Skip to main content

#NulisRandom2015 : Day 7 (Cosplay..Komunitas kreatif yang menghadirkan imajinasi dalam dunia nyata)

Wuah... agak bingung mau posting tulisan apa????


Tetapi pas liat foto ini, aku berpikir..kenapa nggak posting tulisan soal cosplay aja..kayaknya menarik. Dan koleksi foto-foto saya dengan para cosplayer lumayan banyak seh, karena saya memang suka dengan tokoh-tokoh anime dan para cosplayer nya juga ramah-ramah loh kalo minta diajakin foto bareng.



Untuk beberapa orang...dandanan ala - ala tokoh kartun seperti di atas dengan baju-baju aneh dan wig warna - warni adalah suatu hal yang sia-sia, buang-buang waktu, dan  tenaga. Tetapi buat saya, itu suatu hal yang menarik sekali.

Cosplay.... Gabungan dari kata Cos dari Costume dan Play.
Jadi Cosplay berarti orang - orang yang hobby mengenakan pakaian, aksesoris, rias wajah seperti yang dikenakan oleh tokoh anime Jepang, tokoh-tokoh kartun, video game, dongeng, penyanyi, atau musisi idola (Sumber: Wikipedia, Ensiklopedia Bebas). Dan untuk orang yang mengenakan cosplay disebut Cosplayer. Saya bukan salah seorang Cosplayer, tetapi saya sangat suka jika bertemu para Cosplayer di Mall atau Event-Event tertentu. 


Dan karena pelaku Cosplayer semakin hari semakin banyak, seringkali diadakan perlombaan-perlombaan menarik seperti yang  terlaksana di Jakarta Fair tanggal 07 juni 2015 kemarin di Jakarta Fair One Piece Cosplay Party.

Ajang kompetisi untuk para cosplayer sendiri juga sering diadakan antara negara. Dan Indonesia pernah menjadi salah satu peserta Cosplay Akbar International: World Cosplay Summit  yang digelar di Nagoya Jepang tahun 2012 & 2014 lalu. Dan ternyata Indonesia berhasil menang menduduki Juara 3 mengalahkan negara-negara lain seperti Amerika, Malaysia dan Rusia. Jangankan untuk juara, untuk masuk jadi salah satu peserta saja sudah lumayan sulit dan ternyata Tim Cosplay Indonesia yang diwakili Rizki Karismana dan Yesaya berhasil lolos pertama kali jadi peserta pada tahun 2012 dan langsung menyabet juara 3 loch.. keren bingits dah


Sama halnya dengan membaca, bermain musik dan melukis, Cosplayer bisa dibilang adalah sebuah hobby bagi para pelakunya. Tetapi ini bukan sekedar hobby biasa loh, karena hobby ini berarti berusaha menghadirkan tokoh-tokoh imajinasi dari layar kaca ke dunia nyata. Dan itu bukan sebuah hal yang mudah. Mulai dari penyiapan kostum yang dibuat semirip mungkin dengan tokoh idola, hingga memainkan peran dan menjiwai karakter tokoh yang kita idolakan.

Beberapa Cosplayer bahkan membuat sketsa dan mendesign sendiri kostum yang ingin dipakai. Jadi mereka secara tidak langsung dibuat menjadi pribadi yang kreatif agar menghasilkan kostum yang terbaik. Dan berkat usaha mereka, saya dan teman-teman yang lain yang sangat suka dengan tokoh-tokoh anime di layar kaca akhirnya bisa berfoto langsung dengan para cosplayer ini.

Comments

Popular posts from this blog

Cari tempat kursus keren tetapi tetap murah, FKBS pilihannya

Pernah dengar tentang AFTA? yups Singkatan dari Association Federal Trade Asean, yang merupakan wujud dari negara-negara ASEAN, untuk membentuk suatu kawasan bebas perdagangan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN, dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi dunia serta menciptakan pasar regional bagi 500 juta penduduknya.

Dan di tahun ini, Indonesia telah resmi menandatangani perjanjian untuk bergabung. Itu artinya kita harus siap dengan tantangan bahwa nantinya kita akan bersaing dengan para pencari kerja yang berasal dari luar negeri yang masuk dalam wilayah ASEAN. Jadi kita bisa melamar kerja di luar negeri dan orang luar negeri bisa melamar kerja di Indonesia. Lalu kira-kira kita punya daya jual dan daya saing ga ya..jika dibandingkan dengan orang-orang luar. Tetapi, yang paling dasar seh kita mesti tau bahasa yang dipakai untuk negara yang kita tuju, atau setidaknya menguasai bahasa Inggris lah sebagai dasar. Nah, kali ini postingan saya tentang …

Review Drama Korea - Reply 1988 (Answer Me 1988)

Assalamualaikum....

Wuah..sudah hari ke tujuh aja neh di tahun 2016...hem gak kerasa. Perasaan baru kemarin nonton kembang api dari atap rumah. Dan syukurlah akhirnya bisa kembali memulai menulis disini. Mengawali tahun 2016 ini bagi review drama korea terbaru. Sapa tau ada yang lagi nyari film untuk di tonton di waktu luang. Saya rekomendasikan drama korea ini.. "Reply 1988" atau Answer Me 1988. 

Review Drama Korea Shopping King Louie

Em.. Karena aku sudah janji bakal lebih sering menulis di blog ini, makanya kuusahakan untuk tetap konsisten menulis disini. Walaupun ku akui aku belum bisa menulis sesuatu yang membawa manfaat bagi umat dan kehidupan manusia. Huffftt.. Tetapi saya berharap ini dapat membantu teman-teman yang membutuhkan tontonan menghibur kala mempunyai waktu luang. Ingat ya waktu luang... 
Gimana udah selesai nonton Moon Lovers Scarlet Heart Ryeo??? Udh bs move on belum? Masih kesal, marah atau sedih? hehehe jangan terlalu baper. Coba move on dengan cara mencari cinta yang lain *eh.. maksudnya coba nonton drama korea lain. Nah saya rekomendasikan drama korea ini, "Shopping King Louis". Drama Korea ini berjumlah 16 Episode, tayang di MBC sejak 21 September 2016 dan tamat 10 November 2016 kemarin. Jadi drama ini masih fresh banget... 

Kenapa saya merekomendasikan drama korea ini? Karena drama korea ini akan menghangat kan hati dan tentunya akan sangat menghibur kamu. Liat aja gambar di atas, p…