskan. Anggrek, Sakura, Yasmine dan Lili. Sosok-sosok imut nan menggemaskan yang menganggap Tegar adalah sosok Om, Uncle, dan Paman paling hebat, keren dan Super.
Menyenangkan sekali membacanya, karena ada sosok-sosok menggagumkan dari anak-anak Rosie. Yang dari diri mereka kita bisa mengambil banyak pelajaran. So, recommended banget buat kamu.



Comments

Popular posts from this blog

Cari tempat kursus keren tetapi tetap murah, FKBS pilihannya

Pernah dengar tentang AFTA? yups Singkatan dari Association Federal Trade Asean, yang merupakan wujud dari negara-negara ASEAN, untuk membentuk suatu kawasan bebas perdagangan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN, dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi dunia serta menciptakan pasar regional bagi 500 juta penduduknya.

Dan di tahun ini, Indonesia telah resmi menandatangani perjanjian untuk bergabung. Itu artinya kita harus siap dengan tantangan bahwa nantinya kita akan bersaing dengan para pencari kerja yang berasal dari luar negeri yang masuk dalam wilayah ASEAN. Jadi kita bisa melamar kerja di luar negeri dan orang luar negeri bisa melamar kerja di Indonesia. Lalu kira-kira kita punya daya jual dan daya saing ga ya..jika dibandingkan dengan orang-orang luar. Tetapi, yang paling dasar seh kita mesti tau bahasa yang dipakai untuk negara yang kita tuju, atau setidaknya menguasai bahasa Inggris lah sebagai dasar. Nah, kali ini postingan saya tentang …

Review Drama Korea - Reply 1988 (Answer Me 1988)

Assalamualaikum....

Wuah..sudah hari ke tujuh aja neh di tahun 2016...hem gak kerasa. Perasaan baru kemarin nonton kembang api dari atap rumah. Dan syukurlah akhirnya bisa kembali memulai menulis disini. Mengawali tahun 2016 ini bagi review drama korea terbaru. Sapa tau ada yang lagi nyari film untuk di tonton di waktu luang. Saya rekomendasikan drama korea ini.. "Reply 1988" atau Answer Me 1988. 

Review Drama Korea Shopping King Louie

Em.. Karena aku sudah janji bakal lebih sering menulis di blog ini, makanya kuusahakan untuk tetap konsisten menulis disini. Walaupun ku akui aku belum bisa menulis sesuatu yang membawa manfaat bagi umat dan kehidupan manusia. Huffftt.. Tetapi saya berharap ini dapat membantu teman-teman yang membutuhkan tontonan menghibur kala mempunyai waktu luang. Ingat ya waktu luang... 
Gimana udah selesai nonton Moon Lovers Scarlet Heart Ryeo??? Udh bs move on belum? Masih kesal, marah atau sedih? hehehe jangan terlalu baper. Coba move on dengan cara mencari cinta yang lain *eh.. maksudnya coba nonton drama korea lain. Nah saya rekomendasikan drama korea ini, "Shopping King Louis". Drama Korea ini berjumlah 16 Episode, tayang di MBC sejak 21 September 2016 dan tamat 10 November 2016 kemarin. Jadi drama ini masih fresh banget... 

Kenapa saya merekomendasikan drama korea ini? Karena drama korea ini akan menghangat kan hati dan tentunya akan sangat menghibur kamu. Liat aja gambar di atas, p…