Sabtu, 06 Juni 2015

#NulisRandom2015: Day 5 (Semangat tokoh - tokoh Anime Jepang)

Untuk anak-anak yang lahir di Era 90- an kayak saya. Tontonan Favorit di hari minggu tentulah film-film kartun karya Jepang. Ga' sama dengan anak sekarang yang pas hari minggu kalo ga sibuk di warnet main game online, sibuknya di rumah nonton TV juga, tapi tontonan nya acara-acara musik yang menampilkan tingkah alay plus adegan-adegan saling buka aib. Ckkckckckck.


Sekarang tayangan - tayangan kartun seperti ini mungkin agak jarang, karena pihak KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) sudah melarang beberapa film kartun tayang di TV Indonesia dengan alasan tidak cocok ditonoton oleh anak-anak. Ia seh, tayangan ini memang menampilkan beberapa adegan - adegan kekerasan. Tetapi lebih dari itu semua banyak sekali pelajaran-pelajaran moral yang bisa di ambil dari film-film kartun seperti ini.

Pertama kali nonton film kartun seperti ini pas SMP. Waktu itu, nonton film kartun ini cuma karena filmnya lucu. Sama sekali gak ngikutin jalan cerita nya kayak gimana. Sekarang di usia yang menginjak seperempat abad, keinginan untuk mengembalikan memory masa kecil tiba-tiba muncul. Rasa senang ketika tiba hari libur sekolah dan seharian di depan TV nungguin kartun favorit. Sekarang untuk menonton kembali film kartun ini tinggal download saja di Youtube. Dan kita bisa puas-puasin nonton dari episode pertama hingga episode akhir tanpa ada gangguan seperti waktu nonton di rumah dulu. Inget waktu kecil dulu, udah bela-bela in mandi pagi-pagi, bersih-bersih rumah pagi, trus duduk manis di dpn TV. Pas acara kartun nya udah mulai, Eh, remote TV tiba-tiba di ambil alih sama bapak yang mau nonton tayangan tinju. Aduh...rasanya pengen nyanyi "sakitnya tuh disini". hehehehhe




Ini film kartun Favorit saya berjudul One Piece. Mulai tayang di TV Jepang pada tahun 1999. Bercerita tentang Monkey D.Luffy yang memiliki impian untuk menjadi raja bajak laut dan menemukan harta karun berupa One Piece. Menempuh perjalanan yang tidak mudah dan mengumpulkan teman-teman dengan beragam karakter yang unik dan sukses membuat saya tertawa terpingkal-pingkal dengan tingkah lucu mereka lalu kemudian meneteskan air mata karena beberapa kisahnya yang menyentuh hati. Dan ada banyak sekali quote-quotes pembakar semangat yang membuat kita yakin bahwa mimpi yang mustahil sekalipun sangat mungkin untuk kita raih jika kita berani percaya, berusaha, dan mencoba.



Ini film kartun favorit saya yang kedua: Inuyasha. Bercerita tentang petualangan Kagome (Seorang Siswi dari dunia modern) yang kembali ke masa perang melalui sumur penghubung. Disana ia bertemu dengan Inuyasha, makhluk Setengah Siluman Anjing yang keras kepala dan sombong. Seiring perjalanan waktu dan melalui petualangan bersama tumbuh benih-benih cinta di antara mereka, namun kisah romantis mereka harus terhalang karena hadirnya kembali Kikio yang merupakan cinta pertama Inuyasha. Di perjalanan mengumpulkan pecahan bola empat arwah, mereka bertemu dengan teman-teman yang memiliki tujuan yang sama, Miroku, Sango, dan Shippo. Cerita nya menarik karena percampuran antara petualangan, komedi romantis, dan kisah persahabatan yang erat. 


Naruto.... Tokoh Anime yang digemari mulai dari anak-anak hingga dewasa, baik pria maupun wanita. Alur ceritanya yang lumayan panjang namun menarik dan menyentuh hati ini tetap terus ditonton oleh para penggemarnya walaupun di pertengahan tahun 2015 ini Kisah petualangan Naruto dan kawan-kawan nya mulai dibuat akhirnya melalui Movie: The Last Naruto. 


Tetapi dari ketiga film Anime tersebut, semua tokoh utama nya memiliki karakter keras kepala yang tak kenal kata menyerah. Dalam pertempuran melawan musuh paling kuat sekalipun, mereka tak pernah gentar untuk terus melawan hingga titik darah penghabisan. Karakter ini yang sebenarnya wajib di contoh oleh para anak muda Indonesia dalam mengejar mimpi. 

Di Jepang sendiri, karakter ini seperti nya sudah mendarah daging dengan adanya motto mereka seperti "gambattekudasai (ayo berjuang lebih lagi), Taihen dakedo isshoni gambarimashoo (saya tau ini sulit tapi ayo berjuang bersama-sama), atau karakter gambaru yang artinya berjuang mati-matian sampai titik darah penghabisan. Gambaru itu sendiri terdiri dari dua kata yaitu karakter keras dan mengencangkan. Jadi mau sesulit apa pun persoalan yang dihadapi, kita mesti keras dan terus mengencangkan diri sendiri agar bisa menang menghadapi persoalan tersebut. Sikap Gambaru ini yang mesti kita adopsi dalam kehidupan sehari-hari kita. Berani menghadapi setiap tantangan yang ada, karena tantangan hadir untuk kita taklukkan untuk membuat kita menjadi semakin kuat.

0 komentar:

Posting Komentar