Tuesday, June 9, 2015

#NulisRandom2015 : Day 7 (Cosplay..Komunitas kreatif yang menghadirkan imajinasi dalam dunia nyata)

Wuah... agak bingung mau posting tulisan apa????


Tetapi pas liat foto ini, aku berpikir..kenapa nggak posting tulisan soal cosplay aja..kayaknya menarik. Dan koleksi foto-foto saya dengan para cosplayer lumayan banyak seh, karena saya memang suka dengan tokoh-tokoh anime dan para cosplayer nya juga ramah-ramah loh kalo minta diajakin foto bareng.



Untuk beberapa orang...dandanan ala - ala tokoh kartun seperti di atas dengan baju-baju aneh dan wig warna - warni adalah suatu hal yang sia-sia, buang-buang waktu, dan  tenaga. Tetapi buat saya, itu suatu hal yang menarik sekali.

Cosplay.... Gabungan dari kata Cos dari Costume dan Play.
Jadi Cosplay berarti orang - orang yang hobby mengenakan pakaian, aksesoris, rias wajah seperti yang dikenakan oleh tokoh anime Jepang, tokoh-tokoh kartun, video game, dongeng, penyanyi, atau musisi idola (Sumber: Wikipedia, Ensiklopedia Bebas). Dan untuk orang yang mengenakan cosplay disebut Cosplayer. Saya bukan salah seorang Cosplayer, tetapi saya sangat suka jika bertemu para Cosplayer di Mall atau Event-Event tertentu. 


Dan karena pelaku Cosplayer semakin hari semakin banyak, seringkali diadakan perlombaan-perlombaan menarik seperti yang  terlaksana di Jakarta Fair tanggal 07 juni 2015 kemarin di Jakarta Fair One Piece Cosplay Party.

Ajang kompetisi untuk para cosplayer sendiri juga sering diadakan antara negara. Dan Indonesia pernah menjadi salah satu peserta Cosplay Akbar International: World Cosplay Summit  yang digelar di Nagoya Jepang tahun 2012 & 2014 lalu. Dan ternyata Indonesia berhasil menang menduduki Juara 3 mengalahkan negara-negara lain seperti Amerika, Malaysia dan Rusia. Jangankan untuk juara, untuk masuk jadi salah satu peserta saja sudah lumayan sulit dan ternyata Tim Cosplay Indonesia yang diwakili Rizki Karismana dan Yesaya berhasil lolos pertama kali jadi peserta pada tahun 2012 dan langsung menyabet juara 3 loch.. keren bingits dah


Sama halnya dengan membaca, bermain musik dan melukis, Cosplayer bisa dibilang adalah sebuah hobby bagi para pelakunya. Tetapi ini bukan sekedar hobby biasa loh, karena hobby ini berarti berusaha menghadirkan tokoh-tokoh imajinasi dari layar kaca ke dunia nyata. Dan itu bukan sebuah hal yang mudah. Mulai dari penyiapan kostum yang dibuat semirip mungkin dengan tokoh idola, hingga memainkan peran dan menjiwai karakter tokoh yang kita idolakan.

Beberapa Cosplayer bahkan membuat sketsa dan mendesign sendiri kostum yang ingin dipakai. Jadi mereka secara tidak langsung dibuat menjadi pribadi yang kreatif agar menghasilkan kostum yang terbaik. Dan berkat usaha mereka, saya dan teman-teman yang lain yang sangat suka dengan tokoh-tokoh anime di layar kaca akhirnya bisa berfoto langsung dengan para cosplayer ini.

0 comments:

Post a Comment